Bunga Wijaya Kusuma Hanya Mekar di Malam Hari

Dikenal akan tampilannya yang sangat eksotis, bunga wijaya kusuma ternyata termasuk salah satu tanaman jenis kaktus yang punya aroma sangat kuat. Bunga ini juga disebut sebagai sang ratu malam. Sebab, hanya mekar di malam hari saja. 

Mengenal Bunga Wijaya Kusuma

Memiliki nama latin Epiphyllum oxypetalum, bunga wijaya kusuma merupakan jenis tanaman kaktus dengan warna bunga yang sangat indah dan beragam, mulai dari merah muda sampai putih. 

Tak banyak yang tahu, bunga ini sebenarnya berasal dari Meksiko. Namun, banyak menganggapnya sebagai warisan asli Indonesia. Padahal, bunga ini diperkenalkan di Indonesia di zaman Kerajaan Majapahit oleh seorang pedagang asal Tiongkok. 

Pemanfaatan bunga ini untuk kesehatan tubuh juga banyak dipercaya oleh masyarakat setempat. Diantaranya:

  • Menjadikan kulit lebih halus dan lembut. kamu bisa mandi dengan air yang berisikan ekstrak bunga ini.
  • Mengurangi stres. Dipercaya bunga ini dapat memberikan efek menenangkan dan relaksasi, sehingga dapat membantu mengurangi stres.
  • Meningkatkan kualitas tidur. Bila kamu mengalami gangguan tidur, aroma menenangkan dari bunga ini dapat membuatmu lebih rileks sehingga lebih mudah tertidur.
  • Dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Bentuk, Warna, dan Aroma Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma memiliki warna putih sampai merah muda dengan bentuk daun pipih memanjang berwarna hijau. Meski kebanyakan kaktus ditemui berduri, tetapi bunga ini termasuk salah satu tanaman kaktus yang tidak mempunyai duri sama sekali loh. 

Karakteristiknya yang sangat khas ini membuat pecinta tanaman tak sabar ingin membudidayakannya di rumah. 

Secara umum, bunga ini dijumpai dengan tinggi 1-2 meter. Sementara itu, untuk aromanya sangat wangi.

Tempat tumbuh tanaman ini biasanya di permukaan tanaman lain karena bersifat epifit. Namun, ia juga bisa tumbuh subur di iklim sedang hingga tropis. Akan tetapi, bila suhu udaranya sudah di atas 38 derajat Celcius, bunga ini tidak dapat berkembang dengan baik.

Jadi, bagi kamu yang tertarik membudidayakan tanaman ini, sebaiknya menanam bunga di suhu 20-30 derajat celcius. 

Arti/ Makna Bunga Wijaya Kusuma

Tak disangka, makna dari bunga ini sangat menarik loh. Salah satunya, mampu membawa nasib baik. Menurut legenda, siapa pun yang menyaksikan langsung bunga ini mekar di malam hari, maka akan diberkahi keberuntungan.

Legenda ini merujuk pada etimologi dari nama bunga itu sendiri. Dimana, dalam bahasa jawa “wijaya” berarti kemenangan dan “kusuma” berarti tegak.

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Untuk kamu yang tertarik membudidayakan bunga wijaya kusuma ini, berikut tutorial penanamannya yang bisa dilakukan di rumah.

1. Mulai pembibitan

Tahap budidaya bunga wijaya kusuma diawali dengan pemisahan bunga dengan bagian rumput bibit dan rumput akarnya. Tujuannya, supaya bibit dapat terpisah dari induk. Sehingga, kamu dapat memanfaatkan bibitnya untuk proses budidaya.

2. Penyiapan media tanam

Langkah kedua, kamu bisa melanjutkan proses budidaya dengan mulai menyiapkan media tanamnya. Adapun media tanam yang cocok untuk tanaman ini adalah campuran tanah, humus, pupuk organik, dan pasir. Untuk perbandingannya yakni 3:1:1:2.

Pastikan kamu menyiapkan perbandingan media tanam ini dengan benar agar bunga dapat tumbuh subur. Namun, bila kamu cenderung ingin menanamnya di pot, cukup gunakan media tanam pasir, batang paku tiang, dan lumut sphagnum saja, ya!

3. Mulai penanaman

Siapa bilang cara budidaya bunga wijaya kusuma. Nyatanya gampang kok selagi kamu masih mau belajar!

Tahap penanaman ini dapat dimulai dengan membuat lubang hingga 5 cm pada media tanam. Setelah itu, masukkan bibit bunga ke dalam lubang. Terakhir, tutuplah hingga tanah kembali rata.

4. Penyiraman bunga

Agar bibit berkembang dengan baik, jangan lupa untuk lakukan penyiraman dengan air bersih. Meski sebenarnya bunga ini tidak terlalu membutuhkan air yang banyak, tetapi kamu perlu memastikan bahwa dosis penyiraman tercukupi dengan baik. Terlebih di musim kemarau, tanaman mungkin akan cenderung mengalami dehidrasi.

5. Pemupukan

Tidak hanya dengan penyiraman, tanaman juga dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik apabila diberikan pupuk secara rutin. Pastikan pemberian pupuk harus dari bahan dasar hewan atau tumbuhan.

Kamu bisa memberikan pupuk sekali 2 minggu supaya bunganya tumbuh dengan subur.

6. Penyiangan

Penyiangan termasuk tahapan paling penting dalam budidaya bunga wijaya kusuma. Tujuannya, sebagai pencegahan tanaman agar terhindar dari penyakit atau hama.

Kamu bisa membuang atau memotong bagian tanaman yang ditumbuhi hama atau gulma. Jika perlu, semprotkan fungisida atau insektisida agar terhindar dari penyakit dan hama.

Lakukan Hal Ini sebagai Perawatan Bunga Wijaya Kusuma!

Eits, tugas kamu belum selesai ya! Masih ada proses perawatan yang perlu dilakukan agar tanaman tumbuh dengan baik dan subur. Beberapa di antaranya:

1. Pastikan tanaman selalu terhidrasi

Menyiram bunga dengan terlalu sedikit atau terlalu banyak air ternyata tidaklah dianjurkan, apalagi sampai menggenang di media tanam. Tapi, setidaknya cukup untuk mendukung pertumbuhannya. 

Salah satu tips yang bisa kamu coba agar air tidak menggenang, yakni menggunakan pot yang bagian bawahnya sudah dilubangi. 

2. Pindahkan tanaman ke tempat yang panas

Pertumbuhan bunga wijaya kusuma akan lebih baik bila seluruh bagian tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup. Untuk itu, pastikan untuk menempatkannya di tempat yang panas. 

Kamu juga dapat meletakkan tanaman ini dengan cara digantung atau dipindahkan ke tempat yang tinggi agar mendapatkan sinar matahari yang maksimal. 

3. Membersihkannya dari serangan hama

Bunga wijaya kusuma sangat sering terjangkit penyakit kutu putih. Nah, biasnaya penyakit ini akan menyerang bagian daun lalu membuatnya menjadi layu, menguning, hingga keriput. Maka dari itu, penting untuk selalu mengecek kondisi tanaman kamu secara rutin.  

Itulah berbagai tips budidaya bunga wijaya kusuma yang bisa kamu terapkan di rumah masing-masing. 

Oh ya, bila kamu sedang bingung dimanakah memesan karangan bunga yang bagus dan tepercaya, kamu bisa kunjungi website kami di Athaya Florist. Kami juga melayani konsultasi layanan bunga sesuai keinginan dan kebutuhanmu, ya! Kami tunggu di Athaya Florist

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • parsya-parcel-snack-natal-dari-athaya-yang-terdiri-dari-nastar-putri-salju-red-velvet-pouch-almond-cookies-pouch-chocolate-chip-cookies-pouch-box-exclusive-dan-ornamen-natal
    Parsya

    Original price was: Rp 1.000.000.Current price is: Rp 855.000.

  • chloe-bunga-salib-dari-athaya-yang-dirangkai-dengan-kombinasi-bunga-berwarna-putih-baru-dan-segar
    Chloe

    Original price was: Rp 1.200.000.Current price is: Rp 1.000.000.

  • tessa-standing-flower-berkonsep-kuning-putih-dari-athaya-dengan-rangkaian-mawar-baby-rose-hortensia-snap-dragon-baby-breath-lily-dan-peace-lily
    Tessa

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.500.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja