Mall-Termewah-di-Surabaya

Selain di Jakarta, Anda juga bisa menemukan mall termewah di Surabaya. Sejumlah rekor bahkan dibuat oleh beberapa mall mewah di Surabaya ini.

Mau tahu selengkapnya? Baca ringkasan berikut!

1. Pakuwon Mall

Lokasi: Jl. Puncak Indah Lontar No. 2, Surabaya

Sebelum disebut Pakuwon Mall, pusat perbelanjaan ini bernama Supermall Pakuwon Indah. Pergantian nama ini terjadi karena ada perluasan skala besar di mall ini pada tahun 2017. Oleh sebab itu, area ini menjadi Pakuwon Mall Superblok dengan luas 30 hektare yang mana 18 hektare merupakan area mall, sedangkan sisanya terdiri dari convention center, apartemen, hotel, dan exhibition hall.

Dengan ukuran tersebut, Pakuwon Mall telah menjadi mall terbesar di Indonesia. Renovasi baru yang super mewah ini dibuat oleh DP Architect Singapore yang menggunakan material berkualitas seperti marmer dan granit. Mall ini terbagi menjadi beberapa area yaitu 1 lantai exhibition hall, 3 lantai basement, dan 6 lantai mall.

Sejumlah tenant ternama yang bernaung di mall ini adalah Sogo, H&M, Lotte Mart, Cinema XXI, dan Hush Puppies. Pakuwon Mall juga memiliki food court terbesar di Surabaya dengan berbagai pilihan kuliner lokal dan internasional. Eventevent menarik dan spesial juga sering diadakan di sini mulai dari meeting, pameran, sampai pernikahan.

2. Tunjungan Plaza

Lokasi: Jl. Jenderal Basuki Rachmat No. 8-12, Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Surabaya

Saat ini Tunjungan Plaza (TP) menempati posisi kedua sebagai mall terbesar kedua di Indonesia dengan luas 175.000 m2. Meskipun posisinya sudah digeser oleh Pakuwon Mall, Tunjungan Plaza masih menjadi salah satu mall favorit warga Surabaya.

Tunjungan Plaza mengalami perluasan beberapa kali dari TP 1 (1986) sampai TP 6 (2017). Pengunjung yang baru pertama kali ke sini bisa tersesat dan sulit mencari jalan keluar. Tidak hanya luas, mall ini juga padat dengan tenant dan bisa sangat ramai di akhir pekan.

Tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta, sejumlah brand ternama bisa ditemukan di sini seperti, Levi’s, Marks & Spencer, Adidas, dsb. Bagaikan kota “mini”, pengunjung bisa menghabiskan waktu seharian di sini mulai dari belanja, makan, sampai menonton pertunjukan.

3. Galaxy Mall

Lokasi: Jl. Dharmahusada Indah Timur No. 35-37, Mulyorejo, Surabaya

Galaxy Mall (GM) dibuka pertama kali pada tahun 1996 yang kemudian diperluas sehingga sekarang terdiri dari Galaxy Mall 1, 2, dan 3. Mall ini menjadi tujuan belanja bagi warga Surabaya yang tinggal di bagian timur.

GM 2 mulai beroperasi pada tahun 2016 dan terhubung dengan GM 1. Sementara itu, GM 3 yang berada di seberang GM 1 dan GM 2 ditambahkan pada tahun 2013. Mengingat traffic Jalan Kertajaya yang padat dan ramai, maka dibangunlah jembatan penyeberangan yang dilengkapi dengan lift untuk menghubungkan kompleks mall ini.

Pengunjung bisa berbelanja berbagai kebutuhan mulai dari pakaian, furnitur, aksesori, peralatan elektronik, sampai perabotan rumah tangga. Desain interior yang elegan didukung dengan tenanttenant terkenal seperti Frank & Co., Polo, Charles & Keith, dan Burger King. Lokasinya yang dekat dengan perumahan elite juga membuat tempat ini banyak dikunjungi orang kaya.

4. Ciputra World Surabaya

Lokasi: Jl. Mayjen Sungkono No. 89, Gunung Sari, Dukuh Pakis, Surabaya

Mall ini dibangun di area superblock seluas 9 hektare. Sejak diresmikan tahun 2011, mall Ciputra sudah menerapkan energy efficient building. Salah satu contohnya adalah full recycle water dan penggunaan genset gas untuk menyuplai energi.

Dibandingkan mall mewah lain di Surabaya, di sini jumlah pengunjung tidak terlalu padat apalagi di hari kerja. Daya tarik lain dari mall ini adalah IKEA Indonesia yang merupakan gerai resmi pertama di Jawa Timur. Brand produk rumah tangga ini memang sudah terkenal dengan kualitasnya.

Pada perayaan Imlek tahun 2024 ini, pihak mall telah menampilkan dekorasi imlek yang memukau. Beragam ornamen naga kayu dan Fortune Dragon sepanjang 7 meter menjadi objek foto menarik bagi pengunjung. Pengunjung bisa mengirimkan foto ke Dragon Year Contest dan berkesempatan menerima angpau dari pihak pengelola mall.

5. Grand City Surabaya

Lokasi: Jl. Walikota Mustajab No. 1 Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya

Grand City Surabaya terdiri dari delapan lantai dan diresmikan pada tahun 2010. Pengunjung juga bisa ke Grand City Convention and Exhibition Hall yang bersebelahan dengan mall. Lokasi mall yang berada kawasan Gubeng membuat banyak warga Surabaya menyebutnya sebagai Gubeng City Mall.

Jika ingin belanja pakaian, elektronik, atau kosmetik, di sini sudah ada brand lokal dan internasional. Untuk melepas penat, pengunjung bisa pergi ke bioskop atau bermain di arena bowling atau gelanggang seluncur es. Bagi yang sudah lapar, berbagai macam restoran mulai dari kafe, toko roti, fast food, sampai fine dining bisa ditemukan di mall ini.

Sejumlah event besar juga rajin diadakan di Grand City Surabaya misalnya festival budaya, live music, bahkan fashion show. Ini adalah salah satu alasan mengapa orang datang ke tempat ini. Sebagai tambahan informasi, anak Gubernur Jawa Timur Soekarwo (2009-2019) menikah di sini juga loh.

6. Trans Icon Mall Surabaya

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No. 260, Siwalankerto, Wonocolo, Surabaya

Di tengah banyaknya pusat perbelanjaan di Surabaya, Trans Icon Mall Surabaya akhirnya dibuka pada tahun 2022 lalu. Mall berlantai empat ini adalah bagian dari jaringan mall terbesar di Indonesia yaitu Trans Shopping Mall Group Ct Corpora. Lokasi mall terbilang strategis karena terletak di tengah kawasan komersial dan dekat dengan pintu tol.

Lalu apa yang membuat Trans Icon Mall Surabaya berbeda? Pertama, ada Female Daily yang merupakan platform kecantikan terbesar di Indonesia. Female Daily Studio ini terbuka bagi semua pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berbelanja produk kecantikan di area seluas 1300 m2.

Kedua, hadirnya wahana hiburan baru yaitu Trans Snow World Surabaya. Berbagai permainan seru bertema es dan salju bisa dilakukan menggunakan ski, kereta luncur (sledge), atau snow tube (semacam ban besar). Pengunjung yang sedang tidak ingin bermain bisa menikmati dekorasi bunga Sakura, pemandangan Gunung Fuji, dan rumah khas Jepang dalam hawa dingin yang kontras dengan teriknya kota Surabaya.

7. Lagoon Avenue Mall Sungkono

Lokasi: Jl. Kh Abdul Wahab Saimin Kav. 9-10, Dukuh Pakis, Surabaya

Akibat pandemi Covid-19 pembukaan mall ini sempat tertunda, tetapi akhirnya dibuka pada bulan Desember 2020. Mall ini memang terletak di bagian barat Surabaya, tetapi warga Surabaya dari bagian kota lain bisa mampir ke sini.

Meski tergolong sebagai mall “kecil” (3 lantai), rancangan mall ini cukup unik karena terinspirasi dari alam. Skylight roof sengaja dipasang untuk menghadirkan suasana outdoor di dalam mall. Di samping itu, masih ada kafe terapung dengan pemandangan laguna dan area bersantap ala “alfresco” di bagian lain mall.

Catatan

Itulah deretan mall termewah di Surabaya yang bisa dikunjungi untuk merasakan pengalaman berbelanja yang eksklusif dan istimewa tanpa harus ke luar negeri. Dilansir dari situs propertiindonesia.co.id, masih ada mall baru yang akan dibuka pada tahun 2024-2025. Dengan kata lain, jumlah mall termewah di Surabaya bisa bertambah.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • bridgette-buket-bunga-dari-athaya-yang-dirangkai-dengan-bunga-segar-dan-pilihan
    Bridgette

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.500.000.

  • felicia-bunga-papan-paper-flower-dari-athaya-dengan-ucapan-yang-dapat-disesuaikan-dengan-permintaan
    Felicia

    Original price was: Rp 1.000.000.Current price is: Rp 850.000.

  • navea-bunga-meja-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-mawar-anggrek-bulan-snap-dragon-baby-breath
    Navea

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.500.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet