bunga begonia

Hadir dengan corak warna merah dan hijau, Bunga begonia adalah salah satu tanaman yang sangat populer. Tanaman hias ini juga tersedia dengan berbagai bentuk, warna, hingga ukuran. Hal ini membuat begonia menjadi pilihan terbaik bagi pecinta tanaman hias, kamukah salah satunya?

Asal Bunga Begonia

Pertama kali, begonia ini diusung oleh seorang ahli botani dari Perancis yaitu Charles Plumier sebagai bentuk penghormatannya terhadap Michael Begon yang merupakan seorang Gubernur Perancis di Santo Domingo. Itulah kenapa bunga ini disebut sebagai begonia. 

Untuk penyebaran begonia sendiri sebenarnya sudah menyebar ke berbagai negara. Nah, salah satunya cukup banyak ditemukan di Indonesia. Diungkapkan bahwa setidaknya ada lebih dari 250 jenis begonia yang ditemukan di tanah air dari 2.117 jenis begonia yang ada di dunia. Hal ini menandakan bahwa Indonesia memiliki lebih dari 10% jenis begonia. 

Habitat & Iklim Bunga Begonia

Untuk tempat tumbuhnya, kamu bisa menempatkannya langsung di taman atau di dalam pot. Namun, pastikan kondisinya minim cahaya dengan cuaca yang cukup lembab. 

Meski begonia cenderung lebih menyukai iklim hangat, tetapi ada beberapa jenis begonia yang tetap tumbuh di musim dingin. Untuk itu, pastikan kamu memilih jenis begonia yang tepat untuk iklim di daerahmu, ya!

Bentuk dan Warna Bunga Begonia 

Pastinya di antara kamu sudah sering menjumpai bunga begonia ini. Sebab, punya ciri khas yang sangat khas. Diantaranya, kelopaknya berwarna-warni seperti pink, putih, merah, orange, dan ungu. 

Secara umum, warna yang dimiliki oleh tanaman begonia sangat cerah dan mencolok. Hal inilah yang membuat suasana terasa lebih segar, ceria, menyenangkan, dan mampu memberikan energi positif bagi pecintanya. 

Sementara itu, untuk bagian bunganya sendiri berbentuk tunggal dan ganda. Tak kalah saing, daun begonia juga sangat indah dan berwarna-warni. Meski tidak berbunga, daunnya tetap menarik loh untuk dipandang. 

Arti/ Makna Bunga Begonia

Sebagian besar budaya Asia memaknai bunga begonia ini sebagai simbol kekayaan dan kemakmuran. Namun, jika kamu berkunjung ke wilayah Eropa, begonia dianggap sebagai tanaman yang berhubungan dengan kompetisi dan kecantikan. 

Jenis-Jenis Bunga Begonia

tahu kamu ternyata setiap jenis bunga begonia memiliki ciri khas yang berbeda-beda loh . Apa sajakah? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Begonia Tuberhibrida

  • Jenis bunga begonia ini memiliki bunga yang besar dengan warna merah, pink, kuning, putih, ungu, dan orange. Polanya juga cenderung menarik dan memiliki corak yang mencolok. 
  • Untuk bentuk bunganya sendiri, ada yang tunggal, semi ganda, atau ganda. 
  • Periode bunga begonia satu ini cenderung lebih panjang. Paling sering adalah ketika awal musim semi sampai akhir musim gugur. 
  • Perawatannya sangat mudah dan dapat tumbuh dengan berbagai kondisi, tetapi lebih baik di tempat yang teduh dan tidak terpapar cahaya matahari secara penuh. 

2. Begonia Rex

  • Kombinasi warna daun yang sangat menarik, mulai dari merah, ungu, perak, kuning, dan dengan hijau pola yang sangat beragam. 
  • Tekstur daun Begonia Rex yaitu berbulu atau berkerut. Hal ini membuatnya tampak lebih unik dan menarik dari jenis begonia lainnya. Ditambah lagi dengan permukaan daunnya yang tampak berkilau. 
  • Proses reproduksi begonia ini sangatlah mudah. Cukup menggunakan potongan daun lalu ditanam kembali ke dalam campuran pot yang lembab. Nah, potongan daun inilah yang nantinya berkembang menjadi akar lalu tumbuh menjadi tanaman baru. 

3. Begonia Semperflorens

  • Bunga cenderung berwarna cerah dengan nuansa pink, merah, atau putih. 
  • Bisa bertahan dalam waktu yang lama, baik dari segi warna maupun keindahan bunganya, entah itu di luar atau pun di dalam ruangan. 
  • Warna daun begonia ini umumnya hijau gelap dan mengkilap. 
  • Cocok ditanam di pot, wadah gantung, hingga hanya sebagai tanaman pendamping. 
  • Pertumbuhannya akan lebih baik bila ditempatkan di tempat yang teduh atau tidak terlalu terpapar sinar matahari. 

4. Begonia Hiemalis

  • Memiliki kemampuan khusus, yakni dapat mekar sepanjang musim dingin. Sebab, jenis begonia lainnya justru tidak aktif dalam kondisi tersebut. 
  • Daun Begonia Hiemalis berwarna hijau gelap mengkilap dengan tekstur yang sangat halus. 
  • Sedangkan, untuk bunga-bunganya berwarna cerah, seperti merah, orange, pink, kuning, atau putih. 
  • Pertumbuhannya cukup rimbun, rendah, dan lebar. Jadi, sangat cocok bila ditempatkan dalam pot hias di dalam ruangan. 

Cara Menanam Bunga Begonia

Wajar saja bila banyak yang penasaran dengan cara penanaman bunga begonia. Sebab, termasuk tanaman hias favorit hampir semua orang di dunia. Nah, di sini kami akan memberitahu tutorial penanaman bunga begonia yang benar.

1. Memilih jenis begonia

Sebelumnya, kamu harus tahu bahwa ada dua tipe begonia, yakni tumbuh dari umbi, satu lagi tumbuh dari bijinya. Untuk begonia yang tumbuh dari umbi lebih mudah berkembang dibandingkan dari biji.

Namun, secara kualitas, keduanya sama-sama unggul dan memiliki warna bunga beragam. Jadi, kamu bisa menentukan dulu jenis begonia mana yang ingin dipilih. 

2. Memilih lokasi penanaman

Tempat tumbuh begonia bisa di lokasi indoor maupun outdoor. Jika kamu ingin menempatkannya di dalam pot, pastikan lokasinya di tempat yang teduh tetapi cukup cahaya. Begitu pula jika ingin menanamnya di taman atau kebun. 

3. Siapkan media tanam

Sebenarnya, untuk membuat begonia tumbuh tidak harus dengan tanah. Sebab, tanaman ini justru akan tumbuh lebih baik ketika menggunakan campuran media tanam tanpa tanah. 

Cara pembuatannya sangatlah mudah. Kamu bisa menyiapkan campuran yang terdiri dari ⅔ lumut gambut dan ⅓ campuran media tanam tanpa tanah yang bisa dibeli di toko terdekat. Di sisi lain, pastikan tanaman begonia kamu memiliki sistem drainase yang sangat baik. 

Namun, jika tetap ingin menggunakan tanah, campurkan sedikit lumut gambut dengan bahan. Untuk penggunaan campuran lumut gambut, rendamlah bahan tersebut terlebih dahulu dengan air mendidih. Setelah dingin, baru bisa digunakan sebagai media tanam begonia. 

4. Cari tahu waktu tanam yang tepat

Begonia termasuk tanaman yang tidak tahan terhadap suhu dingin. Untuk itu, pastikan menanamnya bukan di musim hujan ya!

Karena Indonesia termasuk negara tropis, sangat mungkin bagi begonia untuk bisa tumbuh sepanjang tahunnya. 

5. Lakukan perawatan yang tepat

Jika kamu menanam begonia di ruangan terbuka seperti taman atau kebun, kemungkinan besar akan dihinggapi oleh gulma. Nah, sangat disarankan untuk memeriksanya sekali beberapa hari untuk membersihkan gulma yang tumbuh. 

Sementara itu, mungkin kamu juga akan menjumpai daun, bunga, dan sebagainya yang berubah warna menjadi coklat dan layu, pastikan untuk memotongnya agar tidak mempengaruhi tanaman lain. 

Nah, itu dia cara perawatan bunga begonia yang mudah. Yuk, mulai budidaya begonia sekarang juga. 

Jika kamu perlu buket atau rangkaian bunga dalam waktu dekat, kamu bisa mengunjungi Athaya Florist , ya!

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • irene-bunga-papan-ucapan-dari-athaya-untuk-daerah-lombok-dan-ntb
    Irene

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.500.000.

  • sienna-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-yang-berdesain-merah-cinta-dan-rangkaian-bunga-bunga-segar-pilihan
    Sienna

    Original price was: Rp 1.400.000.Current price is: Rp 1.200.000.

  • olivia-bunga-box-dari-athaya-bertema-cinta-dengan-rangkaian-bunga-mawar-berwarna-merah-muda
    Lucy

    Original price was: Rp 1.600.000.Current price is: Rp 1.400.000.

Produk Favorit