rumah-duka-di-surabaya-picture-from-pexels-by-pavel-danilyuk

Kematian bisa terjadi kapan pun sehingga beberapa orang memilih merencanakan pemakaman mereka atau anggota keluarga lebih awal sebagai persiapan. Memilih rumah duka yang tepat tidak mudah karena ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan.

Anda mungkin berpikir bahwa mencari rumah duka di Surabaya yang merupakan kota besar lebih mudah karena banyak pilihan. Namun, jangan hanya mengandalkan tampilan website yang meyakinkan atau bergantung pada peringkat mesin pencari Google.

Baca juga: Referensi Rumah Duka di Jakarta

rumah-duka-di-surabaya-picture-from-pexels-by-cottonbro-studio

Rumah Duka Adijasa

Alamat: Jl. Demak No.90-92, Gundih, Kec. Bubutan, Surabaya, Jawa Timur 60172

Lokasi Rumah Duka Adijasa adalah salah satu yang paling strategis di Surabaya sehingga mudah dijangkau kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Rumah duka ini adalah yang pertama di Surabaya dan memiliki 58 ruangan. Ada ruangan duka dengan konsep terbuka dan VIP dengan AC.

Layanan

Biaya layanan Rumah Duka Adijasa bisa dibilang terjangkau dibandingkan beberapa rumah duka lain. Dengan memakai konsep kerja seperti hotel, biaya yang mencakup sewa kursi, meja, dan ruangan langsung dibayar di kantor rumah duka.

Anda bisa menghubungi Mitra Rumah Duka secara langsung untuk mendiskusikan perihal layanan seperti masalah peti jenazah dan perapihan jenazah. Rumah Duka Adijasa juga menyediakan ambulans gratis terutama bagi Anda yang tinggal di sekitar wilayah Surabaya.

Grand Heaven Surabaya

Alamat: Jl. Raya Taman Sepanjang, RT.013/RW.03, Kelurahan Ketegan, Kecamatan Taman.

Jika Anda sedang mencari rumah duka di Surabaya, salah satu rumah duka yang akan muncul adalah Rumah Duka Heaven (Heaven Funeral Home). Rumah duka ini pertama kali didirikan di Jakarta dan sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun dalam melayani pemakaman. Pada tahun 2021, rumah duka ini dibuka di Surabaya dan sudah menarik minat banyak orang karena konsep dan tampilannya.

Lalu, apa saja yang membuat rumah duka di Surabaya ini layak dipertimbangkan? Untuk menjawab pertanyaan ini, cermati paparan berikut.

Konsep “We Care For Your Loved Ones”

Rumah Duka Grand Heaven Surabaya selalu mengedepankan pelayanan berdasarkan cinta kasih dan kepedulian. Dalam praktiknya, petugas rumah duka tidak hanya sekedar menjalankan rutinitas dan kewajiban mereka. Rumah duka ini bertekad untuk berada di samping keluarga yang ditinggalkan di saat mereka paling membutuhkan dukungan. Grand Heaven Surabaya bekerja dengan menerapkan tiga aspek kerja yaitu: (1) standar kode etik yang tinggi, (2) fasilitas, produk, dan pelayanan berkualitas, dan (3) pengembangan kompetensi karyawan.

Lokasi strategis

Lokasinya yang strategis memungkinkan masyarakat di sekitar Surabaya untuk menggunakan jasa rumah duka ini. Beberapa area yang dicakup adalah Kabupaten Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Malang, dan Mojokerto.

Arsitektur unik

Ketika melewati Grand Heaven Surabaya, banyak orang yang mengira bahwa bangunan tersebut adalah hotel bintang lima. Rumah duka ini berdiri di lahan seluas dua hektare termasuk gedung utama 10 lantai, taman, kantor, dan tempat parkir.

Grand Heaven Surabaya dibangun berdasarkan konsep Neo-Classic yang mirip dengan gaya bangunan di negara-negara Eropa. Dibandingkan rumah duka pada umumnya, gedung Grand Heaven Surabaya memberi kesan yang lebih ramah daripada suram.

  • Eksterior. Di bagian depan gedung terpasang logo berbentuk kupu-kupu yang menyala biru di malam hari. Sejumlah pilar yang tinggi menopang kubah hijau di tengah. Kubah ini dikelilingi oleh patung emas Nike (Dewi Kemenangan). Konsep Neo-Classic dipakai supaya keluarga dapat memberikan penghormatan tertinggi pada almarhum.
  • Interior. Bagian dalam gedung menerapkan konsep Neo-Classic modern yang bertujuan memberikan kesan nyaman dan tenang. Salah satu fitur yang dibanggakan adalah lantai marmer Italia yang harus diimpor dari luar negeri. Lampu kristal menghiasi ruangan-ruangan dan kubah bagian dalam dipenuhi lukisan. Ukuran jendela yang besar berfungsi sebagai sumber cahaya alami sehingga menghemat pemakaian listrik terutama lampu.

Fasilitas lengkap

Dari luar sudah bisa ditebak bahwa ada banyak ruangan di dalam rumah duka ini. Sebagai rumah duka berstandar internasional, Grand Heaven Surabaya menyediakan fasilitas-fasilitas berikut.

  1. Ruang duka

Grand Heaven Surabaya memiliki 60 ruang duka yang terdiri dari:

    • President Suite Room 9 (full AC, ukuran 8 x 40 m, 10 di lantai 1 dan 10 di lantai 7),
    • VVIP Room (full AC, ukuran 4 x 25 m, 20 di lantai 6),
    • Suite Room (non-AC ukuran 4 x 19, 20 di lantai 6).
  1. Ruang istirahat keluarga

Layaknya hotel, ruangan ini memiliki sofabed, TV LED, ruang makan, kamar tidur single bed atau double bed, kamar mandi eksklusif dengan wastafel, bathtub, dan shower. Fasilitas ini sengaja disediakan bagi keluarga almarhum untuk mengurangi rasa lelah dan sedih baik secara fisik maupun mental.

  1. Ruang tunggu

Ruang ini terletak di lantai satu dan menyajikan berbagai minuman. Area ini juga dilengkapi dengan sofa, kursi, dan meja untuk para tamu dan keluarga. Untuk suasana berbeda, penggunjung bisa mampir ke coffee shop di lantai 2. Di sini pengunjung akan dilayani oleh barista profesional.

  1. Cafetaria

Bagi keluarga atau pengunjung yang lapar, dipersilakan untuk mampir ke Heaven Cafetaria. Chef yang berpengalaman akan menyediakan makanan dan minuman sehingga tidak perlu repot makan di luar.

  1. Tempat parkir indoor dan outdoor

Untuk menampung kendaraan roda empat dan roda dua, sudah tersedia area parkir yang luas di luar dan di dalam gedung. Jadi, Anda tidak perlu kebingungan mencari tempat parkir.

  1. Musala

Musala Al-Jannah (surga) yang cukup luas terletak di lantai tiga. Ini sangat membantu umat Muslim yang perlu menunaikan ibadah salat lima waktu.

Melayani berbagai agama, tradisi, dan budaya

Mayoritas rakyat Indonesia memang beragama Islam, tetapi rumah duka lebih identik dengan agama Budha dan Kristen. Karena hal ini beberapa orang tidak familier dengan rumah duka. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pemilik Grand Heaven Surabaya, Suwito Mulyadi menegaskan bahwa mereka melayani semua lapisan masyarakat tanpa tidak membeda-bedakan suku dan agama. Misalnya, keluarga almarhum bisa meminta ruangan untuk didekorasi sesuai tradisi mereka dan proses pemakaman bisa dijalankan sesuai keyakinan masing-masing.

Tips memilih rumah duka

Meskipun pemakaman adalah hal yang sakral, tidak ada kewajiban untuk memakai jasa rumah duka. Untuk memilih rumah duka terbaik, pertimbangkan aspek-aspek seperti fasilitas, kompetensi, akomodasi, transparansi harga, dan layanan setelah pemakaman. Diskusikan kondisi Anda ke petugas rumah duka supaya bisa memilih layanan yang tepat sesuai budget.

Sebenarnya, masih ada rumah duka lain di Surabaya, tetapi informasi yang tersedia kurang sehingga tidak dicantumkan dalam artikel ini. Ada rumah duka yang memiliki website, tetapi sepertinya webiste tersebut belum di-update. Di sisi lain, Anda harus datang langsung ke lokasi beberapa rumah duka di Surabaya untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Jika tidak memungkinkan Anda bisa mempertimbangkan rumah duka di luar wilayah Surabaya.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • bulma-buket-bunga-berbentuk-love-dari-athaya-yang-dirangkai-dari-bunga-mawar-dan-baby-breath
    Bulma

    Original price was: Rp 2.300.000.Current price is: Rp 2.000.000.

  • alaya-papan-duka-cita-dari-athaya-untuk-area-Jawa-Timur-sebagai-tanda-berbela-sungkawa-yang-mendalam-kepada-kerabat-anda
    Alaya

    Original price was: Rp 1.600.000.Current price is: Rp 1.400.000.

  • ellie-buket-bunga-dari-athaya-yang-dirangkai-dengan-bunga-segar-dan-pilihan
    Ellie

    Original price was: Rp 2.400.000.Current price is: Rp 2.000.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja