Mall-Termewah-di-Malang

Setelah berwisata atau bekerja, enaknya pergi ke mall termewah di Malang. Memangnya di Malang ada mall mewah? Jawabannya iya, tetapi dengan standar yang berbeda.

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel ini.

Sekilas Malang

Malang dikenal sebagai Kota Pendidikan, Kota Bunga, dan Kota Wisata dengan berbagai spot menarik. Anda mungkin berpikir bahwa kota terbesar kedua di Jatim ini pasti punya fasilitas mewah seperti Surabaya. Namun, hal ini tidak terlalu tepat.

Mall mewah yang akan dibahas berikut ini tidak akan semegah dan seluas mall di Jakarta dan Surabaya. Akan tetapi, menurut standar orang Malang, beberapa mall yang ada sudah bisa dibilang lumayan mewah. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari desain bangunan sampai deretan gerai dari brand ternama yang menjual produk-produk mahal.

Selain itu, biasanya ada berbagai pilihan sehingga meski mall-nya mewah, pengunjung masih bisa menikmati fasilitas yang ada. Harap maklum karena di sini para crazy rich tidak sebanyak di kota-kota lain.

1. Mall Olympic Garden (MOG)

Lokasi: Jl. Kawi No. 24, Kauman, Kec. Klojen, Malang

Mall Olympic Garden atau disingkat MOG adalah salah satu mall yang ramai dikunjungi warga Malang karena letaknya strategis di tengah kota. Mall yang terdiri dari empat lantai ini termasuk mall besar di Malang. Tepat di belakang mall ada Stadion Gayajana, dan di sekitar Jalan Kawi ada RS Hermina, bank, hotel, sekolah, kafe, dan fasilitas lain.

Sejak dibuka tahun 2008, mall ini terus melayani pengunjung dengan konsep family mall-nya. Di sini tersedia tempat parkir indoor (basement) dan outdoor, area bermain anak, bioskop,  food court, dan toko-toko fashion.

Yang membuat mall ini terbilang mewah adalah beberapa tenant fashion dan kuliner yang jarang ditemui atau tidak ada di Malang. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

  • Fashion, sport, aksesori: Executive, Levi’s, Eiger, Carolina Watch, dll.
  • Perabotan rumah tangga dan elektronik: Ace Hardware, Informa
  • Produk kecantikan dan perawatan: Sociolla, The Body Shop
  • Kuliner: Pan & Co, Kimukatsu, Pepper Lunch, Sushi Tei

Sejumlah tenant masih terbilang baru terutama untuk kuliner. Akan tetapi, warga Malang cukup antusias karena penasaran dengan hal yang baru.

2. Transmart MX Mall Malang

Lokasi: Jl. Veteran No. 8, Penanggungan, Klojen, Malang

Sebelum menjadi mewah seperti sekarang, mall ini bernama MX Mall. Pada waktu itu di MX Mall hanya berisi sedikit tenant dan hanya terdiri dari dua lantai. Setelah dipugar, mall ini kembali exist pada tahun 2019 dengan konsep 5 in 1 yang terdiri dari belanja, bermain, makan, nonton, dan staycation.

Pembagian lantai mall

Persis di belakang mall ada hotel Transmart MX Mall. Jadi, wisatawan bisa belanja sekaligus menginap selama berada di Kota Malang.

  • Lantai dasar

Di lantai dasar, pengunjung akan disambut dengan area makan dan minum yang menggugah selera. Makanan lokal dan internasional bisa dipilih, begitu juga dengan aneka camilan, roti, dan minuman.

  • Lantai 1

Kemudian, pengunjung bisa berbelanja di department store yang terletak di lantai satu. Berbagai kebutuhan sehari bisa dibeli termasuk fresh food (makanan segar) yang berkualitas seperti daging, buah, dan sayur.

  • Lantai 2 dan 3

Bagi para penyuka fashion, lantai dua mall bisa menjadi area favorit. Kebutuhan fashion wanita, pria, dan anak bisa dipilih dari beberapa brand lokal dan luar negeri. Sementara itu, khusus untuk perabot dan peralatan rumah tangga, pengunjung bisa lanjut ke lantai 3 dengan Trans Living-nya.

  • Lantai 4

Mengunjungi Trans Studio Mini di sini bisa menjadi solusi alternatif daripada ke Trans Studio Bandung. Pengunjung yang ingin memacu adrenalin bisa naik Craz Crab Roaster. Sebaliknya, jika ingin bersantai bisa memilih wahana yang lebih “ramah” misalnya mesin capit.

  • Lantai 5

Di puncak tertinggi mall, pengunjung akan menemukan gerai bioskop XXI. Sambil menunggu filmnya dimulai, Anda bisa membeli minuman dan makanan ringan yang tersedia di area bioskop.

3. Plaza Araya

Lokasi: Jl. Blimbing Indah Megah No. 2 Purwodadi, Kec. Blimbing, Malang

Mall dua lantai yang berdiri di atas lahan 6500 m2 ini adalah milik PT. Araya Bumi Megah. Letaknya memang tidak di pusat kota, tetapi dekat dengan Terminal Arjosari dan jalan tol. Meskipun terbilang kecil untuk ukuran mall, ada alasan mengapa Plaza Araya masuk dalam daftar mall termewah di Malang.

Kawasan Araya

Araya adalah Kawasan perumahan elite di kota Malang yang dihuni ribuan kepala keluarga. Sejumlah fasilitas telah dibangun dan ditambahkan sehingga Araya menjadi kawasan yang eksklusif. One gate system menjamin kawasan Araya aman dari tindak kejahatan.

Para penghuni Araya dan penduduk sekitar dimanjakan dengan berbagai kemudahan seperti lapangan golf, Binus University, dan akses Tol Malang-Surabaya. Tidak jauh dari Araya juga ada Persada Hospital, Grand Cakra Hotel, restoran, dan kafe ternama.

Pengunjung elite

Plaza Araya menjadi tujuan belanja dan nongkrong penghuni perumahan Araya karena lokasinya dekat. Di dalam mall, pengunjung bisa menonton di Bioskop XXI dan belanja perabotan rumah di Selma. Sementara itu, di teras mall ada Burger King dan coffee shop untuk mengatasi rasa lapar dan haus.

4. Elpico Mall

Lokasi: Ruko Elpico No. 10. Kunci, Kalisongo, Dau, Kab. Malang

Terakhir, ada Elpico Mall alias “Si Anak Bawang”. Sementara ini, Elpico adalah satu-satunya mall yang letaknya di Kabupaten Malang. Bupati Malang, H. M. Sanusi meresmikan pembukaan mall ini pada tahun 2022.

Luas bangunannya sekitar 130.000 meter persegi sehingga termasuk mall skala besar. Selain destinasi belanja dan kuliner, mall ini juga menawarkan jasa sewa ruang kantor. Sebagai mall baru, masih ada gerai yang belum dibuka untuk umum sehingga mall ini mungkin akan menjadi mall termewah berikutnya di Malang Raya.

Di sini sudah ada beberapa tenant yang cukup dikenal seperti Gelato Massimo, Samsung Store, dan Gyu-Kaku. Di lantai atas, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan. Posisinya yang berada di kawasan hunian juga membuat mall ini tidak terlalu ramai dan bising.

Kesimpulan

Banyak orang memilih pergi ke mall karena bisa melakukan banyak hal dalam satu tempat. Jika merasa mall di Malang kurang mewah, masih ada tempat lain yang bisa dikunjungi. Secara spesifik, di Malang ada restoran mewah, hotel mewah, dan fasilitas lain yang terbilang mewah.

Hal terpenting di sini adalah kenyamanan setiap pengunjung. Kalau mall sekelas Grand Indonesia (Jakarta) dan Pakuwon Mall (Surabaya) dibuka, mungkin warga Malang langsung auto miskin. Ditambah lagi, kota Malang memang tidak berambisi untuk membangun mall super besar dan mewah.

Mengunjungi mall mewah sih oke, tetapi layanan dan kualitasnya juga harus bagus. Intinya, kalau sepi pengunjung, pihak mall juga akan rugi. Namun, tidak ada salahinya Anda mampir ke salah mall termewah di Malang ini untuk belanja, makan, atau sekadar jalan-jalan saja.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • barbara-buket-bunga-dari-athaya-dengan-rangkaian-delapan-bunga-mawar-dan-wrapping-berwarna-hitam-selaras-dengan-tema-yang-dipesan
    Barbara

    Original price was: Rp 600.000.Current price is: Rp 450.000.

  • parvina-parcel-snack-natal-dari-athaya-yang-terdiri-dari-j&w-sparkling-jc-puteri-genit-dessert-box-box-exclusive-dan-ornamen-natal
    Parvina

    Original price was: Rp 1.100.000.Current price is: Rp 900.000.

  • tamara-standing-flower-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-mawar-putih-satu-tangkai-anggrek-bulan-anggrek-cymbidium-lily-bunga-pompom-dan-baby-breath
    Tamara

    Original price was: Rp 3.000.000.Current price is: Rp 2.700.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet