Bunga Verbena, Benarkah Mirip Bunga Lavender

Sering disebut-sebut mirip bunga lavender, bunga verbena ternyata memiliki kecantikan yang sangat luar biasa. Bunga ini mungkin jarang kamu temukan di Indonesia. Sebab habitat aslinya ada di Amerika dan Asia. Penasaran seperti apa bentuk dan warna dari bunga ini?

Asal Usul Bunga Verbena

Verbena adalah bunga dari famili Verbenaceae yang memiliki hingga 250 spesies di dunia. Tanaman semi kayu yang berbunga ini sangat banyak tumbuh di daratan Asia dan Amerika.

Dalam berbagai spesies, kamu mungkin akan menjumpai bunga ini dengan daun berbulu dan bunga yang kecil berwarna-warni (ungu, putih, pink, biru).

Untuk kamu yang ingin membudidayakan bunga ini, pastikan ia mendapatkan hingga 8 jam sinar matahari setiap harinya.

Bentuk, Warna, & Aroma Bunga Verbena

Bunga ini termasuk tanaman yang sangat populer di beberapa negara. Itu sebabnya, banyak yang menjadikan tanaman ini sebagai salah satu produk wewangian di rumahnya.

Bunga ini memiliki aroma yang sangat menyegarkan seperti lemon. Lalu, lama kelamaan, biasanya aroma ini akan berubah menjadi aroma buah yang sangat manis.

Untuk warna dari bunga ini beranekaragam, mulai dari warna merah muda, putih, merah, ungu, dan biru. Namun, saat mekar, ia lebih cenderung tampil dengan warna merah dan ungu.

Akan tetapi, di beberapa tempat mungkin kamu akan menjumpainya mekar dengan warna merah mudah, putih, dan warna lainnya. Proses pemekaran bunga ini bisa memakan waktu berminggu-minggu atau lebih. Jadi, kamu harus benar-benar sabar untuk bisa menyaksikan keindahan dari bunga mirip lavender ini.

Jenis dan Makna Bunga Verbena

Bunga ini memiliki makna khusus berdasarkan warnanya. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Bunga verbena pink

Pink pada bunga verbena ini berarti kebahagiaan dan kebaikan hati. Verbena pink adalah cara yang paling sempurna untuk memberitahu orang lain bahwa kamu sedang memerhatikannya.

2. Bunga verbena merah

Masyarakat meyakini bunga ini sebagai simbol hormat, cinta, dan pengagum. Ada juga yang mempercayainya sebagai simbol nafsu dan gairah.

3. Bunga verbena biru

Dengan warnanya yang biru, bunga ini memiliki makna yang sama seperti langit dan lautan, yakni simbol ketenangan dan ketentraman.

4. Bunga verbena ungu

Ungu termasuk warna yang cukup langka ditemukan. Hal ini membuat verbena ungu diartikan sebagai simbol penghormatan dan kerajaan.

5. Bunga verbena putih

Terakhir, jenis bunga lainnya adalah bunga verbena putih. Putih berarti kemurnian dan kesucian.

Manfaat Bunga Verbena bagi Kesehatan

Ada beberapa bagian tanaman bunga ini yang sering dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional oleh masyarakat. Diantaranya sebagai:

  • penyakit gusi ringan atau radang gusi
  • pembengkakan atau peradangan pada rongga hidung.
  • meredakan depresi
  • membantu memelihara kesehatan jantung

Namun, sayangnya, masih belum ada penelitian ilmiah terkait penggunaan obat ini. Jadi, pastikan untuk selalu konsultasi dengan dokter bila kamu ingin menggunakan tumbuhan apapun sebagai pengobatan, termasuk bunga ini.

Cara Menanam Bunga Verbena

  1. Pertama, siapkan media tanam berupa pot dengan ukuran 15 cm.
  2. Siapkan benih verbena.
  3. Kemudian, isilah pot dengan campuran tanah dan pupuk kandang menggunakan perbandingan 1:1. Kamu juga bisa menggunakan sekam bakar.
  4. Buatlah lubang pada media tanam hingga kedalaman satu ruas jari.
  5. Masukkan dua biji bunga ke dalam lubang tersebut. Tutupi media tanam kembali dengan tanah hingga menutup sempurna. Namun, jangan terlalu memadatkan media tanam. Sebab, ini dapat mempersulit pertumbuhannya.
  6. Siramlah dengan spray dua kali sehari, pagi dan sore hari.
  7. Letakkan bunga di tempat yang terkena matahari selama lebih dari 8 jam.
  8. Jagalah kelembaban media tanam. Jangan biarkan media tanam kering atau terlalu basah. Meski bunga verbena menyukai cahaya matahari, tetapi jangan meletakkan pot berisi biji verbena di bawah sinar matahari untuk menjaga kelembabannya.
  9. Berikan pupuk kandang atau pupuk organik pada tanaman secara berkala.

Cara Merawat Bunga Verbena

Setelah selesai menanam bunga verbena, berikut adalah cara merawat bunga verbena:

  1. Pupuk kandang dapat diberikan sekali dalam sebulan secara rutin.
  2. Pastikan memilih media tanam atau tanah tidak mengeras. Apabila sudah mengeras, segera untuk menggantinya dengan media tanam yang sama.
  3. Jangan membiarkan media tanam tergenang oleh air. Sebab, bunga ini cenderung lebih suka hidup di tanah yang kering.
  4. Bila kamu menemukan ada bunga dan daun yang mati, layu, atau rusak, segeralah untuk memangkasnya. Kamu juga perlu memangkas bagian atas bunga setiap 2-3 minggu sekali, khususnya pada bagian bunganya

Pesan Berbagai Produk Bunga di Athaya

Setelah menjelaskan tentang tanaman verbena, mungkin kamu yang membaca artikel ini termasuk pecinta bunga. Bunga memang cara paling tepat untuk mengungkapkan perasaan seseorang.

Ada banyak bunga yang bisa kamu gunakan untuk hal tersebut. Nah, salah satunya bisa kamu temukan di Athaya Florist.

Athaya florist adalah toko bunga dan florist yang menjual berbagai produk bunga mulai dari bunga stand, krans bunga, bunga salib, bunga papan, parcel, and hampers menarik sesuai kebutuhan kamu.

Untuk kamu yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, bekas, Bandung, Sukabumi, dan Karawang, sekarang tidak perlu pusing lagi saat mencari bunga yang dibutuhkan, karena layanan Athaya Florist hadir secara online.

Secara kualitas, kami dapat menjamin kamu akan menerima bunga dalam kondisi yang masih segar dan tentu bisa konsultasikan model karangan atau buket bunga yang diinginkan bersama tim florist kami.

Kami memiliki tim florist yang telah berpengalaman hingga bertahun-tahun. Dengan itu, kami yakin dapat memenuhi kebutuhan bunga kamu dengan maksimal.

Sebab, kami sangat memahami bahwa bunga dapat menjadi bagian terpenting dalam momen kebahagiaan atau kesedihan yang sedang dirasakan. Lewat bunga, orang-orang yang tidak berkesempatan hadir di momen tersebut dapat terwakili perasaannya.

Maka dari itu, jangan ragu untuk mempercayakan Athaya Florist sebagai pilihan toko bunga impian kamu, ya! Yuk, hubungi kami sekarang juga dan konsultasikan keinginan kamu sesuai budget yang dimiliki bersama tim florist terbaik kami.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • paris-parcel-buah-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-mawar-dan-bunga-aster-pilihan-yang-terjaga-kesegarannya
    Paris

    Original price was: Rp 1.000.000.Current price is: Rp 800.000.

  • imaniar-bunga-papan-congratulations-dari-athaya-untuk-ulang-tahun-ke-72-tahun-bapak-soesilo-bambang-yudhoyono
    Imaniar

    Original price was: Rp 3.500.000.Current price is: Rp 3.000.000.

  • sofie-bunga-papan-pernikahan-dari-athaya-dengan-desain-papan-printing-dan-rangkaian-bunga-mawar-gompy-krisan-pom-pom
    Sofie

    Original price was: Rp 2.700.000.Current price is: Rp 2.500.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja