Pexels Viktoria Bzdyk in Filosofi Bunga Kamboja dan Jenis-jenisnya

Bunga kamboja sangat populer dan mudah ditemui di beberapa tempat. Di Indonesia, bunga kamboja dapat dengan mudah ditemui di berbagai lokasi, terutama di Bali. Hampir seluruh perkampungan dan pura di Bali memiliki pohon kamboja yang menjadi ciri khasnya. Ciri-ciri bunga kamboja memang unik, tentunya dengan pohon yang cukup besar. Sayangnya, bunga ini disalah artikan menjadi bunga mistis oleh beberapa masyarakat.

Bagaimana Ciri-ciri Bunga Kamboja?

Bunga kamboja memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bunga kamboja memiliki ukuran yang besar dan mencolok. Bunga ini memiliki kelopak yang tebal dan tahan lama.
  • Bunga kamboja seringkali memiliki warna yang cerah dan mencolok, seperti merah, kuning, putih, atau kombinasi warna yang menarik.
  • Bunga kamboja memiliki bentuk yang khas, dengan kelopak yang berbentuk seperti mangkuk atau terompet.
  • Bunga kamboja memiliki kelopak 4 helai, 6 helai, dan aja juga yang 5 helai. Semua kelopaknya mempunyai ukuran yang sama dan tumbuh dengan bergerombol di setiap ujung pada cabang pohon kamboja.

Makna Filosofi Bunga Kamboja

Bunga kamboja diartikan secara berbeda di berbagai negara. Dalam agama Hindu, bunga kamboja diartikan sebagai bentuk pengabdian dan dedikasi. Sedangkan dalam agama Buddha, bunga kamboja adalah simbol keabadian. Ini karena bunga kamboja adalah bunga yang tidak cepat layu, bahkan ketika pohonnya telah tumbang.

Keunikan ini memberikan makna yang dalam dalam konteks spiritual dan mengajarkan nilai-nilai keabadian dan ketahanan di dalam ajaran Buddha. Melalui berbagai interpretasi ini, bunga kamboja terus menjadi simbol yang kaya makna dalam berbagai kepercayaan dan memberikan inspirasi serta refleksi tentang dedikasi, keabadian, dan ketahanan dalam kehidupan.

Baca juga: Filosofi Bunga Teratai dalam Hidup

Pexels Anna Tarazevich in Filosofi Bunga Kamboja dan Jenis-jenisnya

Kenapa Kamboja Dikaitkan Dengan Mistisme?

Bunga kamboja ini kerap dikaitkan hal-hal mistis, karena banyak ditemukan di pemakaman. Padahal, menurut filosofi Feng Shui, ada beberapa kelebihan dan doa positif yang direpresentasikan oleh bunga kamboja.

Bunga Pembawa Rezeki

Menurut filosofi Feng Shui, bunga kamboja dianggap dapat membawa rezeki dan keberuntungan. Oleh karena itu, tidak jarang beberapa orang memilih untuk menanam bunga kamboja di depan rumah mereka.

Dalam Feng Shui, kamboja dianggap sebagai simbol kekayaan dan kemakmuran. Menempatkan bunga kamboja di depan rumah diharapkan dapat menarik energi positif, rezeki yang berlimpah, serta membawa keberuntungan bagi penghuninya.

Menetralkan Energi Negatif

Selain itu, bunga kamboja juga dianggap mampu menetralkan energi negatif. Bunga kamboja dianggap memiliki kemampuan untuk menetralkan energi negatif. Dalam praktik Feng Shui, bunga kamboja dipercaya mampu menyerap dan membersihkan energi yang tidak diinginkan di sekitar lingkungan.

Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menempatkannya di area yang dianggap memiliki energi yang kurang harmonis atau mengalami gangguan. Bunga kamboja diyakini dapat membantu menciptakan atmosfer yang lebih positif dan menyeimbangkan energi yang ada.

Menambah Keindahan

Bunga kamboja memiliki kombinasi unik antara ketahanan dan keindahan yang dapat memberikan sentuhan estetika yang menyenangkan bagi tata ruang eksterior rumah. Dengan kemampuannya untuk tumbuh dan mekar dalam berbagai kondisi lingkungan, bunga kamboja memberikan keindahan yang tahan lama dan menambah pesona visual pada area sekitar rumah.

Dari bentuknya yang elegan hingga pilihan warnanya yang cerah, bunga kamboja menjadi pilihan yang populer dalam penataan taman, halaman, atau pekarangan rumah. Itulah pengetahuan mengenai ciri-ciri bunga kamboja dan makna filosofinya. Jika Anda ingin bertanya seputar bunga, tim Athaya siap untuk menjawab dengan ramah dan tepat.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • shafa-papan-bunga-pernikahan-bertema-hijau-berjambul-tiga-dari-athaya-yang-dirangkaikan-bunga-berbentuk-unik-dengan-kombinasi-bunga-pilihan
    Shafa

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.350.000.

  • amelia-bunga-papan-duka-cita-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-satu-jambul-diatas-dan-satu-jambul-di-bawah
    Amelia

    Original price was: Rp 900.000.Current price is: Rp 700.000.

  • myla-bunga-meja-dari-athaya-dengan-rangkaian-mawar-merah-mawar-putih-lily-anggrek-cymbidium-snap-dragon-dan-baby-breath
    Myla

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.300.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja