Mengenal Bunga Larkspur Serta Maknanya

Bunga larkspur adalah bunga yang disebut-sebut punya energi positif untuk orang sekitarnya. Kira-kira seperti apa ya bentuk, warna, dan cara penanaman tanaman ini? Berikut ulasannya.

Asal Bunga Larkspur

Larkspur berarti makhluk suci yang diturunkan dari surga. Dimana, asal usul namanya ini diambil dari cerita legenda penduduk asli Amerika. Saat makhluk turun dari surga, maka langit akan pecah menjadi serpihan yang runcing. Serpihan tersebut tertiup oleh angin lalu jatuh ke bumi. Kemudian, ia akan tumbuh menjadi bunga ini. 

Kepopuleran dari bunga ini sangat jelas digambarkan di masa kerajaan Ratu Victoria, Inggris. Tapi, sebenarnya bunga ini berasal dari pegunungan tinggi Afrika dengan iklimnya yang tropis. 

Habitat & Iklim Bunga Larkspur

Larkspur adalah salah satu tanaman yang bisa bertahan hidup di berbagai iklim, tapi tergantung spesies dan kultivarnya. Diketahui beberapa varietas dapat mentoleransi suhu dingin di berbagai zona. Jadi, sebaiknya ketahui dulu spesies mana yang ingin dibudidayakan. 

Meskipun demikian, beberapa ada yang berpendapat kalau bunga ini akan mekar di bulan-bulan musim panas, biasanya Juni – September. Sementara itu, untuk tempat tumbuhnya cenderung di tempat lembab tapi dengan drainase tanah yang baik. 

Bentuk, Warna & Aroma

Larkspur adalah bunga yang termasuk ke dalam Kingdom Plantae dan Genus Delphinium. Oleh sebab itulah perlu berhati-hati, hampir semua bunga dari genus delphinium ini beracun untuk hewan dan manusia. 

Dari segi bentuk, mungkin banyak sekali yang terkecoh dengan bunga ini. Sebab, bentuknya mirip sekali dengan bunga delphinium, yakni sama-sama memiliki bunga berbentuk terompet, arah bunga meruncing keluar, dan terdapat 5 sepal tunggal.

Untuk warnanya sendiri beraneka ragam, ada yang kuning, biru, merah, ungu, dan putih. Semua warna memiliki makna dan keindahan tersendiri. Jadi, kamu bisa pilih sesuai dengan preferensi pribadi sebagai tanaman hias di rumah. 

Meskipun punya banyak warna, rata-rata setiap bunga ditandai dengan bagian inti atau mata yang kontras dan bagian tengah yang gelap. Itulah alasan kenapa bunga larkspur menjadi salah satu pilihan dalam rangkaian bunga pernikahan. 

Arti/Makna Bunga Larkspur

Telah disinggung sebelumnya, setiap warna dari bunga larkspur ini memiliki makna tersendiri. Namun, beberapa warna seperti pink, putih, dan ungu memiliki makna yang banyak dibahas dari berbagai sumber. Contohnya:

  • Pink atau merah muda, melambangkan gerakan perubahan.
  • Putih, melambangkan kebahagiaan.
  • Ungu, melambangkan cinta pertama. 

Jika dikaji secara umum, makna dari bunga larkspur sendiri adalah kegembiraan, kebahagiaan, cinta, penyemangat, dan energi positif lainnya. 

Cara Menanam Bunga Larkspur yang Sudah Tumbuh

Umumnya penanaman genus delphinium hampir sama, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Memiliki lokasi yang terlindungi

Pertama, kamu harus memilih lokasi yang tepat dan cocok sebagai tempat tumbuh larkspur. Tapi, sebagian besar delphinium lebih menyukai tempat yang mendapatkan sinar matahari penuh dibandingkan parsial serta tanah yang subur dengan drainase yang sangat baik. Kira-kira pH nya sekitar 6,5 – 7,5.

2. Mulai mempersiapkan tanah

Setelah itu, kamu bisa memulai persiapan tanah dengan cara menggemburkan tanah hingga kedalaman 12-15 inci atau 30-37 cm. Tingkatkan kesuburan tanah dengan penambahan bahan organik, seperti pupuk kandang atau kompos. 

Kamu juga perlu untuk menggali lubang yang lebar dan dalamnya hingga dua kali lipat dari bola akar tanaman. 

3. Tanam larkspur

Jika tanah sudah disiapkan dengan baik, bisa segera tempatkan tanaman di dalam lubang. Pastikan kalau tajuknya sudah sejajar dengan permukaan tanah. Lalu, isi kembali lubang tersebut dengan tanah dan padatkan perlahan, termasuk di sekitarnya. 

4. Berikan jarak pada tanaman

Saat menanam larkspur, sangat penting untuk memberikan jarak yang tepat supaya sirkulasi udara cukup sekaligus mencegah kepadatan berlebihan. Jika kamu menanamnya di dalam wadah, pilihlah pot yang diameternya minimal 12 inci atau 30 cm dan tanam satu bunga untuk satu pot. 

Kemudian, sirami tanaman dengan air yang cukup. Jika perlu, kamu bisa menambahkan mulsa untuk membantu mempertahankan kelembaban tanah dan gulma. 

Cara Menanam Bunga Larskpur dari Benih

Jika sebelum tutorial menanam bunga larkspur dari bunga yang telah tumbuh besar, maka selanjutnya adalah langkah-langkah untuk penanamannya yang dimulai dari nol atau dari benihnya. Ini caranya:

  1. Taburkan benih di dalam ruangan sekitar 8-10 minggu sebelum tanggal musim dingin di daerahmu. 
  2. Isilah nampan benih dengan tanah dan taburkan benih di atasnya. 
  3. Tutupi dengan sedikit tanah.
  4. Semprotkan dengan sedikit air.
  5. Meletakkan nampan di tempat yang hangat dan terang. Pastikan untuk menjaga tanah agar tetap lembab, tapi jangan terlalu basah. Biasanya, benih akan mulai berkecambah dalam waktu 10-14 hari.
  6. Jika bibit sudah menghasilkan dua set daun asli, pindahkan ke dalam pot atau wadah tersendiri. 
  7. Lalu, setelah bibit tumbuh setinggi 7-10 cm, bisa pindahkan ke media tanah di kebun. Gali lubang yang sedikit lebih besar daripada bola akar. 
  8. Mulailah mengangkat bibit tersebut ke dalamnya. Isi lubang dengan tanah dan tekan perlahan agar tidak ada kantong udara. 

Tips Merawat Bunga Larkspur

Nah, jika ingin membudidayakannya, tentu juga harus bisa merawatnya dengan baik agar tanaman tumbuh dengan subur. Ini nih beberapa tips yang bisa dicoba:

  • Siram bunga secara teratur, terutama saat cuaca panas dan kering untuk menjaga tanam lembab dan jangan membuat tanaman tergenang dengan air.
  • Gunakan pupuk yang bagus agar tumbuh dengan sehat. Kamu bisa mulai memupuknya di awal musim semi dan pertengahan musim panas. 
  • Jika sudah tumbuh tinggi, siapkan tiang atau penyangga untuk mencegah bunga terjatuh atau patah saat kondisi sedang hujan atau angin kencang. 
  • Bunga yang sudah mekar harus dihilangkan agar lebih banyak bunga yang tumbuh, sehingga masa hidupnya juga lebih lama. 

Itulah seluk-beluk dari bunga larkspur. Yuk, pesan segera rangkaian bunga larkspur ini di Athaya.co.id agar terus membangkitkan semangat dan kegembiraan bagi penerimanya. 

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • stacy-bunga-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-berukuran-panjang-untuk-area-kota-medan-sebagai-tanda-turut-berbahagia-kepada-kerabat-anda-yang-menikah
    Stacy

    Original price was: Rp 7.500.000.Current price is: Rp 600.000.

  • lia-bunga-box-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-mawar-pink-lili-baby-breath-dan-balon-ucapan-yang-dapat-dipesan-secara-online-di-website-athaya.co.id
    Lia

    Original price was: Rp 1.300.000.Current price is: Rp 1.000.000.

  • sonia-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-berbentuk-persegi-dengan-rangkaian-bunga-pilihan-yang-segar-di-setiap-sisi-papan-ucapan
    Sonia

    Original price was: Rp 1.400.000.Current price is: Rp 1.100.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja