Mengenal Bunga Daffodil (Bunga Narcissus)

Juga dikenal sebagai bunga narcissus, bunga daffodil adalah bunga yang seringkali dijumpai ketika musim semi datang. Bentuk dari bunga ini cukup unik, karena memiliki bagian tengah yang mirip dengan terompet. Sebagian besar mungkin kamu akan menjumpai bunga daffodil dengan warna kuning, tetapi adakah warna bunga daffodil lainnya? Yuk, kenalan dengan bunga daffodil di sini!

Asal Bunga Daffodil

Awal mula bunga daffodil ini dikenali banyak orang adalah dari seorang ahli botani asal Yunani, yakni Theophrastus. Ia membawa lalu menyebarkan bunga ini ke berbagai daerah. 

Hingga akhirnya, pada abad ke-17 dan 19, ada seorang penulis ternama yang mengklaim bunga daffodil sebagai salah satu bunga favoritnya. 

Habitat & Iklim

Bunga daffodil adalah tanaman yang berasal dari famili Amaryllidaceae dari genus Narcissus. Saat ini, tersebar hingga 50 lebih varian spesies dari bunga daffodil. 

Sebenarnya, hal yang wajar bila kamu bingung dengan bentuk asli dari bunga daffodil ini. Dikarenakan, kamu tidak dapat menemukannya dengan mudah di tanah air. Diketahui bunga daffodil tumbuh dengan subur di wilayah dengan empat musim. Contohnya, di Eropa.

Lalu, di manakah tempat tumbuh bunga daffodil? Biasanya dapat tumbuh subur secara alami di padang rumput, tanah berbatu hingga hutan. 

Tidak hanya satu, ternyata ada banyak banget loh jenis bunga daffodil ini. Beberapa diantaranya; jetfire, quail, sentinel, sorbet, thalia, jack snipe, sovereign, tahiti, barrett browning, canaliculatus, dan masih banyak lagi. 

Bentuk, Warna & Aroma Bunga Daffodil

Jika dilihat lebih teliti, kamu akan menjumpai adanya 6 kelompok pada bunga daffodil ini dengan bagian tengah menyerupai terompet kecil. Tidak hanya warna kuning, mungkin saja kamu akan mendapati bunga daffodil dengan warna orange, cream, pink, hingga putih loh.  

Penasaran dengan aromanya seperti apa? Bunga daffodil memiliki aroma yang lebih kuat dan mudah dikenali oleh banyak orang. Aromanya sendiri sering dideskripsikan dengan sedikit aroma madu/ vanila, manis, dan lembut.

Arti/ Makna Bunga Daffodil

Setiap negara memaknai bunga ini dengan arti yang berbeda-beda. Berikut ulasannya:

  • Britania Raya. Masyarakat di Britania Raya mempercayai bahwa siapa saja yang menemukan bunga ini pertama kalinya akan diberkati emas yang sangat melimpah. 
  • Jepang, melambangkan simbol kebahagiaan dan kesenangan. 
  • Amerika Serikat. Negara ini menjadikan bunga ini sebagai simbol resmi untuk Asosiasi Kanker Amerika. Tujuannya adalah sebagai simbol harapan agar pasien cepat sembuh. 
  • Eropa. Maknanya cukup membuat masyarakat cemas dan khawatir. Sebab, bila bunga ini layu seketika saat ditatap, artinya pertanda akan datang kematian.
  • Perancis. Menjadi sebuah simbol harapan bagi masyarakat sekitarnya. 
  • China. Bunga ini menjadi simbol nasib yang baik. Nah, biasanya dilibatkan sebagai simbol resmi tahun baru China agar mampu memberikan energi positif. 

Di sisi lain, ada pula beberapa orang yang justru mengambil makna bunga ini berdasarkan warnanya. Ini penjelasannya:

  • Bunga dengan warna merah mudah. Jenis bunga ini melambangkan kebanggaan dan keunikan. Sayangnya, bunga ini sangat jarang ditemukan. 
  • Bunga dengan warna putih. Warna putih sangatlah identik dengan kesucian. Perlu diketahui, ada beberapa negara yang justru melarang memberikan bunga ini sebagai kado. Alasannya, dapat menimbulkan makna negatif, yakni keegoisan dan kesombongan. 
  • Bunga dengan warna kuning, menjadi momentum permulaan yang baru dan biasanya diberikan sebagai kado pernikahan bagi pengantin yang baru saja menikah.

Cara Menanam Bunga Daffodil

Berikut adalah tutorial penanaman bunga daffodil:

1. Mempersiapkan tanah

Tahukah kamu kalau bunga ini akan tumbuh dengan sangat baik di tempat teduh atau teduh sebagian loh. Bila terlalu panas ataupun teduh, justru dapat menghambat pertumbuhan bunga ini. 

Kedua, pastikan apakah tanahnya subur dan memiliki sistem drainase yang baik. Meski sebenarnya bunga ini dapat tumbuh diberbagai jenis tanah, tetapi menanam di tanah yang ideal (subur dan berdrainase yang baik) adalah hal yang sangat penting. 

Lalu, kapankah kita harus menanam bunga ini? Kamu bisa mulai membudidayaknnya saat musim gugur. Pastikan media tanam benar-benar sudah siap agar kamu bisa membeli umbi atau bibit bunga ini. 

2. Mulai menanam umbi daffodil

Untuk proses penanamannya, kamu bisa membuat parit dengan bentuk lurus dan panjang agar tanaman lebih rapi. Tanamlah masing-masing umbi di lubang yang berbeda. 

Namun, ketika menanamnya, pastikan ditanam sekitar 304 kali lebih dalam dari ukurannya, ya! Lalu, pastikan kalau tunasnya sudah menghadap ke bagian atas. 

Setelah itu, tutup umbi kembali dengan tanah galian dan jagalah agar area tanaman tetap lembab sepanjang masa pertumbuhannya, kira-kira 3 mingguan-an. 

3. Memberikan pupuk bila perlu

Jika kamu mendapati bunga ini tidak dapat tumbuh dengan semestinya, segera berikan pupuk tinggi kalium dan rendah nitrogen. 

Setelah bunganya tumbuh, mungkin kamu berkeinginan untuk menjual atau memajangnya sebagai hiasan di dalam rumah. Namun, pastikan tidak memotongnya terlalu banyak. Sebab, dapat merusak pertumbuhan umbi ke depannya. 

Kamu juga dilarang untuk memangkas dedaunan bunga ini sampai benar-benar mati. Dikhawatirkan, tindakan tersebut dapat mengganggu perkembangannya. 

4. Lindungi bunga dari hama/penyakit

Hama/penyakit bisa saja menyerang umbi sewaktu-waktu. Untuk itu, kamu perlu tahu bagaimana cara mengatasinya.

  • Bila muncul bintik kuning pada daun atau batang, segera buang tanaman yang terinfeksi dan gunakan air panas/mendidih. Kamu bisa masukkan umbi ke dalam
  • Adanya bagian yang busuk dengan jamur putih, lakukan penyemprotan dengan fungisida. 

Ada beberapa sumber yang mengklaim bahwa bunga ini dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan tradisional untuk membantu penyembuhan penyakit tertentu, seperti flu, batuk, pilek, hingga nyeri sendi. 

Namun, masih butuh penelitian lebih lanjut. Untuk itu, tidak disarankan untuk menggunakannya bila tidak ada anjuran khusus dari dokter yang menangani kondisimu saat ini. 

Sebab, diketahui hampir seluruh bagian dari tanaman daffodil ini beracun. Untuk itulah, mengoleskan hingga mengonsumsinya bisa memicu efek samping yang merugikan. 

Jadi, bila kamu tidak sengaja mengonsumsi bunga ini, segeralah untuk konsultasi dengan dokter terdekat, ya! Jangan tunda karena diketahui hampir semua bagian dari tanaman ini bersifat toksik.

Bila kamu sedang butuh rangkaian bunga yang cantik dan indah sebagai kado orang tersayang, bisa hubungi Athaya sebagai toko bunga pilihan dan tepercaya!

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • nira-rangkaian-bunga-pussy-willow-bunga-dari-athaya-yang-menambah-nuansa-tahun-baru-imlek-jadi-lebih-berkesan
    Nira

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.500.000.

  • lexi-bunga-box-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-mawar-casablanca-anggrek-cymbidium-baby-breath-balon-karakter
    Lexi

    Original price was: Rp 1.700.000.Current price is: Rp 1.500.000.

  • diandra-dekorasi-rumah-duka-dengan-rangkaian-bunga-tiga-warna-yang-dipilih-dari-bunga-segar-pilihan
    Paket Kedukaan Diandra

    Original price was: Rp 3.500.000.Current price is: Rp 3.200.000.

Produk Favorit