Pexels Andrea Piacquadio in Referensi Kado Wisuda untuk Sahabat

Belajar bukanlah hal yang mudah sehingga wisuda merupakan sebuah perayaan penting bagi para siswa. JIka sahabat Anda akan segera wisuda, tidak ada salahnya memberikan kado untuk ikut merayakan momen tersebut.

Sama halnya dengan hadiah ulang tahun, memilih kado wisuda untuk sahabat tidak mudah. Supaya Anda mendapatkan gambaran yang pas, simak tips dan referensi kado wisuda untuk sahabat berikut.

Tips memilih kado wisuda

Sesuai dengan acara wisuda sendiri, kado yang diberikan tentu harus menyesuaikan sejumlah aspek.

  • Jenjang pendidikan

Secara umum ketika memilih kado, orang akan berpatok pada kebutuhan/fungsionalitas dan hobi/kesukaan. Kebutuhan anak TK sampai mahasiswa pastinya berbeda-beda. Sebagai contoh, lulusan SMA kemungkinan akan bersiap untuk memasuki universitas. Di sisi lain, mahasiswa mungkin sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

  • Sifat

Di samping sifat sahabat, pertimbangkan pula sifat dari kado itu sendiri. Ada kado yang sifatnya praktis dan bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Sebaliknya, ada kado-kado tertentu yang sifatnya sebagai benda kenang-kenangan yang bisa dipajang atau disimpan di laci.

  • Budget

Dibandingkan acara lain, wisuda tidak menampilkan kesan yang mewah sehingga cukup mempersiapkan budget dalam jumlah yang wajar. Selain itu, sahabat Anda bisa jadi akan merasa terbebani dengan kado yang terlalu mahal. Akan tetapi, jika punya banyak uang dan sahabat Anda sangat membutuhkan/menginginkan kado tersebut, itu mungkin bukan masalah.

  • Waktu

Namanya saja kado wisuda, jadi waktu yang tepat untuk memberikannya adalah pada hari wisuda. Jangan menundanya terlalu lama karena momen yang tepat bisa segera hilang. Misalnya, sahabat Anda mungkin harus segera pulang kampung atau pindah ke kota lain untuk bekerja/melanjutkan studi.

Referensi Kado Wisuda

Klasik dan Simpel

Berikut ini adalah contoh referensi kado wisuda untuk sahabat yang sederhana dan bisa dipesan meski mendadak. Opsi ini cocok kalau Anda tidak mau terlalu repot.

    1. Bunga. Di toko bunga sudah tersedia berbagai bunga yang terkadang sudah dikelompokkan sesuai acara termasuk sebagai kado wisuda. Anda bisa memberikan bunga favorit sahabat, bunga yang banyak tumbuh di sekolah/kampus, atau bunga yang warnanya mewakili sekolah/kampus.
    2. Boneka. Faktanya, boneka teddy bear adalah salah satu pilihan kado yang populer. Sejumlah penjual bahkan sudah mendandani boneka ini dengan toga wisuda.
    3. Buket makanan. Dalam hal ini, Anda cukup membeli beberapa snack favorit sahabat Anda (snack box) atau kue buatan sendiri. Untuk jangka panjang, Anda bisa membelikan makanan seperti mi instan, sup instan, sosis siap makan, kopi instan, dsb. yang lebih mengenyangkan.

Anda bisa menaruhnya di dalam kotak atau membuatnya seperti hamper untuk hari raya. Bagi Anda yang kurang telaten, sebaiknya pesan hamper makanan khusus pada penjual makanan atau took bunga yang biasa melayani hamper.

Voucher belanja. Voucher di sini adalah pengganti uang tunai. Opsi ini lebih fleksibel karena sahabat Anda bisa membeli sendiri barang yang diperlukan dengan voucher tersebut. Alternatif lain adalah voucher makanan favorit atau restoran terkenal yang baru buka.

Baca juga: Hadiah Ulang Tahun untuk Istri? Jangan Salah Pilih!

Perlengkapan sehari-hari

Apapun rencana sahabat Anda setelah wisuda, memberi kado perlengkapan sehari-hari adalah pilihan cerdas karena pasti dipakai.

    1. Bantal, sleeping mask, dan selimut. Bantal adalah salah satu benda esensial untuk tidur. Tidak semua tempat indekos memiliki fasilitas yeng lengkap dan nyaman termasuk bantal. Kado bantal berguna sebagai persiapan kalau bantal indekos sahabat Anda nantinya keras atau bahkan tidak disediakan bantal. Sleeping mask juga sangat berguna kalau sahabat Anda susah tidur. Selimut yang tipis dipakai saat hawa panas dan selimut tebal dipakai saat hawa dingin.
    2. Botol minum/tumbler. Biasanya banyak mahasiswa berusaha berhemat, apalagi mereka yang tinggal jauh dari keluarga. Dengan menghadiahkan botol minum, sahabat Anda bisa menghemat penggunaan air sekaligus membantu mengurangi sampah plastik.
    3. Kacamata mata anti-blue ray. Laptop, tablet, dan ponsel pintar sudah menjadi bagian dalam kehdupan masyarakat di era modern. Untuk mengurangi dampak buruk pemakaian alat-alat tersebut, kacamata mata anti-blue ray adalah pilihan tepat. Tidak hanya stylish, kacamata ini akan turut melindungi kesehatan mata sahabat Anda.
    4. Lampu meja. Di pasaran sudah tersedia lampu meja dengan desain menarik yang langsung dicolok atau memakai baterai. Fungsinya adalah sebagai sumber cahaya, tetapi siapa tahu desain yang unik akan membuat sahabat Anda semangat belajar jika ia akan kuliah S1 atau S2 setelah wisuda.
    5. Mini rice cooker. Kalau sahabat Anda akan tinggal di luar kota untuk kuliah, Anda bisa menghadiahkan mini rice cooker. Bentuknya yang kecil sangat praktis. Di samping itu, ada banyak rice cooker yang didesain untuk memasak berbagai makanan selain nasi seperti sup, bubur, dan kue.
    6. Mug. Ketika tinggal bersama banyak orang seperti di asrama, ada kemungkinan barang akan tertukar. Anda bisa memilih sepasang mug yang unik supaya berbeda dengan yang lain. Mug ini bisa membuat sahabat Anda teringat pada Anda.
    7. Pakaian. Hadiahkan sweatshirt, piyama, jersey, sandal, atau fluffy slippers untuk digunakan dalam ruangan. Pilih bahan yang adem dengan warna favorit sahabat Anda. Untuk sahabat yang aktif, hadiahkan sepatu yang nyaman dipakai atau kemeja untuk kerja/acara penting.
    8. Tas. Tas ransel bisa dipilih karena bisa memuat banyak barang misalnya buku kuliah yang berat. Sementara itu, tote bag dan tas sejenis cocok digunakan untuk pergi makan, belanja, atau sekedar jalan-jalan. Namun, kalau tas sahabat Anda sudah terlalu banyak, pilih hadiah lain saja.
    9. Traveling kit/travel organizer. Meski tidak digunakan untuk berlibur, traveling kit tetap bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari misalnya untuk menaruh sabun cair, parfum, alat make-up, dll. Kado wisuda untuk sahabat ini merupakan salah satu alternatif yang bisa dicoba.

Sentimental dan personal

Ketika memilih kado wisuda untuk sahabat, orang cenderung merujuk pada hobi atau kegemaran sahabat mereka. Dalam beberapa kasus, kado semacam ini tidak terlalu fungsional dan lebih bersifat sebagai kado yang akan dikenang sewaktu-waktu.

    1. Kumpulan kenangan. Setelah lulus SMA, tentu ada banyak kenangan antara Anda dan sahabat. Anda bisa merangkai foto, tiket film, kertas catatan kuliah, pantun, kalimat motivasi, pesan dan kesan, dan semacamnya pada memory board atau scrapbook untuk sahabat. Atau Anda bisa membuat video kenangan yang diunggah ke media sosial, lalu tag sahabat Anda.
    2. Potret diri. Supaya pas dengan acara wisuda, Anda bisa menghadiahkan ilustrasi, lukisan, atau foto yang menampilkan sahabat Anda dalam perlengkapan wisuda. Pilihannya adalah mengambil foto sahabat dan mengeditnya, melukis atau menggambar ilustrasi sendiri, atau meminta bantuan pelukis/tukang gambar.
    3. Playlist lagu. Kumpulkan lagu yang sering dinyanyikan bersama sahabat termasuk lagu lama dan baru. Lagu-lagu tersebut bisa dimasukkan ke dalam flashdisk atau CD. Ada pula yang menyarankan “music plaque” yang bisa didesain sendiri dengan foto dan kode Spotify. Nantinya, sahabat Anda bisa memindai kode tersebut, dan playlist yang Anda buat bisa didengarkan kapan pun.
Leave A Comment

Produk Pilihan
  • candice-bunga-papan-congratulations-dari-athaya-dengan-desain-bunga-yang-menutupi-semua-sisi-untuk-pemberian-gelar-doktor
    Candice

    Original price was: Rp 2.800.000.Current price is: Rp 2.500.000.

  • milena-bunga-meja-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-hortensia-mawar-snap-dragon-baby-breath
    Milena

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.300.000.

  • gianna-bunga-papan-bunga-congratulations-dari-athaya-untuk-area-jawa-timur-sebagai-penyempurna-momen-bahagia-kerabat-anda
    Gianna

    Original price was: Rp 900.000.Current price is: Rp 600.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja