Bunga Akasia

Siapa sih yang masih tidak tahu dengan bunga akasia, salah satu tanaman hias populer yang hampir dijumpai di setiap rumah? Ternyata, bukan tanpa alasan loh mereka menanam bunga ini di rumahnya, melainkan bunga akasia memiliki makna tersendiri.

Mengenal Tanaman Akasia

Bunga dengan nama latin Acacia mangium merupakan tanaman berjenis semak-semak. Asal tanaman cantik ini adalah dari daerah Afrika dan pertama kali diidentifikasi oleh seorang ahli botani, yakni Carl Linnaeus pada tahun 1773.

Bunga akasia sendiri memiliki pohon yang cukup besar dan bahkan ketinggiannya mencapai 30 meter. Namun, setelah itu, penyebarannya makin meluas hingga Malaysia Barat, Filipina, dan Indonesia. Nah, di Indonesia, paling banyak ditemukan di wilayah Maluku dan Papua.

Tanaman akasia termasuk jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh di berbagai kondisi dan tempat. Itu sebabnya, ketika kamu menanam bunga akasia, pun tidak terlalu memerlukan perawatan khusus.

Bunga akasia memiliki jumlah bunga yang cukup banyak, mulai dari warna krem hingga putih. Dari jauh, susunan bunga tersebut akan tampak seperti paku. Namun, kalau sudah mekar, wah cantik banget karena bentuk bunganya mirip seperti sikat botol.

Jenis-Jenis Bunga Akasia

Saat ini, tercatat ada 1000 lebih spesies akasia yang tersebar di berbagai negara. Berikut beberapa jenis tanaman akasia yang sering diperbincangkan:

  • Akasia putih (mimosa putih), bunga ini berasal dari Australia dengan warna bunga kuning cerah. Aromanya pun sangat wangi.
  • Akasia pohon jerapah. Bunga ini memiliki bentuk layaknya pohon jerapah dengan daun yang tinggi dan sangat jauh di atas tanah. Nah, akasia pohon jerapah sendiri biasanya menjadi sumber makanan utama jerapah di daerah Afrika.
  • Akasia senegal (gum arabic tree). Bagian getah dari tanaman ini banyak dimanfaatkan dalam industri farmasi maupun makanan.
  • Akasia hitam, bunga akasia yang berasal dari Australia. Karena tekstur kayunya yang sangat keras, maka banyak dimanfaatkan dalam pembuatan alat musik dan furniture rumah tangga lainnya.
  • Akasia emas, merupakan tanaman asli dari Australia. Bunga ini memiliki warna kuning emas dengan ukuran yang cukup besar. Uniknya, bunga ini ternyata kini menjadi bunga nasionalnya Australia loh.
  • Akasia umbrella, berasal dari Afrika. Bunga ini tumbuh subur di savana dan padang pasir. Ciri khas dari tanaman ini adalah bentuk payungnya yang begitu unik, itulah kenapa disebut sebagai akasia umbrella.
  • Akasia robinia, tumbuh dengan bunga berwarna putih dan aroma yang sangat manis.
  • Akasia arab. Asal bunga ini dari wilayah Timur Tengah dan Asia Selatan. Tanaman ini seringkali dimanfaatkan masyarakat sebagai pengobatan tradisional (bagian kulitnya).

Arti & Makna Bunga Akasia

Dari banyaknya makna yang dipercaya oleh masyarakat setempat, berikut adalah simbolisme umum yang sering dikaitkan dengan akasia:

1. Kecantikan dan kesederhanaan

Dengan ukuran kelopak bunga yang cukup kecil dan sederhana, maka bunga ini menyimbolkan kesederhanaan. Meski dengan ukuran yang kecil dan bentuk sederhana, tetapi nyatanya bunga ini tetap menawan untuk dipandang.

Hal ini membuat masyarakat percaya bahwa kecantikan pun tidak harus terletak pada sesuatu yang megah atau mencolok, melainkan dari kerendahan hati dan kesederhanaan.

2. Kesabaran

Tak lekang oleh waktu, tanaman akasia pun masih tetap berkembang dan bertumbuh dengan sangat subur meski lingkungannya keras dan kering, terutama seperti di daerah gurun.

Yap, tak salah lagi, ini memang karena bunga akasia sendiri memiliki kemampuan dan kekuatan untuk bertahan di bawah tekanan lingkungan yang begitu ekstrim.

Dengan sifat bunga akasia inilah dianggap dapat menginspirasi manusia bahwa harus tetap bersabar dan tegar ketika menghadapi cobaan yang datang bertubi-tubi dalam kehidupan.

3. Persahabatan dan persatuan

Bunga akasia juga diakui sebagai simbol dari persatuan dan persahabatan dalam beberapa budaya. Tahu kenapa alasannya? Karena bunga ini mempunyai banyak bunga kecil yang hidup dalam satu tangkai dan menciptakan satu kesatuan yang kuat hingga memberikan keindahan bagi bunga akasia.

Berdasarkan hal tersebut, didapatkanlah sebuah filosofi bahwa dukungan satu sama lain dan kerjasama itu sangatlah penting agar kita selalu bisa bersatu.

4. Kebersihan dan kesucian

Bunga akasia memiliki warna putih yang sangat bersih dan terkesan sangat natural. Ini dilambangkan sebagai simbol kesucian dan kebersihan.

Dari warna bunga ini, maka terbitlah sebuah filosofi bahwa adanya bunga ini mendorong kita untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan jiwa. Tidak hanya tubuh, alam sekitar pun harusnya dirawat.

5. Kebangkitan dan kehidupan baru

Terakhir, akasia juga merupakan simbolisme dari kebangkitan dan kehidupan baru. Lahirnya simbolisme tersebut karena pohon akasia memiliki kemampuan untuk tumbuh kembali meski setelah ditebang atau melewati musim kering.

Hal ini menandakan bahwa akan selalu ada kesempatan baru dalam hidup selagi kita mau berusaha untuk tumbuh dan berkembang.

Berbagai Manfaat Bunga Akasia

1. Sebagai tanaman hias

Pertama, tentu saja bunga akasia banyak sekali dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Dengan bentuknya yang cantik dan berwarna cerah, tentu tanaman hias ini menjadi idaman para ibu-ibu rumah tangga.

2. Mencegah erosi tanah

Beberapa spesies akasia yang tumbuh di padang pasir atau daerah gersang memiliki akar yang dalam. Nah, akar ini dapat membantu mencegah erosi tanah. Tidak hanya itu, akasia tersebut pun dapat meningkatkan kualitas tanah.

3. Pembuatan perabotan

Spesies akasia tertentu seperti akasia koa dan akasia hitam memiluku kayu yang keras. Teksturnya yang keras tersebut pun bernilai ekonomi yang sangat tinggi. Pasalnya, dapat dimanfaatkan dalam pembuatan perabotan dan beberapa produk kayu lainnya.

4. Manfaat pangan

Bunga akasia juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan masakan. Manfaat pangan ini pun biasanya didapatkan dari beberapa spesies akasia tertentu oleh masyarakat setempat.

Tetapi, pastikan untuk mencari tahu lebih lanjut dulu ya tentang spesies akasia tersebut. Sebab, tidak semua spesies akasia bisa dijadikan sebagai bahan pangan.

Itulah berbagai manfaat bunga akasia bagi masyarakat. Dengan manfaatnya yang beragam bahkan bisa dijadikan sebagai bisnis, apakah kamu tertarik untuk menanam tanaman ini di rumah?

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • aurora-papan-bunga-duka-cita-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-tiga-jambul-diatas-dan-satu-jambul-di-bawah
    Aurora

    Original price was: Rp 1.200.000.Current price is: Rp 1.000.000.

  • shanaya-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-dengan-karangan-bunga-berbentuk-unik-dari-kombinasi-bunga-segar-pilihan
    Shanaya

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.600.000.

  • utami-bunga-papan-congratulations-dari-athaya-dengan-tulisan-happy-birthday-62-tahun
    Utami

    Original price was: Rp 2.000.000.Current price is: Rp 1.800.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja