Bunga Zinnia Bunga Kembang Kertas Asal Meksiko yang Menawan

Pernah mendengar bunga zinnia? Atau justru kamu lebih mengenalnya sebagai bunga kembang kertas? Bunga cantik ini punya banyak warna yang membuatnya cocok dijadikan sebagai salah satu bunga hias. 

Mau tahu apa makna dari setiap jenis-jenis bunga zinnia? Yuk, simak penjelasannya di sini. 

Asal Bunga Zinnia

Di Indonesia, Zinnia dikenal sebagai bunga kembang kertas. Meskipun demikian, sebenarnya nama zinnia sendiri diberikan oleh seorang dokter dan botanis asal Jerman yaitu Dr. Johann Gottfriend Zinn. Itulah kenapa disebut sebagai “zinnia”. Beliau adalah orang yang pertama kali mendeskripsikan bunga tersebut.

Zinnia adalah bunga yang berasal dari guru di Meksiko dan termasuk salah satu bunga nasional dari negara Meksiko. Tak beberapa lama kemudian, bunga kertas ini perlahan mulai menyebar ke berbagai dunia hingga pesonanya sangat popular di beberapa negara. 

Habitat & Iklim Bunga Zinnia

Nah, karena berasal dari luar negeri, apakah tanaman ini bisa tumbuh baik di Indonesia dengan iklim yang sangat tropis? Bunga ini dapat tumbuh di tanah yang subur, lembab, serta berdrainase baik di bawah sinar matahari. 

Sedangkan, untuk temperatur yang lebih baik untuk pertumbuhannya berada di angka 23 – 29 derajat Celcius. Bunga ini juga cenderung menyukai musim panas yang panjang dan hangat, seperti Indonesia. 

Zinnia bisa saja tiba-tiba tidak dapat tumbuh dengan baik apabila ada perubahan cuaca secara mendadak. Di samping itu, pastikan pH tanah nya harus berada di antara 5,5-7,5. 

Namun, akan lebih baik jika kamu menambahkan kompos di tanah. Sebab, bunga dapat tumbuh lebih cepat. 

Bentuk, Warna & Aroma Bunga Zinnia

Karena jenis bunga zinnia cukup banyak, sehingga warnanya pun akan berbeda-beda. Jika kamu penasaran, bisa baca ulasan selengkapnya di bawah ini:

1. Zinnia anggun 

Disebut juga sebagai Zinnia elegans, karena mempunyai keindahan bunga yang begitu menawan. Bentuknya kurang lebih seperti bintang dengan kelopak lalu teksturnya mirip seperti kertas.

Warna bunganya sendiri sangat bervariasi, mulai dari merah muda, merah, kuning, hingga ungu. Batangnya tumbuh secara vertikal dan bahkan bisa mencapai 100 cm. 

2. Zinnia fantasie

Nah, jenis bunga zinnia ini justru bentuknya lebih unik, yakni seperti bola dan kelopaknya berwarna ungu, kuning, merah, atau putih. 

Keindahan bunga zinnia satu ini dikenal cukup memukau. Di samping itu, batangnya tumbuh dengan tegak dan lebih pendek dari zinnia sebelumnya dengan tinggi 60 cm. 

3. Zinnia lekuk

Zinnia lekuk merupakan jenis zinnia yang cukup populer dan sudah banyak dikenal orang. Sebab, karakteristiknya memang sangat unik dan mudah dikenali, yakni bentuk bunga yang lekuk. 

Sedangkan, untuk warnanya mulai dari putih, kuning, dan merah. Tanaman ini akan tumbuh dan berkembang lebih baik di iklim yang panas. Untuk bentuknya lebih lebar, permukaan kasar, dan menyerupai tekstur kertas. 

4. Zinnia garis

Seperti namanya, bunga ini memiliki karakteristik yang khas, yakni bagian daun yang berbentuk garis. Sedangkan, bagian ujungnya berbentuk lancip. 

Zinnia berwarna kuning cerah dan memiliki bentuk seperti corong. Untuk batangnya dapat tumbuh hingga tinggi 50 cm. 

Arti/Makna Bunga Zinnia

Pemberian bunga zinnia pada seseorang bisa melambangkan beberapa makna tertentu, seperti berikut:

1. Persahabatan

Warna-warni dari bunga zinnia memberikan keceriaan dan nuansa yang sangat menyenangkan, baik itu bagi penerimanya maupun lingkungan sekitar. 

Karena bunga ini bisa membuat satu sama lain menjadi lebih bahagia, maka diibaratkan mampu menjadi lambang persahabatan. Berikanlah bunga ini sebagai bentuk kasih sayang dan terima kasih pada sahabatmu.

2. Penghargaan

Zinnia termasuk salah satu bunga yang dapat melewatkan masa-masa sulit. Meskipun banyak tantangan, ia tetap mampu bersinar dengan cerah dan penuh semangat. 

Oleh sebab itulah, zinnia ini bisa dilambangkan sebagai salah satu simbol penghargaan. Jenis bunga ini bisa jadi alternatif untuk seseorang yang baru saja berhasil mencapai tujuannya. 

3. Kenangan dan Penghormatan

Selain simbol di atas, zinnia juga dapat diibaratkan sebagai bukti cinta pada seseorang. Sekalipun mereka sudah tidak ada lagi di dunia ini. 

Nah, berikanlah bunga ini untuk menghormati dan menghargai orang-orang yang telah meninggal dan memberikan makna penting tentang kehidupan bagi dirimu. 

4. Kasih Sayang

Bunga zinnia ini dapat menjadi simbol perasaan seseorang pada orang lain, baik itu pacar, keluarga, teman dekat, dan kerabat lainnya. 

Untuk itu, kamu juga bisa memberikan bunga zinnia untuk mengungkapkan kasih sayang pada mereka. 

Cara Menanam Bunga Zinnia

Berhubung bunga ini bisa tumbuh di daerah tropis, barangkali kamu ingin membudidayakannya. Berikut langkah-langkah menanamnya:

1. Menaburkan Biji

Penanaman bunga zinnia diawali dengan menaburkan biji ke media tanah yang disediakan. Inilah caranya:

  • Taburkan biji di media tanam, seperti tanah atau pot. Lalu campurkan dengan tanah dan pupuk kandang (jika perlu).
  • Kemudian, tutup dengan tanah tipis agar cahaya bisa masuk, sehingga biji lebih mudah berkecambah. 

Nah, cara di atas hanya berlaku untuk penanaman di iklim hangat. Jika musim dingin, biji baru bisa ditaburkan sekitar 4-5 minggu sebelum musim tersebut datang. 

Penaburan biji juga harus dilakukan di tanah yang gambut, dimana tanah ini sudah dimasukkan ke pot. Jika sudah ditanam, tutuplah dengan plastik bening berlubang. Setelah biji ditutup, siram dengan air agar tidak kekeringan. 

2. Perkecambahan

Proses perkecambahan umumnya akan terjadi dalam rentang 4-7 hari. Ketika biji sudah mulai berkecambah, mulailah membuka plastik. Lalu, siram agar tanah tetap lembab.

Pastikan juga agar kecambah bunganya telah dipindahkan ke area yang dekat dengan sinar matahari pagi. Sebab, sinar matahari di siang hari justru membuat kecambah menjadi layu. 

3. Pemberian pupuk dan penyiraman

Di masa-masa perkecambahan ini, kamu perlu memberikan pupuk kompos atau kandung sekali dalam seminggu. Bibitnya juga harus disiram dua kali sehari, pagi dan sore hari. 

4. Pemberian pupuk cair

Kapankah pupuk cair harus diberikan? Perkiraannya adalah ketika bibit bunga sudah tumbuh sampai 4 inci. Tapi, jangan terlalu banyak memberikan pupuk cair agar tidak menggenang. 

5. Perawatan

Nah, terakhir adalah melakukan perawatan secara rutin. Gampang kok, kamu hanya perlu memotong daun yang sudah tua supaya bunganya tetap menarik. 

Jika bunganya sudah cukup tinggi dan akan jatuh, lakukan penyanggaan dengan kayu agar masih dapat tumbuh dengan baik. Jangan lupa semprot dengan pestisida alami untuk mencegah serangan penyakit dan hama. 

Itulah beberapa informasi seputar bunga zinnia yang perlu diketahui. Bunga kembang kertas ini pastinya juga sudah sering ditemui kan, terutama sebagai tanaman hias?

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • ping-parcel-hampers-imlek-keramik-dan-makanan-minuman-ringan-dari-athaya-dengan-hiasan-ornamen-imlek-yang-dapat-anda-pesan-secara-online
    Ping

    Original price was: Rp 1.300.000.Current price is: Rp 1.150.000.

  • jiao-parcel-hampers-imlek-dari-athaya-yang-teridiri-dari-makanan-dan-minuman-ringan-dengan-hiasan-imlek-yang-dapat-anda-pesan-secara-online
    Jiao

    Original price was: Rp 2.500.000.Current price is: Rp 2.250.000.

  • hana-buket-bunga-dari-athaya-yang-dirangkai-dari-bunga-mawar-pom-pom-carnation-dan-krisan
    Hana

    Original price was: Rp 950.000.Current price is: Rp 800.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja