Mengenal Bunga Asoka yang Berasal dari India

Rasanya, hampir setiap rumah kini memiliki tanaman hias satu ini. Yap, bunga asoka termasuk tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah. Di samping itu, warna merahnya juga bisa menghidupkan suasana menjadi lebih tentram dan nyaman. Bicara soal bunga asoka, bagaimana sih cara menanam bunga asoka di rumah?

Asal Bunga Asoka

Tahukah kamu tentang trend transisi asoka yang sedang viral di platform media sosial Tiktok akhir-akhir ini? Nah, ternyata bunga ini juga berasal dari India loh.

Penamaan asoka sendiri diambil dari bahasa sansekerta yang berarti bebas dari kesedihan. Yap, siapapun yang memandang bunga ini dapat membuat perasaannya menjadi bahagia kembali.

Di India sendiri, bunga ini disebut sebagai bunga nasional. Tentu, ada banyak sekali cerita yang mengaitkan bunga ini dengan kisah-kisah masyarakat India, terutama kisah-kisah dari raja besar.

Salah satu mitos yang banyak dipercayai masyarakat India yakni hubungan bunga ini dengan seorang Ratu Maya, Ibu Siddharta Gautama.

Jadi, saat Ratu Maya sedang mengandung bayinya, ia pergi ke Taman Lumbini lalu berhenti di pohon asoka untuk beristirahat sejenak. Lalu anaknya ternyata lahir di waktu yang sama. Menariknya, bunga ini mekar dengan sangat indah seolah-olah sedang merayakan hari lahir dari bayi Ratu Maya tersebut.

Ciri-Ciri Tanaman Asoka

Bunga asoka adalah tanaman yang berasal dari genus Saraca dan termasuk ke dalam famili Fabaceae. Keindahan dari tanaman ini sangatlah khas, yakni adanya kelopak bunga berwarna merah muda hingga orange cerah dengan bentuk daun yang cukup lebar. Tentu, akan sangat mudah bagi siapapun dalam membedakannya dengan bunga yang lain.

Bagian kelopak bunga, biasanya berjumlah 5-6 helai. Untuk warnanya sendiri, cenderung mencolok dengan warna merah muda atau orange cerah. Tetapi, di beberapa tempat, juga dijumpai kelopak bunga berwarna merah atau kuning.

Jika kamu melihat banyak sekali kupu-kupu yang hinggap di bunga ini, tidak perlu kaget ya! Sebab, bunga ini memang mempunyai banyak nektar. Hal ini membuatnya mudah dihinggapi oleh kupu-kupu dan lebah. Jenis kupu-kupu yang biasanya dari spesies Papilio demoleus dan Papilio memnon.

Makna Bunga Asoka bagi Kehidupan

Setiap bunga memiliki makna dan arti bagi kehidupan manusia, termasuk bunga ini. Bagi masyarakat India, bunga asoka mengisi sebuah tempat yang sangat istimewa, terutama dalam berbagai ritual keagamaan di India.

Bunga ini juga dilambangkan sebagai simbol kebahagiaan, keberuntungan, dan kesuburan. Selain itu, dalam tradisi lainnya, ada juga yang menganggap bunga asoka sebagai bentuk perlindungan spiritual yang dapat membawa keberkahan pada siapapun yang menggunakannya.

Adakah Manfaat Bunga Asoka untuk Tanaman?

Adapun salah satu alasan kenapa kamu harus memiliki bunga ini di rumah yakni karena bunga ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Di antaranya:

1. Membantu mengobati gangguan menstruasi

Gangguan menstruasi seperti nyeri haid, kejang uterus, hingga sakit perut melilit dapat dibantu dengan menggunakan tanaman asoka ini. Namun, bagian yang digunakan adalah kulit pohon asoka yang bisa bantu ringankan gejalanya.

Selain itu, kulit pohon asoka juga diketahui mempunyai efek estrogenik. Estrogenik, berarti terdapat senyawa pada kulit pohon yang memiliki mekanisme kerja mirip seperti hormon estrogen dalam tubuh. Tetapi, ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

2. Membantu meringankan nyeri haid

Ekstrak dari pohon asoka ternyata diketahui mempunyai sifat analgesik, sehingga dapat membantu meringankan rasa sakit saat nyeri haid. Sebenarnya, tanaman ini pun sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional dalam mengatasi nyeri haid, terutama di beberapa negara di Asia Selatan.

3. Sebagai antiradang

Potensi antiinflamasi yang dimiliki oleh tanaman sangat membantu mengobati peradangan pada bagian tertentu. Nah, aktivitas tersebut bisa ditemukan salah satunya dari ekstrak bunga asoka.

4. Menjaga kesehatan kulit tubuh

Masyarakat Asia Selatan cukup banyak memanfaatkan bunga asoka sebagai pengobatan tradisional dalam masalah kulit. Contohnya, jerawat, dermatitis, hingga psoriasis. Tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Cara Menanam Bunga Asoka

Kini kamu juga bisa kok mencoba menanam bunga asoka di halaman rumah. Begini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Menyiapkan bibit tanaman

Pertama, hal yang perlu dilakukan dulu yakni menyiapkan bibit tanaman. Oh ya, Kamu bisa pilih cara tanam bunga asoka dengan dicangkok atau stek. Namun, penyiapan bibit tanaman hingga cara perawatannya pun harus berbeda. Untuk tahu, pastikan tahu dulu ya cara mana yang kamu inginkan.

2. Penyemaian

Proses penyemaian tanaman adalah tahapan penting yang harus dilakukan agar bunga asoka nantinya dapat tumbuh dengan sehat dan besar. Caranya, siapkan tanah yang gembur, pupuk kandang, serta polybag.

3. Proses penanaman

Jika semua tahapan di atas sudah selesai, kamu bisa mulai menanam bunga asoka. Inilah saat yang paling ditunggu-tunggu.

Cukup mudah, karena kamu bisa menanamnya secara langsung di atas lahan yang subur. Namun, sebelum itu, pastikan kamu sudah membuat lubang tanah yang telah diisi pupuk kandang.

Mungkin banyak yang bertanya, apakah ada waktu terbaik untuk menanam bunga asoka? Tentu saja, direkomendasikan untuk melakukannya di pagi atau sore hari ya!

4. Proses perawatan

Proses perawatan bunga asoka dapat dilakukan dengan cara penyiraman tanaman secara rutin. Lalu, dilanjutkan dengan pemberian pupuk kandang pada tanaman ketika akan dipindahkan ke dalam lubang tanam.

Jika perlu, kamu mungkin perlu melakukan penyiangan untuk menghilangkan hama dan gulma di bagian tanaman. Penyiraman dan pemberian pupuk adalah dua perawatan penting yang tidak boleh dilewatkan ya!

5. Proses berbunga

Kira-kira kapan ya, bunga asoka akan mulai berbunga? Nah, biasanya bunga ini mulai berbunga ketika musim hujan datang. Nantinya, bunga akan mengeluarkan aroma yang sangat harum dengan warna yang cantik dan menawan.

Sangat mudah kan penanaman bunga asoka? Yap, apalagi prosesnya tidak memakan waktu yang lama. Dalam beberapa langkah saja, kamu sudah bisa menciptakan halaman rumah yang cantik dan indah. Jadi makin betah deh lama-lama nongkrong di teras rumah, benar kan?

Ngomong-ngomong soal bunga, apakah kamu sedang mencari buket bunga atau karangan bunga untuk seseorang yang dicintai, kerabat, teman, sahabat, orang tua, dan sebagainya?

Jangan ragu untuk menghubungi Athaya Florist di athaya.co.id ya! Kami menyediakan layanan bunga yang sangat beragam dan berkualitas.

Apa sajakah? Mulai dari papan bunga, bunga krans, buket bunga, karangan bunga, bunga meja, stand flower, hampers, parcel, hingga layanan dekorasi yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan kamu loh.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • kayla-krans-bunga-duka-cita-dari-athaya-yang-dipersembahkan-sebagai-wujud-penghormatan-terakhir
    Kayla

    Original price was: Rp 1.700.000.Current price is: Rp 1.500.000.

  • paradini-parcel-snack-natal-dari-athaya-yang-terdiri-dari-ferero-rocher-t24-6-pcs-gelas-6-pcs-tatakan-j&w-sparkling-pocky-zyluc-nabati-butter-cookies-assorted-grass-jelly-florence-sandwich-crac
    Paradini

    Original price was: Rp 3.200.000.Current price is: Rp 3.000.000.

  • lauren-bunga-box-dari-athaya-bertema-cinta-dengan-rangkaian-bunga-mawar-berwarna-merah-muda-dan-5-cokelat-ferrero
    Laila

    Original price was: Rp 1.000.000.Current price is: Rp 900.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja