bunga-carnations-on-pexels-by-irina-iriser

Bunga Carnations atau anyelir adalah pilihan buket bunga populer selain mawar. Tanaman dengan nama botani Dianthus caryophyllus ini mempunyai pesona tersendiri sehingga menjadi favorit para pecinta bunga.

Asal

Carnations diduga berasal dari Mediterania meskipun daerah tepatnya sulit diketahui. Penyebabnya adalah pembudidayaan besar-besaran pada 2000 tahun terakhir. Bunga Carnations liar masih bisa ditemukan di negara-negara Mediterania seperti Kroasia, Albania, Italia, Turki, dan Yunani.

Orang Yunani dan Romawi Kuno adalah masyarakat pertama yang membudidayakan Carnations sehingga bunga ini adalah salah satu tanaman budidaya tertua di dunia. Mereka sering menggunakannya sebagai karangan bunga untuk perayaan dan dekorasi.

Nama “Dianthus” diambil dari bahasa Yunani kuno yaitu dios (dewa) dan anthos (flower) sehingga disebut sebagai bunga dewa. Menurut legenda, istilah Dianthus berawal dari kisah Diana (Dewi Berburu) yang mencongkel mata seorang anak gembala yang dirasa mengganggu perburuannya. Dari mata yang jatuh tersebut lalu tumbuh bunga Carnations merah. Sedangkan nama carnations dimodifikasi dari kata coronation, corone, atau corona-ae yang berarti karangan bunga dan mahkota.

Habitat dan Iklim

Di daerah Mediterania, Carnations tumbuh dalam iklim yang dingin/sedang di bawah sinar matahari penuh. Carnations tetap bisa tumbuh di area dengan suhu yang lebih hangat asalkan berada di bawah area yang sedikit teduh. Suhu ideal untuk Carnations adalah 18-24 °C di siang hari dan 10-16 °C di malam hari. Carnations masih menoleransi suhu yang lebih tinggi, tetapi mereka lemah terhadap suhu yang sangat dingin atau hampir beku.

Carnations umumnya mekar di akhir musim semi sampai awal musim panas. Siklus hidup tanaman ini sekitar 20 bulan dan paling lama 3-4 tahun. Bunga ini termasuk dalam tanaman yang bisa melakukan penyerbukan sendiri (self-fertile) karena memiliki dua alat kelamin (hermafrodit). Namun, ngengat dan kupu-kupu diketahui ikut melakukan penyerbukan.

Bunga Carnations dibagi menjadi tiga berdasarkan ukuran.

  • Large flower. Pada satu tangkai hanya ada satu bunga besar yang mekar.
  • Dwarf flower. Ini merupakan jenis Carnations
  • Spray flower. Beberapa bunga kecil tumbuh pada satu tangkai.

Bentuk, Warna, dan Aroma

Carnations sendiri memiliki lebih dari 300 varietas. Rata-rata tinggi tanaman adalah 80 cm hingga 100 cm.

  • Bentuk

Daun Carnations ramping dengan panjang mencapai 15 centimeter. Warnanya mulai dari hijau keabuan sampai biru kehijauan. Diameter bunga kurang lebih 3-5 cm dengan tepian bergerigi dan berjumbai.

  • Warna

Warna bunga yang asli adalah campuran antara merah muda dan ungu. Namun, setelah proses breeding, Carnations bisa dinikmati dalam warna lain seperti oranye, kuning, dan merah. Sebagai contoh, varietas Carnations yang bernama Grenadin King of the Blacks berwarna ungu-merah gelap sehingga hampir menyerupai black velvet. Anda juga bisa mengganti warna Carnations sendiri dengan menggunakan pewarna makanan.

  • Aroma

Carnations memiliki aroma mirip cengkeh, tetapi tidak terlalu kuat.

Baca juga: Bunga Anthurium: Dari Asal Hingga Manfaat

bunga-carnations-on-pexels-by-monicore

Arti/Makna

Bunga Carnations melambangkan berbagai bentuk cinta dan kasih sayang misalnya terhadap ibu, kekasih, atau sahabat. Makna lain yang juga dikaitkan dengan bunga ini adalah pesona dan keistimewaan. Di samping indah dan tahan lama, makna yang terkandung di dalamnya menjadikan bunga ini alternatif pilihan pengganti mawar.

Jika dilihat dari warnanya, Carnations memilki makna sebagai berikut.

  • Kuning = patah hati, tidak bahagia

Memberi bunga Carnations kuning berarti seseorang akan menolak cinta orang lain atau putus dengan pasangan secara terang-terangan. Di dalam warna kuning ini terpendam kesedihan akibat kekecewaan atau penolakan.

  • Merah = kekaguman (merah pucat), cinta dan kasih (merah gelap)

Kalau Anda sedang menyukai seseorang, coba berikan Carnations merah kepada orang tersebut. Namun, hati-hati dengan warna merah pucat karena warna ini lebih merujuk pada kekaguman/pemujaan terhadap seseorang. Dengan kata lain, Carnations merah pucat kesannya sedikit sedih.

  • Merah muda (pink) = rasa syukur, terima kasih, kasih sayang

Ternyata Carnations merah muda juga bisa dibagi menjadi pucat dan gelap. Carnations merah muda pucat melambangkan cinta dan rasa terima kasih kepada ibu. Di sisi lain, Carnations merah muda gelap biasa diberikan kepada pasangan pada kencan pertama. Kemesraan dan rasa cinta yang membuncah direpresentasikan dengan warna merah muda gelap.

  • Putih = kemurninan, cinta, keberuntungan

Carnations umumnya dihadiahkan kepada ibu berdasarkan legenda bahwa Bunda Maria menangis ketika Yesus menggotong salib. Sedangkan di Belanda, Carnations dipakai untuk mengingat para veteran perang. Selain itu, Carnations bisa dihadiahkan untuk mendoakan keberuntungan seseorang misalnya saat kelulusan, ulang tahun, menikah, atau naik pangkat.

  • Ungu = ketidakteraturan, kematian

Ketidakteraturan yang dimaksud lebih merujuk kepada perubahan ke arah positif, jiwa petualang, dan kebebasan. Di Prancis, Carnations ungu merupakan bunga tradisional pemakaman.

  • Motif garis = penyesalan, penolakan

Ketika Anda ingin menyampaikan penolakan dengan cara yang lebih halus, gunakan Carnations bermotif garis. Untuk merepresentasikan penyesalan yang dalam, kombinasikan dengan Carnations berwarna solid.

Cara Menanam

Carnations termasuk bunga yang mudah ditanam di daerah tropis. Sebenarnya, Carnations bisa ditanam menggunakan dua metode yaitu melalui biji dan stek. Namun, di sini kami akan membahas metode penanaman dengan biji.

  • Memilih biji

    1. Biji bisa dibeli langsung dalam kemasan atau melalui petani bunga.
    2. Pilih biji berkulitas baik dengan ciri-ciri: ukuran besar dan seragam, kering, dan padat.
    3. Cuci biji lalu rendam dalam air semalam.
    4. Pakai biji yang tenggelam karena biji yang mengapung bermutu jelek.
  • Menyemai biji

    1. Siapkan pot atau tray, lalu isi dengan campuran tanah dan pupuk organik (1:1).
    2. Setelah dipadatkan, sebar biji di atas media semai dan tutupi dengan tanah gembur.
    3. Siram secukupnya dan letakkan pot/tray di tempat teduh.
    4. Setelah 3 sampai 4 hari tunas akan muncul. Pada masa ini semprotkan insektisida untuk menghalangi hama jangkrik.
  • Memindahkan biji

Biji yang sudah memiliki 3-4 helai daun bisa dipindahkan ke lahan kebun atau pot baru.

  • Lahan kebun

Untuk penanaman di lahan, pastikan tanah sudah digemburkan dan bersih dari bebatuan dan gulma. Buat jarak tanam berukuran 20×20 cm.

  • Pot

    1. Pilih pot berdiameter 15-20 cm lalu isi dasarnya dengan pecahan batu.
    2. Kemudian masukkan campuran tanah dan kompos dan diteruskan dengan menanam biji yang sudah disemai.
    3. Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari tidak langsung dan siram secukupnya dengn rutin.
    4. Pot bisa dipindah ke luar ruangan setelah mencapai tinggi 10-13 cm.

Perawatan

  1. Siram sekali sehari di pagi hari.
  2. Pemupukan bisa dilakukan setelah tanaman berusia 2 minggu lalu dilanjutkan dua minggu sekali.
  3. Pangkas tanaman dan sisakan satu bunga di setiap tanaman.
  4. Untuk mencegah hama, siram bunga secukupnya dan pastikan sirkulasi udara di sekitar tanaman lancar.

Setelah 5 bulan, Carnations bisa dipanen dengan memetik bunganya di sore hari. Potong tangkai 30 cm dari bawah.

Manfaat

Carnations memang bisa bertahan cukup lama sebagai bunga potong di dalam vas. Di samping itu, ada manfaat lain yang perlu diketahui.

  • Makanan

Carnations bisa dimakan dan sering dipakai sebagai dekorasi pada salad dan hidangan penutup atau dimasukkan sebagai campuran minuman beralkohol. Akan tetapi, tidak disarankan mengudap Carnations secara langsung karena rasanya hambar.

  • Kesehatan

Meski masih perlu penelitian lebih lanjut, tanaman ini dipercaya memliki manfaat dalam kesehatan fisik dan mental. Contoh penyakit yang kiranya bisa disembuhkan adalah masalah kulit, kejang otot, stres, dll.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • britney-buket-bunga-dari-athaya-yang-dirangkai-dengan-bunga-segar-dan-pilihan
    Britney

    Rp 5.000.000

  • tahani-standing-flower-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-hortensia-pom-pom-dan-gerbera
    Tahani

    Rp 1.500.000

  • panama-parcel-snack-dari-athaya-yang-terdiri-dari-buttercookies-shintaro-zyluc-nabati-nextar-ria-rio-sprite-dan-ornamen-natal
    Panama

    Rp 695.000

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja