Pexels James Lee in Ciri-ciri Bunga Sepatu dan Segudang Manfaatnya

Bunga sepatu disebut juga sebagai kembang sepatu. Bunga ini mempunyai nama latin Hibiscus rosa-sinensis L. Bunga sepatu cukup mudah untuk dijumpai di beberapa tempat. Tanaman bunga sepatu adalah tanaman hias yang populer karena keindahan bunga-bunganya. Bunga sepatu memiliki berbagai variasi warna yang menarik. Siapa sangka bahwa dibalik kecantikan bunga sepatu ini juga ada segudang manfaatnya. Sebelumnya, Anda juga perlu tahu ciri-ciri bunga sepatu terlebih dahulu.

Mengetahui Ciri-ciri Bunga Sepatu

Bunga cantik ini terkenal dengan warnanya yang banyak. Ada bunga sepatu warna merah, putih, kuning, merah muda, bahkan yang kombinasi dua warna. Lebih jelasnya, bunga sepatu memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Memiliki Daun Bulat

Bunga sepatu memiliki bentuk daun yang bulat serta runcing. Daun-daunnya terletak secara bergantian pada batang tanaman. Ukuran daun bunga sepatu bervariasi.

Daun-daun bunga sepatu memiliki tepi yang rata atau bergelombang, dan biasanya memiliki permukaan yang agak kasar. Warna daunnya umumnya hijau tua, tetapi ada juga varietas dengan warna daun yang lebih cerah atau bercorak.

Bentuk daun yang bulat serta runcing pada bunga sepatu memberikan tampilan yang menarik dan memperkaya keindahan tanaman secara keseluruhan.

Bentuk Bunga

Bunga sepatu memiliki kelopak yang melindungi bagian dalam bunga dan mahkota bunga yang halus serta tangkai putik yang menjuntai. Kelopak bunga sepatu umumnya berwarna mencolok dan menarik perhatian dengan tekstur yang lembut. Kelopak ini melindungi bagian-bagian dalam bunga, seperti mahkota bunga dan tangkai putik.

Mahkota bunga sepatu terdiri dari serangkaian helai-helai yang membentuk bentuk corong atau cawan. Helai-helai ini bisa memiliki warna yang berbeda-beda, tergantung pada variasi bunga sepatu. Ada yang memiliki warna merah, oranye, kuning, putih, atau kombinasi warna lainnya. Mahkota bunga ini memberikan daya tarik visual yang khas pada bunga sepatu.

Baca juga: Filosofi Bunga Kamboja dan Jenis-jenisnya

Pexels Vishal Govada in Ciri-ciri Bunga Sepatu dan Segudang Manfaatnya

Bentuk Biji

Tanaman bunga sepatu juga memiliki biji yang berwarna putih dengan bentuk pipih. Biji-biji ini terdapat di dalam kepala sari yang terletak di ujung tangkai putik bunga sepatu. Setelah proses penyerbukan terjadi, biji-biji ini dapat berkembang menjadi buah yang berisi biji-bijian.

Biji bunga sepatu memiliki bentuk yang pipih dan datar, dengan permukaan yang halus. Warna bijinya umumnya putih, meskipun ada juga varietas bunga sepatu dengan biji berwarna hitam atau cokelat. Ukuran biji bunga sepatu bervariasi, tetapi umumnya cukup kecil.

Biji bunga sepatu memiliki peran penting dalam reproduksi tanaman. Jika biji-biji ini ditanam atau jatuh ke tanah yang sesuai, mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi tanaman baru. Biji bunga sepatu juga dapat digunakan untuk tujuan perbanyakan vegetatif seperti stek atau cangkok.

Manfaat Bunga Sepatu

Tidak hanya cantik, tapi bunga sepatu juga memiliki beberapa manfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bunga sepatu bisa digunakan untuk mengobati diabetes karena kandungan asam ferulic di dalamnya.
  • Bunga sepatu dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih karena kandungan anti jamur, anti mikroba, dan flavonoid.
  • Bunga sepatu memiliki kandungan vitamin C dan kalsium yang bisa membantu mengatasi rambut rontok.
  • Bunga sepatu menjaga kesehatan kulit.
  • Bunga sepatu dapat memperbaiki suasana hati.
  • Bunga sepatu bisa menjadi pereda demam karena memiliki kandungan vitamin C.

Itulah ciri-ciri bunga sepatu dan manfaatnya untuk manusia. Siapa sangka bahwa bunga ini ternyata tidak hanya cantik, tapi juga memiliki segudang manfaat yang luar biasa.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • martha-bunga-meja-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-mawar-cassablanca-baby-breath-sedap-malam
    Martha

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.250.000.

  • everly-buket-bunga-dari-athaya-yang-dirangkai-dengan-bunga-segar-dan-pilihan
    Everly

    Original price was: Rp 1.200.000.Current price is: Rp 900.000.

  • elliana-bunga-papan-congratulations-untuk-acara-wisuda-atau-graduation-dari-athaya-dengan-ucapan-atau-tulisan-lucu-dan-kocak
    Elliana

    Original price was: Rp 2.000.000.Current price is: Rp 1.700.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja