Pexels Miguel Marmolejos Fernández in Cara Bunga Anggrek Berkembang Biak

Bunga anggrek adalah salah satu jenis bunga yang cantik dan unik. Bunga ini tersedia dalam beberapa warna dengan makna yang mendalam. Membahas tentang bunga anggrek, tidak jauh dari caranya untuk berkembang biak. Bagaimana cara bunga anggrek berkembang biak? Ternyata ada dua cara bunga untuk berkembang biak, yaitu secara vegetatif dan generatif. Berikut pembahasan lengkapnya.

Cara Bunga Anggrek untuk Berkembang Biak

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya bahwa perkembangbiakan anggrek ada dua, yaitu secara generatif dan vegetatif.

Proses Generatif

Secara generatif, perkembangbiakan anggrek bisa terjadi dengan cara penyerbukan sendiri, penyerbukan silang, penyerbukan bastar, dan juga penyerbukan tetangga. Penyerbukan sendiri merupakan proses penyerbukan apabila benang sari jatuh ke kepala putik dari bunga anggrek itu sendiri.

Untuk penyerbukan silang merupakan proses penyerbukan apabila serbuk sari yang jatuh tersebut berasal dari bunga lain yang sejenis tapi berbeda pohon. Lalu penyerbukan tetangga merupakan proses serbuk sari jatuh ke kepala putik dari bunga lain yang satu pohon. Terakhir adalah penyerbukan bastar yang merupakan proses penyerbukan jika serbuk sari jatuh pada kepala putik dari bunga yang beda jenis.

Setelah proses penyerbukan, maka buah anggrek ada di dalam biji. Biji ini nanti harus direndam ada larutan kimia untuk bisa tumbuh. Bisa juga membawa biji tersebut ke laboratorium untuk tanaman anggrek.

Proses Vegetatif

Proses vegetatif ini berarti dilakukan dengan mengambil sedikit bagian tanaman indukan anggrek melalui pencangkokan, pemisahan rumpun, kultur jaringan, dan keiki. Meski bunga anggrek tumbuh di tempat jauh, caranya untuk berkembang biak akan menghasilkan sifat sama seperti induknya. Apabila ada perbedaan dari segi bentuk maupun ukuran, biasanya perbedaan tersebut dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti pemupukan.

Berikut beberapa cara perkembangbiakan dengan cara vegetatif:

Baca juga: Bunga Yang Melambangkan Kebahagiaan

Pexels Bierina Nicasio in Cara Bunga Anggrek Berkembang Biak

  • Stek Batang

Stek batang adalah proses menghasilkan tanaman baru dengan cara mengambil bagian batang dari tanaman induk dan menggunakannya untuk membentuk tanaman baru. Proses ini biasanya dilakukan dengan memotong batang anggrek menjadi beberapa potongan yang memiliki satu atau lebih mati (node) yang berisi mata tunas.

  • Pemisahan Anakan

Pemisahan anakan adalah proses memisahkan tunas yang muncul dari akar atau batang anggrek menjadi individu yang mandiri. Pada beberapa spesies anggrek, anakan muncul secara alami di sekitar tanaman induk.

Untuk melakukan pemisahan anakan, tunas tersebut dipisahkan dari tanaman induknya dengan hati-hati dan kemudian ditanam secara terpisah. Setiap anakan harus memiliki akar yang cukup untuk bisa bertahan hidup secara mandiri.

  • Keki

Keki adalah metode perkembangbiakan anggrek dengan menggunakan bahan yang disebut keki, yang biasanya berupa media atau substrat khusus yang mengandung zat-zat nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman.

  • Kultur Jaringan

Kultur jaringan adalah metode perkembangbiakan anggrek yang dilakukan di laboratorium dengan menggunakan teknik bioteknologi. Proses ini melibatkan isolasi dan kultur bagian tanaman anggrek, seperti pucuk, kuncup, atau biji, pada media nutrisi yang tepat.

Itulah cara perkembangbiakan anggrek. Bunga anggrek memang memiliki daya tarik luar biasa karena memiliki kecantikan visual serta makna yang mendalam. Apabila Anda ingin membeli rangkaian bunga anggrek maka Athaya Florist siap untuk melayani sepenuh hati.

Kami menyediakan aneka jenis bunga, termasuk anggrek dengan warna sesuai preferensi Anda. Seluruh bunga segar dari Athaya siap untuk menjadi pelengkap di momen istimewa Anda yang tidak boleh terlewatkan.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • savannah-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-berdesain-persegi-dan-rangkaian-bunga-tiga-jambul-atas-dan-satu-di-bawah
    Savannah

    Rp 1.100.000

  • flora-bunga-papan-paper-flower-dari-athaya-dengan-ucapan-yang-dapat-disesuaikan-dengan-permintaan
    Flora

    Rp 850.000

  • shania-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-dengan-desain-unik-berbentuk-hati-dengan-kombinasi-rangkaian-beragam-jenis-bunga
    Shania

    Rp 2.600.000

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja