dandelion-flower-on-pexels-by-matthias-zomer

Bunga Dandelion mudah ditemukan di banyak tempat karena angin menerbangkan bijinya sampai jauh. Sering dianggap sebagai tanaman pengganggu, faktanya bunga Dandelion menyimpan berbagai kelebihan.

Asal

Bunga Dandelion dari genus Taraxacum diperkirakan berkembang di Eurasia sekitar 30 juta tahun lalu. Dari sejumlah catatan kuno Arab abad pertengahan, Dandelion telah digunakan dalam bidang farmasi. Bahkan ilmuwan dan filosofis terkenal Ibnu Sīnā sempat menulis sebuah bab mengenai Dandelion.

Orang-orang Romawi, Mesir, dan Yunani Kuno diketahui telah menggunakan bunga ini sebagai obat dan makanan. Secara khusus, orang-orang Cina dan Indian menggunakan Dandelion untuk mengatasi masalah pencernaan dan liver. Tanaman ini tiba di Amerika bersamaaan dengan Mayflower, yaitu sebutan bagi tanaman yang mekar di bulan Mei.

Awalnya, dalam bahasa Arab genus ini disebut sebagai “tarashaquq” yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Latin sebagai “taraxacum” yang dibaca “tarasacon”. Sementara itu, nama “dandelion” diambil dari bahasa latin “dens leonis” yang dalam bahasa Prancis disebut dent de lion (gigi singa). Hal ini merujuk pada bentuk daunnya yang bergirigi kasar. Nama ini lalu diadaptasi ke bahasa Inggris menjadi “dandelion”.

Dalam bahasa Inggris sendiri, bunga ini memilki banyak julukan, salah satunya adalah pee-a-bed atau piss-a-bed. Secara literal istilah ini berarti “mengompol”. Alasan di balik penggunaan istilah ini adalah fakta bahwa tonik dandelion memiliki sifat diuretik yang kuat sehingga mampu mendorong produksi air seni.

Habitat dan Iklim

Di habitat aslinya, bunga Dandelion tumbuh di area berikilim sedang, lembap, di bawah sinar sinar matahari yang cerah. Tanaman ini mekar sepanjang tahun, tetapi akan memasuki masa dormansi saat musim dingin. Dandelion termasuk tanaman yang kuat karena bisa tetap tumbuh walaupun hanya mendapatkan tetesan air hujan.

Dandelion bisa tumbuh hampir di semua tempat mulai dari ladang, hutan, halaman rumah, tanah kosong, hingga di pinggir jalan. Ketika ditiup angin, biji Dandelion bisa diterbangkan sejauh 5 mil (9 km). Dandelion masih bisa hidup di area dengan kondisi ekstrem misalnya tebing curam dan hutan yang terbakar. Namun, Dandelion lebih menyukai area dengan banyak sinar matahari daripada area teduh seperti di bawah pohon atau di balik pagar tinggi.

Bentuk, Warna, dan Aroma

Bunga yang dinamai Randa Tapak di Indonesia ini cukup mudah dikenali dengan ciri-ciri berikut.

  • Bentuk

Akar Dandelion tebal, keras, berwarna cokelat tua, dan mampu menembus tanah hingga kedalaman 3-4,5 meter. Daunnya berkilat dan tidak berambut dengan panjang 7,6-30 cm dan lebar 1,2-6,3 cm. Bentuk daunnya menyerupai gigi taring yang mencuat ke atas dan ke belakang.

Rata-rata panjang batang adalah 15-60 cm dan tangkainya akan mengeluarkan cairan mirip susu ketika terpotong. Dandelion memiliki bunga majemuk yang terdiri dari bunga tabung dan bunga pita. Dari buah Dandelion yang sudah masak akan muncul bunga majemuk yang berbentuk seperti bola putih.

  • Warna

Sebagian besar bunga Dandelion berwarna kuning yang kemudian berubah menjadi putih. Akan tetapi, beberapa spesies memiliki bunga berwarna merah muda. Ada juga spesies Dandelion lain yang unik yaitu Taraxacum rubifolium. Daun dan tangkainya justru bewarna ungu, merah, atau campuran keduanya.

  • Aroma

Deskripsi yang sering muncul tentang aroma Dandelion adalah manis dan sedikit mirip buah. Aroma samar tanaman ini dipercaya memiliki efek menenangkan.

Baca juga: Bunga Peony, Tanaman Hias Berumur Panjang

dandelion-flower-on-pexels-by-cajko

Arti/Makna

Makna yang terkandung dalam bunga Dandelion dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya karakteristik bunga, sejarah, serta budaya. Meski diremehkan oleh sebagian orang, bunga ini cocok sebagai hadiah bagi orang yang sakit dengan harapan supaya lekas sembuh. Di masa lalu, bunga ini bahkan biasa diberikan kepada pengantin baru untuk mendoakan keberuntungan dan kemakmuran.

  • Warna Dandelion dan maknanya

    • Kuning: persahabatan, pertumbuhan, kesehatan, optimisme, perdamaian
    • Putih: kepolosan, masa muda, kemurnian, kesembuhan, nestapa, pemulihan
    • Merah muda: keceriaan, kasih sayang, romansa, kelembutan
  • Dandelion dalam berbagai budaya

    • Makna positif: harapan, keinginan, kegigihan, kekuatan, dan daya tahan.

Pada zaman dahulu, jika meniup biji Dandelion dan membiarkannya terbang dibawa angin, permintaan orang tersebut akan dikabulkan oleh dewa Zeus. Dalam mitologi Yunani, Theseus makan sebanyak mungkin Dandelion agar siap untuk melawan Minotaur.

Orang Yunani meyakini bahwa Dandelion adalah sumber energi dan kekuatan untuk menghadapi tantangan. Bunga Dandelion yang mampu tumbuh di berbagai medan dan dalam kondisi beragam melambangkan kemampuan bertahan menghadapi cobaan.

    • Makna negatif: sindiran dan kemiskinan

Jika seorang pria memberikan Dandelion pada wanita, itu menunjukkan bahwa ia meragukan cinta sang wanita. Untuk mengatasi hal ini, sang pria akan berusaha agar wanita tersebut bisa mencintainya lebih tulus.

Pada era Victoria, bunga ini tidak memiliki arti khusus, tetapi Dandelion memiliki “image” yang jelek. Orang-orang melihatnya sebagai gulma sehingga tidak dipakai untuk buket/karangan bunga atau diberikan sebagai hadiah. Di saat yang sama, Dandelion lebih berfungsi sebagai makanan orang-orang miskin. Hal ini makin menguatkan kesan bahwa Dandelion tidak terlalu berharga.

Cara Menanam

Di alam liar, sebagian besar penyebaran Dandelion dilakukan secara alami dengan bantuan angin. Karena tergolong sebagai tanaman liar, tidaklah sulit untuk menanam bunga sederhana ini.

  • Penyemaian Benih

Daripada mencari benih secara langsung di alam, membeli benih siap tanam jauh lebih praktis. Pastikan benih yang dibeli berkualitas baik. Bila perlu tanyakan secara detail informasi mengenai Dandelion kepada penjual.

    1. Simpan benih yang sudah dibeli di tempat yang sejuk.
    2. Siapkan polybag dan lubangi bagian bawahnya untuk jalan keluar air.
    3. Isi polybag dengan campuran tanah halus, sedikit pasir, plus pupuk kandang.
    4. Semai benih dengan jarak sekitar 3,5 cm.
    5. Tutup dengan lapisan tanah yang tipis dan jangan menguburnya terlalu dalam.
    6. Letakkan polybag di tempat yang cerah dan hangat lalu siram secukupnya.
    7. Setelah benih mencapai ketinggian 7-10 cm, benih siap dipindah ke media tanam baru. Proses ini biasanya memakan waktu antara 7 sampai 21 hari.
  • Penanaman

Sebenarnya benih Dandelion bisa ditanam langsung tanpa dilakukan penyemaian. Namun, benih yang disemai terlebih dahulu kemudian ditanam memiliki peluang hidup yang lebih tinggi.

    1. Pilih area yang separuh teduh (partial shade) di kebun/pekarangan.
    2. Buat lubang berukuran 20x20x20 cm di tanah.
    3. Masukkan pupuk kandang kira-kira 1-2 kg ke dalam lubang.
    4. Gemburkan juga tanah di sekitar lubang tanam.
    5. Setelah dibiarkan seminggu, tanam benih yang sudah disemai.

Perawatan

  1. Siram Dandelion dua kali sehari supaya tanahnya lembap. Penyiraman rutin akan membuat rasa Dandelion lebih enak.
  2. Pupuk tidak wajib diberikan jika tanahnya sudah subur. Namun, pupuk kandang bisa diberikan setiap 3-6 minggu sekali.
  3. Penyiangan diperlukan untuk membasmi gulma dan tanaman pengganggu lain. Untuk mecegah tanaman menyebar dan menutupi kebun, potong bunga sebelum memproduksi biji.
  4. Hama dan penyakit jarang menyerang Dandelion, tetapi Anda perlu mewaspadai kelinci, siput, dan keong.
  5. Dandelion bisa dipanen 3 bulan setelah penanaman. Potong daun sedekat mungkin dengan akar. Ambil bunganya dan buang batangnya.

Manfaat

Daun, bunga, dan akar Dandelion bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Dandelion juga merupakan sumber antioksidan yang kaya vitamin, mineral, dan serat.

  1. Makanan. Dandelion umumnya dipakai sebagai dekorasi makanan dan dikeringkan untuk diseduh sebagai teh herbal. Kalau mau dimakan, sebaiknya makan segera setelah dipetik karena Dandelion hanya mampu bertahan 3 hari di kulkas. Untuk penyimpanan jangka panjang, daun dan bunga harus dikeringkan lalu disimpan di kantong atau kendi tertutup, lalu letakkan di tempat sejuk dan teduh.
  2. Kesehatan. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa Dandelion dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dan gula darah. Manfaat kesehatan lainnya adalah menguatkan sistem imun, mengurangi inflamasi, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, dsb.
  3. Industri. Akar dan bunga Dandelion bisa digunakan untuk membuat pewarna kuning. Latex yang diekstrak dari akarnya juga digunakan sebagai bahan pembuatan lem dan karet.
Leave A Comment

Produk Pilihan
  • navie-bunga-meja-dari-athaya-dengan-rangkaian-6-tangkai-anggrek-orchid-dan-baby-breath
    Navie

    Original price was: Rp 4.500.000.Current price is: Rp 3.800.000.

  • kei-adalah-buket-bunga-dari-athaya-yang-dirangkai-dari-bunga-tulip-gompy-mawar-statis-dan-aster
    Kei

    Original price was: Rp 2.000.000.Current price is: Rp 1.800.000.

  • nola-bunga-meja-uang-dari-athaya-untuk-hari-ulang-tahun-dengan-rangkaian-bunga-bunga-mawar,-krisan-import,-lily,-baby-breath
    Nola

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.500.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja