Pexels Sourav Majumdar in Filosofi Bunga Teratai dalam Hidup

Bunga teratai tidak hanya cantik, tapi juga penuh dengan makna mendalam. Bunga ini kerap dijadikan sebagai simbol sebuah keindahan sehingga banyak filsuf maupun pemikir kritis yang kemudian mencari makna di indah yang tersembunyi pada bunga ini. Teratai memiliki daun hijau lebar. Bunga ini mengapung di beberapa tempat seperti danau, rawa, maupun kolam. Meski air untuk hidupnya kotor, tapi itu sama sekali tidak mempengaruhi kecantikan dan keelokan teratai. Arti bunga teratai memang mendalam. Berikut ulasan lengkapnya.

Filosofi Bunga Teratai dalam Hidup

Bunga teratai memiliki kecantikan dan keunikan dengan warna yang menarik. Nama latinnya adalah Nymphaea yang juga disebut sebagai water lily karena bisa mengapung di atas permukaan air.

Bunga elok ini dijadikan sebagai tanaman yang kerap digunakan untuk menggambarkan kehidupan dari manusia. Arti bunga teratai adalah kekuatan pribadi, pengingat kehidupan yang hanya sementara ini. Bunga teratai juga simbol tentang hidup manusia yang seharusnya bisa terlepas dari bagaimanapun lingkungannya.

Bunga teratai memiliki kemampuan untuk berkembang dengan cepat, meskipun tumbuh di dalam kondisi yang sulit. Hal ini mengingatkan manusia bahwa hidup adalah sesuatu yang sementara dan berlalu dengan cepat. Pesan yang tersirat adalah pentingnya memanfaatkan waktu yang ada dengan berbuat kebaikan dan memberikan dampak positif dalam kehidupan orang lain.

Dalam beberapa ajaran, bunga teratai memiliki makna filosofis yang melambangkan pencerahan. Ia menjadi simbol bahwa setiap individu memiliki potensi untuk mencapai pencerahan dan menyadari kebenaran sejati di dalam diri mereka sendiri. Pesan ini memberikan harapan dan motivasi bahwa suatu saat nanti, setiap orang dapat mencapai keadaan pikiran yang jernih dan penuh dengan cahaya spiritual.

Baca juga: Arti Bunga Melati yang Cantik dan Suci

Pexels 戴有信 in Filosofi Bunga Teratai dalam Hidup

Macam Warna Bunga Teratai

Bunga teratai tidak hanya terdiri dari satu warna saja, melainkan ada beberapa macam warna. Berikut ini adalah beberapa macam warna dari bunga teratai:

Teratai Putih

Warna yang pertama adalah bunga teratai putih. Bunga teratai putih memiliki arti kekayaan, kepercayaan, kesuburan, pikiran yang suci, serta pengetahuan.

Teratai Kuning

Teratai kuning melambangkan kegembiraan, kebahagiaan, dan keceriaan. Warna kuning yang cerah pada bunga teratai menggambarkan keceriaan dalam hidup dan kebahagiaan yang terpancar dari dalam diri. TIni juga dapat menjadi simbol kehangatan, persahabatan, dan kehidupan yang bersemangat.

Teratai Pink

Teratai pink melambangkan kasih sayang, kelembutan, dan keindahan. Warna pink yang lembut pada bunga teratai mencerminkan kelembutan hati, kebaikan, dan cinta yang mendalam. Ini juga dapat melambangkan rasa terima kasih, kepedulian, dan kasih sayang yang tulus kepada orang-orang di sekitar kita.

Teratai Merah

Teratai merah melambangkan keberanian, keberanian untuk menghadapi tantangan dan kesulitan dalam hidup. Warna merah yang mencolok pada bunga teratai menggambarkan semangat yang kuat dan keberanian untuk melewati rintangan dengan determinasi.

Bunga teratai memang memiliki banyak keistimewaan. Tidak heran kalau bunga ini sering menjadi simbol berbagai kepercayaan atau komunitas. Keindahan, ketahanan, dan kemampuan untuk tumbuh di dalam kondisi yang sulit menjadikan bunga teratai sebagai simbol keberanian, kesucian, kegembiraan, dan kasih sayang.

Arti bunga teratai serta filosofinya yang melambangkan pencerahan juga memberikan harapan dan inspirasi bagi banyak orang. Dengan segala keistimewaannya, bunga teratai tetap menjadi salah satu bunga yang dipuja dan dihargai dalam berbagai budaya di seluruh dunia. Bunga ini memang cantik secara adabi dengan keunikannya tersendiri.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • citra-bunga-papan-ucapan-dari-athaya-untuk-wilayah-jawa-timur-dan-bali
    Citra

    Original price was: Rp 3.800.000.Current price is: Rp 3.500.000.

  • ayu-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-yang-diproduksi-dan-didustribusikan-untuk-area-jateng-jawa-tengah-solo-jogjakarta-surakarta-klaten-magelang-kudus-jepara
    Ayu

    Original price was: Rp 1.000.000.Current price is: Rp 800.000.

  • isabel-bunga-papan-ucapan-dari-athaya-untuk-daerah-lombok-dan-ntb
    Isabel

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.300.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja