Mengenal Bunga Cornflower yang Cantik dan Cara Menanamnya

Tumbuh sebagai bunga yang sangat cantik dan unik, ternyata bunga cornflower termasuk tanaman liar yang kini hidupnya bahkan terancam akan punah. Ini terjadi akibat penggunaan herbisida yang berlebihan di ladang jagung Amerika Serikat dan Eropa.

Ciri-Ciri Bunga Cornflower

Bunga cornflower mulanya ditemukan di kawasan Eropa, tepatnya di tanaman gandum. Sedangkan, penamaan cornflower karena bunga ini banyak di tumbuh pada tanaman jagung.

Sebutan lain untuk bunga ini adalah tombol sarjana. Namun masih diketahui pasti, apa alasan penamaan bunga tersebut.

Bunga ini tumbuh dengan tinggi mencapai 30-80 cm dengan tunas yang tipis dan bercabang.

Tumbuh dengan warna biru yang sangat menyala membuat cornflower dapat membagikan kebahagiaan pada siapa pun. Namun, kini kamu juga sudah bisa menemukan cornflower dengan varietas warna yang lain. Mulai dari ungu, merah tua, merah muda, hingga putih

Tidak hanya bunga yang cantik, tetapi warna daunnya pun unik sebab berwarna abu-abu hijau. Dimana, warna ini cukup jarang ditemukan pada tanaman.

Di samping itu, bunga cornflower memiliki bau atau aroma yang sangat unik. Ini membuat serangga banyak hinggap pada bagian bunganya dalam membantu proses penyerbukan.

Arti & Makna Bunga Cornflower

Di bawah ini adalah beberapa makna dari bunga cornflower yang banyak diyakini oleh masyarakat, di antaranya:

1. Cinta dan kesetiaan

Beberapa budaya tertentu meyakini bahwa bunga ini dapat mengekspresikan rasa cinta kepada seseorang. Contohnya, dalam tradisi Eropa dimana ada seorang pria yang menggunakan bunga ini ketika menyatakan cinta pada kekasihnya.

2. Kecantikan dan kesederhanaan

Cornflower adalah simbol dari kecantikan dan kesederhanaan. Makna ini disimpulkan karena bentuk dari cornflower yang sangat elegan dan disertai warna biru yang juga menarik.

3. Keanggunan dan keabadian

Rupa cornflower yang tak ada tandingannya diklaim oleh masyarakat sebagai simbol keabadian dan keanggunan. Daya tariknya pun tidak hanya sebentar. Seseorang bisa betah lama-lama memandangnya, itu sebabnya disimbolkan sebagai keabadian.

4. Penghormatan dan penghargaan

Khususnya di Perancis, bunga ini dijadikan sebagai simbol penghargaan dan penghormatan bagi veteran perang. Ini merupakan sebagai bentuk pengingat betapa besarnya perjuangan mereka dahulu kala.

5. Harapan dan ketenangan

Bukan tanpa makna, warna biru cerah yang dikeluarkan oleh bunga ini menandakan adanya harapan dan ketenangan. Banyak juga yang menganggapnya sebagai simbol kedamaian dan optimisme.

Bunga Cornflower Bermanfaat untuk Kulit

Tak disangka-sangka, bunga yang terkenal akan kecantikannya ini juga dapat memberikan manfaat loh bagi orang banyak, terutama dari segi kesehatan kulit. Berikut manfaat bunga cornflower untuk kesehatan kulit.

1. Mengencangkan kulit area mata

Seiring bertambahnya usia, pastinya tanda-tanda penuaan sudah mulai bermunculan. Mulai dari kulit yang keriput hingga bintik hitam. Namun, untuk masalah kulit keriput di sekitar mata, perawatan bisa dilakukan dengan ekstrak bunga ini. Dengan demikian, kulit sekitar mata kembali kencang dan tidak keriput lagi.

2. Merawat kulit yang sensitif

Tidak sembarang zat aktif cocok untuk kulit sensitif. Nah, ekstrak cornflower ini justru dapat memberikan rasa nyaman dan tenang pada kulit. Jadi, bunga ini dapat digunakan sebagai pembersih wajah khusus kulit sensitif.

3. Menenangkan kulit yang iritasi

Saat iritasi, kulit akan memerah dan meradang. Rasa sakit yang dirasakan bahkan kadang bikin kita ikut terganggu. Untuk menenangkannya, cobalah memakai ekstrak cornflower ini.
Penggunaannya sudah sering digunakan sebagai penenang kulit yang iritasi.

Perlu disimak, beberapa manfaat di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Jadi, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter kulit sebelum memutuskan untuk memakai ekstra bunga ini ya!

Cara Menanam Bunga Cornflower

Merawat bunga cornflower  dapat mempercantik halaman rumah. Nah, berikut cara menanam bunga cornflower yang sangat mudah dan sederhana:

1. Memilih lokasi yang tepat

Adapun tempat pertumbuhan yang cocok untuk bunga ini yaitu tempat dengan sinar matahari penuh atau sebagian. Sebab, di tempat teduh justru dapat menghambat pertumbuhannya.

Nah, dengan menempatkannya di bawah sinar matahari langsung, bunga akan tumbuh dan berkembang dengan subur. Sehingga, dapat menghasilkan bunga yang sangat banyak dengan warna cerah.

2. Mempersiapkan tanah

Soal media tanam, kamu bisa menggunakan tanah dengan drainase yang cukup baik. Ketika bunga ini tumbuh di atas media tanam yang buruk, justru dapat menghambat pertumbuhannya.

Namun, bila kamu tidak mempunyai opsi lain, sehingga terpaksa harus menanamnya di atas tanah tersebut, ada tips penting nih yang wajib kamu tahu. Tipsnya, tambahkan pasir atau kompos untuk meningkatkan drainase tanah tersebut.

3. Mulai menanam benih

Sudah menyiapkan benih bunga cornflower? Kamu bisa membelinya di toko online atau toko bunga terdekat. Pastikan kamu meminta rekomendasi benih terbaik dan berkualitas, ya!

Untuk proses tanam benih, kamu bisa memilih untuk menanamnya langsung di taman atau pot tanaman. Pastikan saat menanam benih kamu memberikan jarak masing-masingnya sekitar 1-3 cm.

4. Lakukan penyiraman pada tanaman

Untuk membuat bunga cornflower tumbuh dengan subur dan cantik, ada sederet perawatan yang perlu kamu lakukan. Salah satunya, menyiram tanaman.

Menyiram tanaman akan mendukung kesuburan tanaman. Apalagi, bila musim sedang kering. Tentu, tanaman ini harus tumbuh di atas tanah yang lembab tapi tidak terlalu basah. Jangan lupa untuk memberikan pupuk tanaman hias agar tanaman makin tumbuh subur.

5. Pangkas bagian tanaman yang mati, rusak, dan layu

Jika kamu masih membiarkan bagian tanaman tetap berada di sana, maka ini bisa berpotensi mengganggu pertumbuhan tanaman sekitarnya loh.

Dengan melakukan pemangkasan bunga secara teratur, maka dapat mempercepat proses tanaman untuk berbunga dan berkembang. Selain itu, apabila kamu sudah melihat tanaman terlalu padat dan ramai, pangkaslah beberapa batang atau daun. Tahapan ini sangat penting agar tanaman masih mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

6. Perhatikan tanda-tanda tanaman terjangkit hama

Seperti apa sih sebenarnya tanda-tanda tanaman sudah terjangkit hama atau penyakit? Nah, kamu bisa melihat adanya bagian daun yang sudah layu atau menguning. Untuk itu, kamu perlu melakukan pengendalian yang tepat.

Misalnya, memangkas daun yang sudah terinfeksi. Kemudian, ditambah dengan pemberian insektisida organik. Meski insektisida sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman, janganlah menggunakannya secara berlebihan.

Itulah informasi seputar bunga cornflower yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Apakah kamu sedang butuh buket bunga atau produk bunga lainnya seperti papan bunga hingga dekorasi untuk momen penting? Jangan lupa kunjungi Athaya Florist yang telah dipercaya sebagai toko bunga & florist terbaik selama bertahun-tahun!

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • kayla-krans-bunga-duka-cita-dari-athaya-yang-dipersembahkan-sebagai-wujud-penghormatan-terakhir
    Kayla

    Original price was: Rp 1.700.000.Current price is: Rp 1.500.000.

  • paradini-parcel-snack-natal-dari-athaya-yang-terdiri-dari-ferero-rocher-t24-6-pcs-gelas-6-pcs-tatakan-j&w-sparkling-pocky-zyluc-nabati-butter-cookies-assorted-grass-jelly-florence-sandwich-crac
    Paradini

    Original price was: Rp 3.200.000.Current price is: Rp 3.000.000.

  • lauren-bunga-box-dari-athaya-bertema-cinta-dengan-rangkaian-bunga-mawar-berwarna-merah-muda-dan-5-cokelat-ferrero
    Laila

    Original price was: Rp 1.000.000.Current price is: Rp 900.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja