dania-dekorasi-rumah-duka-dengan-konsep-mawar-merah-muda

Kematian adalah hal yang menyedihkan dan pemakaman adalah hal yang sakral. Saat ini, pemakaman cukup sering diadakan di rumah duka daripada di rumah pribadi almarhum. Supaya tidak kaget dan membuat kesalahan, para pelayat perlu mengetahui tata cara melayat ke rumah duka yang benar.

Pakaian

Hitam atau abu-abu adalah warna pakaian yang umum dipakai oleh pelayat karena melambangkan duka cita. Namun, saat ini ada pula yang mengadakan konsep pemakaman yang lebih bersifat perayaan. Jika tidak yakin warna baju apa yang harus dipakai atau tidak mempunyai baju berwarna hitam, Anda cukup mengenakan baju yang rapi, bersih, dan sopan.

Waktu

Sebagai suatu acara yang khidmat, para pelayat diharapkan datang lebih awal agar tidak mengganggu jadwal pemakaman. Datang lebih awal akan menghindarkan pelayat dari masalah-masalah seperti sulit memarkir kendaraan, tidak mendapat tempat duduk, dsb. Kalau jenazah masih disemayamkan di rumah duka selama 1-2 hari, hindari datang terlalu pagi atau terlalu malam karena hal ini akan merepotkan keluarga almarhum yang sedang berduka.

Ucapan

Umumnya, pelayat perlu mengisi buku tamu dengan nama dan hubungan dengan almarhum. Beberapa keluarga akan menggunakan daftar ini untuk memberikan ucapan terima kasih. Ucapan belasungkawa tidak perlu panjang, yang penting pendek dan tulus.

Sebaiknya temui anggota keluarga ketika acara selesai. Jika mereka sedang sibuk, duduk dulu sesuai dengan ketentuan. Posisi duduknya biasanya adalah anggota keluarga di depan, teman dekat di belakang keluarga, dan rekan kerja di bagian samping belakang.

Sikap

Selama acara, matikan atau aktifkan mode “silence” atau getar pada ponsel, jangan mengobrol keras-keras, apalagi minum dan makan. Kalau membawa anak kecil yang sedang rewel, sebaiknya Anda menunggu di luar supaya tidak mengganggu acara. Anda juga boleh menangis, tetapi jangan berlebihan.

Dalam kasus dimana Anda tidak setuju atau merasa tidak nyaman dengan prosesi atau ritual yang dijalankan, ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama, ikuti prosesi dengan khidmat sebagai bentuk penghormatan kepada keluarga almarhum. Kedua, Anda bisa undur diri untuk tidak mengikuti prosesi tersebut. Misalnya, pelayat diperbolehkan tidak melihat jenazah di peti mati jika merasa takut.

Bunga

Meskipun memberi bunga adalah hal yang umum dilakukan, pastikan dulu ketentuan dan permintaan dari rumah duka dan keluarga almarhum. Sebagai contoh, keluarga almarhum mungkin tidak ingin menerima karangan bunga dalam bentuk apa pun. Lalu, ada juga sejumlah agama dan budaya yang melarang pemberian jenis bunga tertentu untuk pemakaman.

Anda juga perlu mempertimbangkan hubungan dan kepribadian almarhum. Jika almarhum menyukai warna merah muda misalnya, sebagai sahabat Anda bisa mengirim/memberikan bunga warna merah muda baik langsung ke keluarga almarhum atau ke rumah duka.

Baca juga: Rumah Duka: Pengertian, Layanan, dan Fasilitas

devin-dekorasi-rumah-duka-dengan-rangkaian-bunga-salib-dengan-rangkaian-bunga-salib-yang-bernuansa-putih

Fotografi

Selain perihal privasi dan kesopanan, alasan lain untuk melarang pemotretan adalah tradisi dan agama. Merekam video tanpa izin juga termasuk dalam larangan ini. Namun, Anda boleh melakukannya jika diminta secara khusus oleh anggota keluarga sebagai bentuk dokumentasi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memotret. Beberapa di antaranya adalah memanfaatkan pencahayaan alami daripada menggunkan flash dan tidak memotret orang yang sedang berduka dalam jarak dekat (close-up).

Protokol kesehatan dan peraturan lain

Sejak adanya pandemi COVID-19, pelayat perlu mengikuti protokol kesehatan yang dijalankan oleh rumah duka. Demi kebaikan bersama, pakai masker dan jauhi kerumunan. Kalaupun pihak rumah duka memberi kebebasan, ada baiknya Anda tetap waspada dan berhati-hati.

Kesimpulan

Inti dari melayat ke rumah duka adalah mengikuti protokol dan peraturan yang ada dengan baik. Anda juga harus tenang dan bersikap sopan. Demikianlah informasi mengenai tata cara melayat ke rumah duka yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • parsya-parcel-snack-natal-dari-athaya-yang-terdiri-dari-nastar-putri-salju-red-velvet-pouch-almond-cookies-pouch-chocolate-chip-cookies-pouch-box-exclusive-dan-ornamen-natal
    Parsya

    Rp855.000

  • alessia-papan-duka-cita-dari-athaya-untuk-area-Sulawesi-sebagai-tanda-berbela-sungkawa-yang-mendalam-kepada-kerabat-anda-di-Jawa-Timur
    Alessia

    Rp700.000

  • symphony-bunga-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-untuk-area-jawa-timur-sebagai-penyempurna-momen-bahagia-kerabat-anda
    Symphony

    Rp850.000

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja