delilla-dekorasi-rumah-duka-dengan-konsep-mawar-merah-muda

Rumah duka adalah salah satu layanan yang sering digunakan oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Selain itu, umat Kristen dan Katolik juga memakai jasa ini. Meskipun tidak identik dengan rumah duka, bukan berarti orang Muslim tidak dilayani oleh fasilitas tersebut.

Apa itu Rumah Duka?

Rumah duka adalah tempat yang melayani penguburan dan pemakaman. Dikenal juga dalam bahasa Inggris dengan “funeral home” yang tujuan utamanya adalah menyelenggarakan pemakaman sebelum kremasi atau penguburan. Ketika menghadapi momen kehilangan ini (kematian), sering kali orang merasa kalut dan bingung. Pada saat seperti inilah peran fasilitas ini diperlukan.

Baca juga : Bunga Sedap Malam, Tanaman Beraroma Kuat

dania-dekorasi-rumah-duka-dengan-konsep-mawar-merah-muda

Layanan Rumah Duka

Beberapa tempat memiliki layanan yang berbeda karena mempertimbangkan perbedaan agama, budaya, dan tradisi. Namun, ada layanan dasar yang umumnya diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

  • Perawatan Jenazah

Untuk keperluan kunjungan (visitasi), petugas akan merawat jenazah mulai dari memandikan, merapikan, dan mengawetkan jenazah. Jika kondisi jenazah tidak memungkinkan untuk dikunjungi, biasanya ada pilihan lain dimana pelayat hanya bisa melihat peti tertutup yang sudah berisi jenazah di dalamnya.

  • Menyediakan Peti Mati dan Nisan

Bagi beberapa orang, peti mati sangat penting sehingga tidak jarang dana besar dikeluarkan demi peti berkualitas terbaik. Setelah dikubur, pemilihan nisan juga turut dipertimbangkan. Karena petinya sudah tidak terlihat, mereka akan menawarkan nisan yang bisa di-custom sendiri oleh pelanggan.

  • Memfasilitasi Persemayaman

Fasilitas ini menyediakan tempat bagi keluarga, kerabat, dan pelayat lain yang ingin menyampaikan belasungkawa. Beberapa tempat juga menawarkan dekorasi khusus sesuai permintaan keluarga atau kerabat.

  • Kremasi

Ketika kunjungan sudah selesai, petugas fasilitas tersebut siap melakukan kremasi jenazah sesuai jadwal yang ditentukan. Umumnya akan disediakan guci dan kantung abu setelah kremasi selesai. Dalam sejumlah kasus, beberapa tempat bisa menyedikan tempat penyimpanan guci abu sementara.

  • Penjemputan dan pengantaran

Bila perlu, mereka juga bisa menjemput jenazah misalnya dari rumah keluarga atau rumah sakit dan mengantarkannya hingga ke tempat persemayaman terakhir. Mobil ambulans dan tim pengawalan biasanya termasuk dalam layanan ini. Tidak hanya kendaraan, fasilitas ini turut menjamin kompetensi supir dan pihak-pihak lainnya yang bertugas untuk memastikan perjalanan aman dan nyaman.

Fasilitas Rumah Duka

Walaupun tidak tampak dari luar, rumah duka memiliki beragam fasilitas yang terdiri dari sarana dan prasarana untuk memperlancar proses pemakaman.

  • Kantor

Ini adalah tempat di mana para petugas rumah duka bekerja mengurus dokumen-dokumen penting termasuk melakukan panggilan telepon, rapat, dan konsultasi dengan pelanggan. Ada pula ruangan yang disebut dengan “arrangement room”, di mana keluarga atau pihak perwakilan jenazah mendiskusikan rencana pemakaman dengan petugas rumah duka.

  • Krematorium

Sebelum kremasi, akan disediakan area untuk menunggu dan berdoa bagi keluarga dan pelayat. Jadi, ruang krematorium tidak hanya berisi mesin kremasi saja.

  • Kamar Mayat

Di sini petugas akan memandikan, merapikan, mengawetkan, dan mendandani jenazah. Kemudian, keluarga diberi kesempatan melihat jenazah untuk terakhir kali.

  • Ruang Persemayaman

Para pelayat bisa menunjukkan duka cita mereka kepada jenazah sekaligus menghibur mereka yang ditinggalkan. Tergantung permintaan, ruangan bisa didekorasi sedemikian rupa untuk mengenang jenazah. Sejumlah keluarga bahkan ingin mengadakan acara pemakaman yang tidak terlalu suram misalnya dengan menambahkan video kenangan almarhum, BGM, dekorasi bunga yang cantik, dsb.

  • Lain-lain

Selain fasilitas tersebut, ada rumah duka yang menyediakan area khusus untuk berdoa misalnya kapel dan tempat untuk tahlilan bagi umat Muslim. Untuk melayani masyarakat dan kebutuhan yang beragam, di dalam fasilitas ini juga tersedia area makan (catering), tempat bermain anak, ruang khusus/kecil untuk berduka, dan ruang istirahat.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • marina-bunga-meja-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-mawar-baby-breath-snap-dragon
    Marina

    Original price was: Rp 1.200.000.Current price is: Rp 1.000.000.

  • frida-bunga-papan-paper-flower-dari-athaya-dengan-ucapan-yang-dapat-disesuaikan-dengan-permintaan
    Frida

    Original price was: Rp 750.000.Current price is: Rp 600.000.

  • emily-buket-bunga-dari-athaya-yang-dirangkai-dengan-bunga-segar-dan-pilihan
    Emily

    Original price was: Rp 1.700.000.Current price is: Rp 1.400.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja