rumah-duka-di-medan

Apakah Anda sedang mencari rumah duka di Medan? Jangan khawatir. Dalam artikel berikut, telah dirangkum beberapa rumah duka yang bisa Anda pertimbangkan di Medan.

Referensi Rumah Duka di Medan

Rumah Duka Medan Murni

Alamat: Jl. Pancing No.321, Sidorejo Hilir, Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Sumatra Utara 20371

Pada tahun 2013, Rumah Duka Medan Murni diresmikan oleh Sekretaris Daerah Kota Medan Ir. Syaiful Bahri Lubis yang mewakili Walikota Medan. Pemerintah Kota Medan secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Rumah Duka Medan Murni yang telah menyediakan tempat persemayaman jenazah terutama untuk warga beragama Nasrani dan Budha. Bangunannya sendiri sengaja didirikan di lokasi pinggiran kota untuk menghindari kemacetan lalu-lintas.

Layanan dan fasilitas

Sebelum menjadi rumah duka, gedungnya dipakai sebagai pusat perbelanjaan. Rumah Duka Medan Murni telah melayani ribuan keluarga yang berasal dari berbagai kalangan.

  1. Ruangan persemayaman jenazah

Rumah Duka Medan Murni memiliki 14 ruangan persemayaman jenazah yang terletak di lantai 1. Ukuran ruangan cukup luas dan dilengkapi AC. Tempat untuk tamu yang melayat terbuka dan dipasang kipas angin.

  1. Perawatan jenazah

Hal ini terdiri dari penjemputan (ambulans dan bus), pemulasaran, pengawetan, kremasi, sampai pemakaman termasuk pemilihan peti jenazah.

  1. Pengurusan dokumen kematian

Contoh: akta kematian dan pengurusan jenazah di dalam dan luar negeri.

  1. Tempat parkir

Lahan parkir yang luas mampu 300 unit kendaraan roda empat terletak di lantai dua dan tiga rumah duka.

  1. Kantin dan katering

Makanan dan minuman disediakan untuk keluarga dan pelayat, contohnya air mineral, kacang, kue, roti, atau makanan manis lainnya.

  1. Perlengkapan

Rumah duka juga mengurus dekorasi ruangan, altar/perlengkapan sembahyang, foto, video, dan keperluan lain bagi yang membutuhkan.

  1. Toilet dan kamar mandi

Jumlah toilet dan kamar mandi cukup banyak dan bersih.

Rumah Sosial GMI Gloria

Alamat: Jl. DR. F.L. Tobing No.38, Pusat Ps., Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatra Utara 20212

Ini adalah rumah duka yang dikelola oleh Gereja Methodist Indonesia jemaat Gloria. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa tempat ini dikhususkan untuk umat Nasrani.

Sejarah Gereja Methodist Indonesia Jemaat Gloria sendiri dimulai dari tahun 1904. Pada waktu itu, Hong Teen yang merupakan bekas murid sekolah methodist di Penang, Malaya, membuka sekolah berbahasa Inggris tepatnya di Medan. Kemudian, Hong meminta Pdt. G.F. Pykett untuk memulai misi Methodist di kota ini.

Dari sekolah hingga menjadi Gereja Methodist, bangunan yang ada telah mengalami serangkaian renovasi. Seiring bertambahnya jemaat, Gereja Methodist Indonesia Jemaat Gloria  yang berada di Jalan MT. Haryono direnovasi pada tanggal 11 Mei 1989. Bahkan, Rumah Sakit Methodist juga didirikan pada tahun 1976.

Layanan dan fasilitas

  1. Ruang persemayaman

Ada empat ruang persemayaman full AC.

  1. Ruang ibadah/kebaktian

Ruang ini dilengkapi dengan AC, fasilitas sound system (wireless mic, keyboard/piano, dan gitar) dan video untuk keperluan ibadah.

  1. Ruang pengunjung/ruang tamu

Untuk menampung jumlah pengunjung yang banyak, Anda harus bergantian. Namun, secara umum ukuran ruangan sudah mencukupi. Pengunjung akan disambut dengan music rohani dan TV iklan dukacita yang dipasang menampilkan informasi kedukaan terbaru yang jelas.

  1. Peti jenazah

Berbagai jenis peti jenazah bisa dipilih oleh keluarga almarhum.

  1. Tempat parkir

Rumah duka menyediakan parkir untuk sepeda motor. Sementara untuk mobil, pengunjung bisa memarkir mobil di Jalan Bintang.

  1. Tanah pemakaman

Tanah pemakamannya bernama “Taman Eden” dan sekarang berlokasi di Tanjung Marowa.

  1. Toilet dan kamar mandi

Untuk kenyamanan para tamu, kamar mandi dan toilet berada dalam keadaan bersih, rapi, dengan persediaan tisu di setiap ruangan.

  1. Genset

Genset berkapasitas besar memungkinkan kegiatan dilaksanakan dengan lancar tanpa khawatir mati listrik.

Rumah Duka Angsapura

Alamat: Jl. Waja No.2, Sei Rengas II, Kec. Medan Area, Kota Medan, Sumatra Utara 20211

Rumah Duka Angsapura sering disebut sebagai balai persemayaman Angsapura. Dilihat dari lambang Yayasan dan visi dan misi, rumah duka ini ditujukan untuk umat Budha. Akan tetapi, warga Konghucu, Nasrani, dan Katolik bisa melakukan kegiatan di rumah duka ini.

Layanan dan fasilitas

  1. Pilihan blok yang bermacam-macam

Bagai yang punya rezeki lebih bisa menyewa Blok VIP. Di sisi lain, rumah duka Angsapura juga menyediakan blok dan layanan lain bagi keluarga yang kekurangan biaya. Bangunannya modern, bersih, dan luas.

  1. Lahan parkir

Area parkir cukup luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Selain di sepanjang jalan menuju rumah duka, papan bunga ucapan belasungkawa terkadang diletakkan di pinggir lahan parkir.

  1. Staf rumah duka

Mereka yang ingin menyewa jasa rumah duka bisa langsung menghubungi pihak Yayasan. Anda bisa menanyakan secara detail mengenai fasilitas dan tarif yang ditawarkan.

  1. Makanan dan minuman

Dari pihak rumah duka sendiri, pengunjung akan disuguhi makanan dan minuman seperti air outih, kopi, roti, kacang, dsb. Bahkan beberapa keluarga memperbolehkan pelayat untuk memesan makanan dari luar misalnya satai padang atau mi goreng.

Tanjung Mulia Hilir Social Foundation Funeral Hall

Alamat: Jl. KL. Yos Sudarso No.9, Tj. Mulia Hilir, Kec. Medan Deli, Kota Medan, Sumatra Utara 20241

Sempat mendapatkan respons yang kurang baik, rumah duka ini telah berusaha berbenah agar lebih baik. Manajemen yang baru tampaknya telah berusaha mengurus rumah duka dengan baik.

Beberapa hal yang sudah dilakukan adalah renovasi toilet, mengganti penerangan yang lebih baik, menjaga kebersihan, dan pengendalian di saat banjir. Mengenai harga layanan, pihak Tanjung Mulia Hilir memastikan untuk tidak menawarkan harga mahal yang memberatkan keluarga. Anda bisa langsung menghubungi pihak terkait untuk penjelasan lebih lanjut.

Layanan dan fasilitas

  1. Antar jemput jenazah menggunakan ambulans di dalam dan luar kota termasuk pengiriman kargo melalui jalur udara dan laut.
  2. Upacara tutup peti
  3. Puja pralaya, yaitu malam sebelum pemakaman atau kremasi berlangsung.
  4. Upacara pemakaman/kremasi sesuai permintaan
  5. Penitipan jenazah anak dan orang dewasa baik di dalam maupun di luar freezer.
  6. Memandikan, mengafani, merias dan memakaikan baju, mengawetkan jenazah
  7. Ruang duka ber-AC untuk acara pelepasan jenazah

Saran

Ketika memilih rumah duka, Anda harus memilih sesuai kebutuhan dan dana yang ada. Jangan sampai pengurusan kedukaan justru makin memberatkan keluarga yang ditinggalkan. Berikut ini adalah sejumlah catatan yang perlu diperhatikan.

  1. Ketika memakai mobil jenazah, anggota keluarga bisa ikut mendampingi selama perjalanan. Sebaliknya, mobil ambulans tidak memungkinkan banyak orang untuk masuk dan mendampingi jenazah.
  2. Pilih paket atau tidak. Jika pihak rumah duka hanya menyewakan ruangan, Anda harus mencari jasa pemakaman juga. Dengan kata lain, biayanya biasanya akan lebih besar.
  3. Lokasi yang strategis. Usahakan untuk memilih rumah duka di Medan yang dekat dengan rumah. Atau jika tidak ada pilihan lain, pastikan rumah duka tersebut cukup luas untuk pelayat dan memberi layanan antar-jemput jenazah.

Untuk mempermudah, cari rumah duka yang menyediakan paket lengkap untuk mengurus pemakaman. Paket lengkap yang dimaksud tidak selalu mahal, yang penting mencakup hal-hal dasar seperti pemandian, ibadah, kremasi, sampai penguburan jenazah.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • alexa-papan-bunga-duka-cita-dari-athaya-yang-beresain-persegi-dengan-perpaduan-rangkaian-bunga-segar
    Alexa

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.600.000.

  • noah-bunga-meja-berbentuk-love-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-mawar-merah
    Noah

    Original price was: Rp 12.000.000.Current price is: Rp 10.000.000.

  • fang-parcel-hampers-imlek-dari-athaya-yang-teridiri-dari-makanan-dan-minuman-ringan-dengan-hiasan-imlek-yang-dapat-anda-pesan-secara-online
    Fang

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.350.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja