Pengertian-Bridal-Shower,-Manfaat,-dan-Persiapannya

Bridal Shower telah menjadi momen spesial yang tak terpisahkan dari perayaan pra-pernikahan. Tradisi ini memberikan kesempatan bagi teman-teman dan keluarga dekat mempersembahkan kegembiraan dan dukungan bagi calon pengantin wanita menjelang hari pernikahannya.Selain itu, akan diungkapkan pula persiapan yang perlu dilakukan agar momen Bridal Shower menjadi kenangan yang indah dan berkesan bagi pengantin wanita dan para tamu undangan.

Apa Itu Bridal Shower?

Bridal shower merupakan sebuah acara kumpul bersama yang diadakan untuk calon pengantin wanita sebelum pernikahan. Biasanya acara ini diatur oleh teman-teman dekat atau anggota keluarga pengantin wanita sebagai cara untuk merayakan dan memberikan dukungan kepada calon pengantin menjelang hari pernikahan.

Acara bridal shower umumnya diadakan beberapa minggu atau bulan sebelum pernikahan dan biasanya berlangsung dalam suasana santai dan penuh keceriaan. Lokasi acara bisa berupa rumah teman atau saudara, restoran, kafe, atau tempat khusus lainnya.

Selama acara bridal shower, berbagai kegiatan dan permainan sering diadakan untuk menambah keseruan. Beberapa contoh kegiatan yang populer adalah permainan trivia tentang pasangan pengantin, sesi foto bersama, membuat kartu ucapan khusus untuk calon pengantin, atau menyusun hadiah-hadiah kecil untuk diambil oleh calon pengantin.

Biasanya, calon pengantin akan mendapatkan banyak hadiah dari para tamu undangan sebagai bentuk dukungan dan ungkapan kasih sayang. Hadiah-hadiah ini umumnya berkaitan dengan keperluan rumah tangga atau barang-barang yang akan berguna setelah menikah.

Apa Saja Manfaat Bridal Shower?

Bridal shower juga menjadi kesempatan bagi calon pengantin untuk bersenang-senang bersama teman-teman terdekat dan anggota keluarga sebelum memasuki babak baru dalam kehidupan mereka sebagai pasangan yang sah.

Selain itu, acara ini juga memberikan kesempatan bagi para tamu undangan untuk mengenal lebih dekat calon pengantin dan merasa lebih dekat dengan momen bahagia dalam hidup mereka.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya dari bridal shower. Misalnya sejumlah manfaat berikut:

Memberi Dukungan Moral

Bridal shower memberikan kesempatan bagi teman-teman dekat dan anggota keluarga untuk memberikan dukungan moral kepada calon pengantin. Pada momen sebelum pernikahan, calon pengantin sering mengalami perasaan campur aduk, termasuk kegembiraan, kecemasan, dan kekhawatiran.

Melalui acara ini, mereka mendapatkan dorongan, semangat, dan kata-kata penuh dukungan dari orang-orang terdekat mereka. Hal ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dan memberikan rasa percaya diri yang lebih besar menjelang hari pernikahan.

Mempererat Hubungan

Bridal shower menciptakan kesempatan untuk mengumpulkan teman-teman dan anggota keluarga dari berbagai latar belakang yang memiliki peran penting dalam kehidupan calon pengantin. Acara ini membantu mempererat hubungan di antara mereka dan menciptakan momen kebersamaan yang istimewa.

Saat calon pengantin merasakan dukungan dan cinta dari orang-orang terdekat, hubungan mereka akan semakin kuat, dan hal ini dapat menjadi pondasi yang baik untuk masa depan mereka sebagai pasangan yang baru menikah.

Memberikan Hadiah Manis

Salah satu aspek yang paling dinantikan dalam bridal shower adalah saat calon pengantin menerima hadiah-hadiah manis dari para tamu undangan. Hadiah-hadiah ini biasanya berkaitan dengan keperluan rumah tangga atau hal-hal yang akan berguna bagi mereka setelah menikah.

Selain sebagai ungkapan kasih sayang, hadiah-hadiah ini juga dapat membantu calon pengantin dalam mempersiapkan peralatan dan perlengkapan untuk memulai hidup bersama pasangannya.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri Calon Pengantin

Bridal shower juga dapat meningkatkan rasa percaya diri calon pengantin. Saat calon pengantin merasa dikelilingi oleh orang-orang yang mencintai dan mendukung mereka, ini dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menghadapi pernikahan dan peran baru sebagai pasangan suami istri.

Acara ini juga memberi kesempatan bagi calon pengantin untuk merayakan momen bahagia dalam hidup mereka dan mengingatkan mereka bahwa mereka pantas mendapatkan kebahagiaan dan cinta sejati.

Meyakinkan Calon Pengantin

Calon pengantin mungkin merasa khawatir akan berbagai hal yang terkait dengan pernikahan mereka, seperti persiapan, peran baru sebagai pasangan, atau bagaimana mengatasi tantangan yang mungkin muncul dalam pernikahan.

Namun, dengan mengadakan bridal shower dan berkumpul bersama, momen ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk merasa didukung sepenuhnya oleh teman-teman dan anggota keluarga yang hadir.

Saat melihat betapa banyak orang yang peduli dan mendukung pernikahan mereka, calon pengantin menjadi semakin mantap dan yakin bahwa mereka bisa menghadapi masa depan bersama dengan keyakinan dan kebahagiaan.

Apa Saja Persiapan Bridal Shower?

Anda bisa menerapkan beberapa hal berikut ini sebagai persiapan pelaksanaan bridal shower untuk calon pengantin:

Menentukan Budget

Persiapan pertama dalam mengadakan bridal shower adalah menentukan anggaran atau budget yang akan dialokasikan untuk acara tersebut. Budget ini akan mempengaruhi beberapa aspek acara, termasuk lokasi, makanan, dekorasi, hadiah, dan kegiatan lainnya. Penting untuk memastikan bahwa budget yang ditetapkan sesuai dengan ekspektasi acara dan kemampuan finansial penyelenggara serta para tamu undangan.

Menentukan Tema

Memilih tema untuk bridal shower dapat menambah kesan khusus dan menyenangkan pada acara tersebut. Tema bisa berkaitan dengan hobi atau minat calon pengantin, atau mungkin tema yang sesuai dengan suasana yang diinginkan untuk acara tersebut, seperti tema vintage, tropis, floral, atau sesuai musim tertentu.

Menentukan Waktu

Penentuan waktu yang tepat untuk mengadakan bridal shower penting agar calon pengantin dan para tamu undangan dapat menghadiri acara dengan nyaman. Biasanya, bridal shower diadakan beberapa minggu atau bulan sebelum pernikahan, namun, tanggal dan jam yang dipilih haruslah bersesuaian dengan jadwal semua pihak yang terlibat.

Jika calon pengantin atau beberapa tamu undangan berada di luar kota, perlu mempertimbangkan jarak dan ketersediaan waktu mereka.

Menentukan Undangan

Setelah tanggal acara ditentukan, langkah selanjutnya adalah membuat undangan. Undangan bridal shower harus mencantumkan informasi penting seperti tanggal, waktu, lokasi, tema, dan lain sebagainya.  Undangan bisa berbentuk fisik atau digital, tergantung pada preferensi dan kepraktisan penyelenggara.

Menentukan Kegiatan atau Acara

Mengatur kegiatan atau acara yang akan diadakan selama bridal shower adalah bagian penting dalam persiapan. Beberapa pilihan kegiatan termasuk permainan interaktif, sesi foto bersama, pembuatan kartu ucapan khusus, sesi pampering atau spa, atau sesi memasak bersama.

Menggunakan Jasa Dekorasi Bridal Shower

Dekorasi merupakan elemen penting dalam menciptakan atmosfer acara yang sesuai dengan tema dan suasana yang diinginkan. Pilih dekorasi yang sesuai dengan tema dan warna yang telah ditentukan. Beberapa dekorasi umum yang bisa digunakan adalah balon, bunga, hiasan meja, dan lain sebagainya.

Anda bisa menggunakan jasa dari Athaya Florist untuk dekorasi bunga tema bridal shower floral yang manis. Kami menyiapkan aneka jenis bunga segar dengan warna soft atau sesuai permintaan Anda. Dengan perpaduan bunga-bunga yang indah dan segar, dekorasi kami akan memberikan sentuhan elegan dan romantis pada acara bridal shower Anda.

Tim kami yang berpengalaman akan membantu Anda merancang konsep dekorasi yang sesuai dengan tema dan suasana yang Anda inginkan, menciptakan momen yang indah dan tak terlupakan bagi calon pengantin dan para tamu undangan.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • carmila-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-dengan-tiga-rangkaian-bunga-di-sisi-atas-dan-satu-rangkaian-bunga-di-sisi-bawah
    Carmila

    Original price was: Rp 1.000.000.Current price is: Rp 800.000.

  • murphy-bunga-meja-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-mawar-anggrek-bulan-lily-pom-pom-baby-breath-carnation.
    Murphy

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.300.000.

  • lian-parcel-hampers-imlek-keramik-dari-athaya-dengan-hiasan-ornamen-imlek-yang-dapat-anda-pesan-secara-online
    Lian

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.350.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja