Mengenal Bunga Mata Kucing yang Kerdil Tapi Menawan

Sering dijadikan sebagai tanaman hias, bunga mata kucing termasuk tanaman perdu yang dapat tumbuh subur di iklim panas. Biasanya, bunga ini ditempatkan di keranjang gantung sebagai hiasan dinding.

Asal Bunga Torenia

Bunga mata kucing, atau sering disebut sebagai bunga torenia ungu adalah jenis tanaman hias dengan perpaduan warna kuning, putih, dan ungu.

Warnanya yang unik seringkali membuat orang-orang pada salah fokus lantaran menarik dan membuat siapa pun menjadi mood kembali saat memandangnya.

Tumbuhan torenia ini berasal dari Asia dan Afrika. Lalu, menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Di Indonesia sendiri, kamu dapat menemui tumbuhan ini di Gunung Prau.

Bentuk, Warna, & Aroma Bunga Mata Kucing

Tanaman perdu ini tumbuh dengan ketinggian mencapai 20-4- cm. Untuk warna tanaman yang bisa kamu temukan, mulai dari putih, biru gelap atau ungu, hingga ungu.

Saat pertama kali melihat bunga ini secara langsung, mungkin berpikir kalau usia dari tumbuhan perdu ini tidaklah lama. Sebab bunganya yang terlihat sangat tipis.

Namun, penting untuk kamu tahu bahwa tanaman ini ternyata termasuk bunga yang kuat loh. Bahkan, dengan bunganya setipis itu bisa tumbuh di suhu terpanas negara 4 musim.

Selain bunga mata kucing, orang-orang juga banyak memanggilnya dengan sebutan bunga badut. Ini lantaran bentuk kelopaknya juga terlihat seperti wajah seorang badut.

Untuk proses tumbuh dan kembangnya bunga ini tidaklah mengenal musim. Sebab, kamu bisa menanam bunga mata kucing ini kapan dan di mana saja. Asalkan, lingkungan tempat tumbuhnya sangat ideal.

Arti/ Makna Bunga Mata Kucing

Bunga torenia atau bunga mata kucing tumbuh dengan warna-warna yang sangat cerah. Variasi warna tersebut memberikan seseorang makna dari kebahagiaan.

Selain sebagai simbol kebahagiaan, torenia juga menjadi simbol keberuntungan bagi bangsa romawi kuno. Mereka menganggapnya sebagai bunga yang memberikan keberuntungan dan ada potensi keinginan dapat terwujud.

Cara Menanam Bunga Torenia

Cara tanam bunga mata kucing di rumah sangatlah mudah, karena hampir sama seperti tanaman pada umumnya. Nah, untuk memperbanyak tanaman ini, kamu bisa melakukan penanaman biji melalui metode stek.

Namun, pada pembahasan artikel kali ini, kita akan fokus membahas bagaimana cara menanam bunga mata kucing, di antaranya:

  1. Hal paling penting untuk disiapkan pertama kali yakni wadah tanam dengan drainase yang baik. Siapkan juga media tanam siap pakai seperti campuran tanah, cocopeat, pakis, sekam bakar, dan lainnya.
  2. Untuk penyiapan bijinya, kamu bisa beli kok di toko bibit atau toko perkebunan.
  3. Setelah semua persiapan sudah siap, masukkan tanah humus atau tanah yang sudah dicampur pupuk kompos ke dalam wadah tanam atau pot tadi. Pastikan minimal diameternya 40 cm ya.
  4. Siramlah media tanam dengan air secara perlahan dan bertahap sedikit demi sedikit. Lebih sederhananya, kamu bisa menggunakan metode spray. Tujuan penyiraman ini adalah untuk memastikan tanaman mendapatkan air yang cukup, sehingga tanah tetap lembab.
  5. Taburkan biji bunga mata kucing di permukaan tanah secara terpisah dan tidak boleh saling menempel agar tidak mengganggu pertumbuhan satu sama lainnya.
  6. Semprotkan kembali biji dengan air menggunakan metode spray. Lakukan penyiraman ini hingga 2 kali sehari.
  7. Tempatkan pot di lokasi yang terlindung dari hujan dan sinar matahari.
  8. Pantau perkembangan tanaman. Biasanya, bunga ini akan mulai bertunas setelah berusia 2 minggu. Apabila bibitnya sudah cukup tinggi dan tumbuh kokoh, kamu bisa mulai memindahkannya ke wadah tanam yang lebih besar dan luas. Sejak dipindahkan ke media tanam baru hingga memunculkan bunga, bunga ini membutuhkan waktu 8-12 minggu.
  9. Saat memindahkan tanaman ke media tanam lain, jangan lupa memberikan jarak hingga 15-20 cm. Ini bertujuan agar setiap biji bunga torenia memiliki space yang cukup saat tumbuh dan berkembang

Cara Perawatan Bunga Mata Kucing

Selesai proses tanam, kamu juga perlu tahu cara perawatan bunga torenia yang benar agar bunga tidak mudah rusak, layu, dan mati. Berikut cara perawatan yang penting diketahui:

  1. Meletakkan tanaman di tempat yang mendapatkan sinar matahari pagi dan sore hari. Namun, bila ia terpapar sinar matahari yang sangat terik, segera pindahkan ke tempat yang lebih teduh. Adapun suhu terbaik untuk pertumbuhan bunga torenia di 21-23 derajat celcius di siang hari lalu 18-21 derajat celcius pada malam hari.
  2. Pastikan media tanam tetap lembab, tetapi jangan biarkan tanaman tergenang oleh air. Ini untuk mencegah agar akar bunga tidak mudah busuk.
  3. Berikan pupuk alami yang seimbang setiap 2-3 minggu.
  4. Lakukan pemangkasan pada bunga yang sudah mulai mati, layu, atau terjangkit penyakit dan hama tanaman agar tidak mengganggu pertumbuhan bagian lainnya. Ini juga dapat mendorong lebih banyak pertumbuhan bunga torenia.

Cara Memperbanyak Bunga Torenia

Mata kucing adalah salah satu jenis tanaman perdu yang dapat tumbuh dengan sangat rimbun layaknya semak. Ini justru membuatnya terlihat sangat menawan dan cantik.

Nah, untuk kamu yang ingin memperbanyak bunga ini, bisa mulai mengumpulkan bijinya dari kantong biji bunga saat bunga sudah mulai mengering.

Cara lainnya, kamu juga bisa pindahkan tanaman kecil yang sebelumnya sudah tumbuh diantara tanaman induknya. Biasanya, tanaman kecil tini tumbuh akibat kantung biji yang sudah kering jatuh secara tidak sengaja.

Pada dasarnya, proses penanaman bunga torenia ini memang sangatlah mudah. Hanya saja, pastikan kamu memesan biji bunga torenia dari tokoh perkebunan tepercaya, sehingga mampu menghasilkan bunga yang bagus dan cantik.

Jika kamu termasuk pecinta bunga dan ingin memesan bunga untuk momen spesial, kamu bisa percayakan pada Athaya Florist sebagai toko bunga terbaik di tanah air.

Athaya Florist menjual berbagai kebutuhan produk bunga sesuai dengan budget dan keinginan pelanggan. Kami menyadari akan pentingnya mengungkapkan perasaan lewat setangkai bunga. Untuk itu, kamu selalu berusaha agar memberikan bunga dengan kualitas tinggi dan masih segar hingga sampai di tangan penerimanya.

Berikut berbagai produk bunga yang kami layani:

  • papan bunga: papan bunga pernikahan, duka cita, congratulations, grand opening, wisuda, dan paper flower board.
  • rangkaian bunga: standing flower, krans bunga, buket bunga, buket bunga artificial, buket uang, buket balon, bunga bloom box,
    parcel dan hampers.
  • dekorasi lebaran, natal, galungan, imlek, tahun baru, pernikahan, lamaran, ulang tahun, kelahiran bayi, sunatan, get well soon, kelulusan.
  • dekorasi rumah duka, bunga lamaran/pelaminan, dekorasi mobil pengantin, dekorasi altar gereja.

Yuk, konsultasikan segera kebutuhan bunga yang kamu inginkan lewat Athaya Florist. Klik disini untuk melihat katalog produknya!

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • asuka-bunga-papan-duka-cita-dari-athaya-gandeng-dua-papan-jambul-atas-satu-buah-dan-hiasan-bunga-dibagian-kaki-kakinya-bernama-asuka
    Asuka

    Original price was: Rp 2.750.000.Current price is: Rp 2.300.000.

  • scarlett-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-dengan-bentuk-persegi-dan-satu-jambul-rangkaian-bunga-atas-dan-bawahnya
    Scarlett

    Original price was: Rp 800.000.Current price is: Rp 600.000.

  • tovia-standing-flower-dari-athaya-dengan-rangkaian-segar-yang-dirangkai-oleh-perangkai-bunga-profesional
    Tovia

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.400.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja