Bunga Delphinium sebagai Simbol Kelahiran Bulan Juni

Sering disebut sebagai simbol kelahiran bulan Juli, bunga delphinium ternyata masih termasuk keluarga dari buttercup dengan pesona yang sangat indah dan menarik. Kira-kira dari mana ya asal bunga cantik ini? Simak informasi selengkapnya pada ulasan berikut ini. 

Asal Usul Bunga Delphinium

Penamaan delphinium diambil dari Bahasa Yunani yang artinya dolphin atau lumba-lumba. Kenapa dinamakan dolphin? Karena bentuk kelopak bunga delphinium mirip dengan salah satu anggota tubuhnya lumba-lumba, yakni bagian siripnya. 

Bunga ini sebenarnya mengalami hibridisasi atau persilangan besar-besaran sejak pertengahan abad ke-19. Hal tersebut membuat perkembangbiakannya bisa ditemukan di beberapa negara. Contohnya, di Inggris dan Amerika sampai abad ke-20. 

Jika dihitung, ada sekitar 300-an spesies delphinium dari berbagai negara di seluruh dunia. 

Habitat & Iklim Bunga Delphinium

Habitat paling bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bunga delphinium adalah di bawah sinar matahari langsung. Bunga ini bisa tumbuh dengan subur di pertengahan musim panas dengan sinar matahari yang sangat terik. 

Sementara itu, penanamannya dilakukan di tanah yang subur, tapi diperkaya dengan pupuk organik. Sebaiknya, gunakan bahan organik yang tetap bisa mengunci kelembabannya di musim panas, tidak mengering dan tidak pula tergenang oleh air. 

Kamu juga bisa memilih kawasan yang terlindungi dari angin kencang agar tidak rusak akibat terbawa oleh angin kencang. 

Bentuk dan Warna Bunga Delphinium

Siapapun yang melihat bunga delphinium pertama kali, pasti akan langsung merasa jatuh hati. Pasalnya, bunga ini punya warna yang indah cantik, mulai dari putih, kuning, merah, biru, hingga ungu.

Bunga yang berbentuk seperti terompet membuat delphinium terkesan lebih unik. Sedangkan, pada bagian lehernya terdapat 5 sepal tunggal atau ganda dengan corong yang meruncing keluar. Sementara itu, untuk daunnya sendiri berwarna hijau gelap dan terlihat sangat mengkilap. 

Arti/Makna Bunga Delphinium

Delphinium termasuk bunga yang menyimpan banyak makna. Berikut informasi yang didapatkan dari beberapa sumber:

1. Keceriaan dan kebahagiaan

Saat mekar, bunga ini akan berwarna-warni. Hal ini akan membuat orang sekitarnya merasa lebih gembira, ceria, dan bahagia. Karena berhasil membawa vibe dan energi yang positif untuk orang sekitarnya, maka dilambangkanlah sebagai kebahagiaan dan keceriaan. 

2. Keterbukaan hati

Dengan bunganya yang indah dan tangkai panjang, membuat bunga ini dimaknai dengan kedermawanan dan kebaikan. Istilah lainnya, bunga ini mempunyai kelapangan hati yang besar. 

3. Surgawi

Ada beberapa orang yang mengklaim bunga ini memberikan perlindungan ilahi. Sebab, di masa lalu digunakan sebagai pengusir kalajengking. 

4. Melahirkan semangat baru

Delphinium juga diasosiasikan sebagai bunga yang dapat memberikan keterbukaan seseorang terhadap perasaan, peluang, serta emosi yang baru. 

Dari bunga ini, juga dimaknai sebagai pengingat kita untuk terus berjuang dalam menggapai sesuatu yang diinginkan dalam hidup. 

Perbedaan Delphinium dan Larkspur

Sama-sama melambangkan kelahiran bulan Juli, banyak sekali orang yang menganggap kalau delphinium dan larkspur adalah satu bunga yang sama. Padahal sebenarnya ada beberapa perbedaan yang sangat mendasar, tapi tidak banyak diketahui orang.

Para ahli botani pun sudah mengungkapkan bahwa kedua bunga tersebut memang berbeda, sekalipun famili tanamannya sama. Apa saja bedanya?

1. Siklus hidup

Siklus hidup bunga delphinium cenderung lebih lama, sekitar 2 atau 3 tahun. Apalagi, bunga ini bisa berbunga setiap musim semi. 

Sedangkan, bunga larkspur hanya punya siklus hidup selama satu musim saja. Masa berbunga tanaman juga lebih lama dibandingkan  delphinium. Biasanya, mulai berbunga awal musim semi sampai awal musim gugur.

2. Jarak antara kuntum bunga

Perbedaan lainnya dapat dilihat dari jarak antara kuntum bunga di bagian batangnya. Pada bunga larkspur, jarak kuntum bunganya renggang-renggang. Sedangkan, delphinium justru jaraknya terlihat sangat rapat. 

Alhasil, delphinium terlihat lebih banyak jumlah kuntum bunganya dibandingkan bunga larkspur, karena posisinya yang rapat tersebut. 

Cara Menanam Bunga Delphinium

Berikut adalah cara penanaman bunga delphinium yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Penaburan benih bunga delphinium

Walaupun sebenarnya benih ini bisa saja ditanam langsung di tanah pada awal musim sem, tapi untuk memperoleh hasil yang lebih baik direkomendasikan untuk penaburannya dilakukan di dalam ruangan. 

Kapankah waktu penaburan benih paling baik? Kamu bisa melakukannya di bulan Februari-Juni atau September-Oktober. Taburkanlah benih tersebut ke dalam pot atau juga bisa menggunakan nampan benih yang berisikan kompos yang lembab. 

2. Pindahkan ke dalam pot

Setelah itu, letakkan di suhu 10-15 derajat Celsius. Apabila bibitnya sudah cukup besar, mulailah memindahkannya ke dalam pot yang berukuran 7,5-9 cm. Lalu, keraskan dulu tanaman sebelum mulai ditanam. Berikan jarak 60-90 cm!

Jika tidak ingin terlalu ribet, kamu juga bisa beli tanaman ini langsung dari toko kebunnya. Sebab, penanamannya bisa dilakukan sepanjang tahun, baik itu di musim semi maupun musim gugur. 

Namun, sebelum itu, pastikan sudah menyiapkan dan menggali area tanam dengan menambahkan beberapa bahan organik. Galilah dengan ukuran lubang yang cukup besar supaya mudah menampung bola akar. 

Nah, tempatkan bola akar di lubang tersebut. Jika perlu, sesuaikanlah kedalaman tanamnya. Kemudian, campurkan bahan organik ke dalam tanah galian tadi. Kamu juga bisa menambahkan mulsa bahan organik 2-3 inci di tas tanah atau sekitar tanaman. 

3. Perawatan bunga delphinium

Agar tanah atau komposnya tetap lembab selama musim panas dan musim semi, pastikan kamu selalu menyirami tanaman secara rutin. 

Itulah cara sederhana untuk menanam bunga delphinium. Berhubung tanaman ini juga menjadi salah satu bunga hias, kamu bisa dapatkan karangan atau buketnya di Athaya.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • Irma-bunga-papan-pernikahan-dari-athaya-untuk-area-kota-manado-dan-sekitarnya
    Irma

    Original price was: Rp 3.800.000.Current price is: Rp 3.500.000.

  • alina-papan-bunga-duka-cita-dari-athaya-dengan-karangan-bunga-segar-dan-ucapan-turut-berduka-cita-yang-dapat-disesuaikan
    Alina

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.500.000.

  • libby-bunga-bloom-box-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-anggrek-bulan-lily-mawar-serta-balon-ucapan
    Libby

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.500.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja