Bunga Statice yang Mirip Seperti Bunga Lavender

Eits, pasti kamu mengira kalau ini adalah bunga lavender kan? Tapi, ternyata kamu salah. Ini sebenarnya adalah bunga statice, hanya saja memiliki bentuk dan warna yang mirip. Mau tahu apa perbedaannya dari bunga lavender? Simak penjelasannya di artikel ini.

Bentuk, Warna, & Aroma Bunga Statice

Statice memiliki nama latin yakni Limonium stati. Namun, di Indonesia lebih sering dipanggil dengan sebutan statice agar pengucapannya lebih mudah. Tercatat, ada sekitar 120 spesies yang tersebar di beberapa daerah.

Bunga dengan rupanya yang eksotis ini merupakan kelompok dari famili Plumbaginaceae. Biasanya, bunga ini digunakan sebagai buket bunga kering.

Oh ya, bicara soal bunga lavender, karena bentuknya yang sangat mirip, akhirnya banyak orang yang memanggilnya sebagai “sea lavender”.

Sementara itu, ketinggian dari tanamn ini berkisar 40-70 cm. Uniknya, ternyata bunga ini dapat tumbuh sepanjang tahun loh. Tetapi, dikecualikan untuk jenis statice sinuata.

Dari segi bentuk bunganya, cukup kecil dan terdapat pula mahkota dengan ukuran cukup kecil. Warna kelopak bunga statice ini sangat berwarna-warni, tetapi dominan dijumpai adalah putih.

Saat kamu menyentuh bunga ini secara langsung, maka akan sangat mirip seperti kertas krep. Sebab itulah, akan sangat mudah saat kamu ingin mengidentifikasi bunga ini.

Cara Menanam Bunga Statice

Budidaya tanaman adalah hal yang wajib dilakukan oleh pecinta bunga, bahkan hanya sekedar untuk mengisi waktu luang di sela-sela padatnya pekerjaan rumah.

Menariknya lagi, menurut data pada tahun 2014, pembudidaya bunga ini berhasil meraup keuntungan lebih dari 1 juta dolar di Amerika Serikat.

Tak sabar kan pastinya ingin jadi miliarder juga. Yuk, simak cara menanam bunga statice:

1. Penyiapan media

Nah, pastikan kamu sudah melakukan penyiapan media tanam terlebih dahulu sebagai tempat untuk menanam bunga statice ini. Tidak ada persyaratan khusus untuk jenis tanah yang dipilih, sebab statice sendiri termasuk jenis tanaman yang mudah tumbuh di berbagai jenis tanah.

Namun, jika bingung jenis tanah seperti apa yang lebih baik, kamu bisa memilih tanah dengan sedikit berkerikil dan berpasir ya! Tak kalah penting, pastikan ia tumbuh di permukaan tanah yang kering.

2. Mulai menanam statice

Ada hal penting yang perlu kamu tahu sebelum menanam benih bunga ini. Benih bunga harus direndam dulu dengan air hangat lalu disimpan dalam wadah 2-3 jam. Nah, setelah tahapan ini selesai, barulah proses tanamn boleh dilakukan.

Untuk proses penaburan bibit bunga ini dapat dimulai pada Bulan Februari sampai Bulan Maret. Proses penanaman bisa dilakukan pada sebuat pot khusus. Lalu, ketika bunga sudah tumbuh 3-4 daun, maka baru boleh dipindahkan. Perkiraan mulai tumbuh mungkin di sekitar bulan Mei.

Akan tetapi, apabila kamu ingin menanamnya di kebun langsung makan bisa membuat lubang tanam terlebih dahulu. Lalu, ketika ingin menanamnya berikan jarak hingga 30 cm antar masing-masing benih

3. Perawatan bunga statice

Pada dasarnya, tidak ada perawatan khusus yang dibutuhkan oleh bunga statice. Sebab, tanaman ini akan mekar kembali hingga musim gugur tiba. Bahkan, perawatan standar seperti pemupukan dan penyiraman rutin tidaklah terlalu dibutuhkan.

Nah, terkecuali untuk musim panas ya. Itupun frekuensinya tidak terlalu sering, kamu hanya perlu menyiram tanaman ini sekali dalam 1,5 bulan. Penyiraman dapat dilakukan pada pukul 4 sore.

Sementara itu, untuk pemupukan mungkin sangat dibutuhkan bila ternyata bunga ini tumbuh di tanah yang tidak bagus.

4. Mulai panen

Inilah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh pecinta bunga. Pada momen ini, statice akan tumbuh dengan sangat tinggi dan saat inilah waktu yang tepat untuk melakukan proses panen.

Untuk proses pengeringan bunga ini cukup mudah. Sebab, tidak memerlukan alat pengering khusus dan cukup letakkan di bawah sinar matahari langsung.

Dengan cara budidaya bunga statice yang sangat simple, siapa sih yang tidak tertarik untuk menanam bunga ini di rumah? Yuk, giliran kamu selanjutnya.

Pesan Buket Bunga di Athaya Florist

Kamu juga bisa loh temukan berbagai buket bunga menarik di Athaya Florist. Tidak hanya buket dan rangkaian bunga saja, tetapi juga ada layanan dekorasi yang siap menemani momen penting dalam hidup kamu.

Lalu, apa sih kelebihan memesan bunga di Athaya Florist? Tentu, sangat banyak dong. Beberapa di antaranya:

1. Kualitas bunga yang tak tertandingi

Kami selalu menempatkan kualitas bunga sebagai pilihan teratas saat memilih bunga yang cocok untuk pelanggan. Di samping itu, kami pun selalu menggunakan bunga berkualitas segar yang diperoleh dari petani bunga terbaik. Itu sebabnya, soal kualitas kamu tidak perlu khawatir.

2. Hasil rangkaian yang kreatif

Kami hadir bersama tim florist yang telah berpengalaman dan profesional selama bertahun-tahun. Skill yang dimiliki oleh tim kami ini selalu berhasil menghasilkan karya-karya bunga yang sangat kreatif dan menarik. Mulai dari papan bunga, bunga krans, dekorasi bunga, hingga buket bunga.

3. Tersedia berbagai pilihan bunga

Kira-kira bunga apa sih yang sedang kamu butuhkan? Nah, bunga yang kami miliki sangatlah lengkap. Untuk lebih lanjutnya, kamu bisa konsultasikan pemilihan bunga yang tepat untuk rangkaian atau buket bunga impian kamu ya!

4. Layanan pelanggan yang ramah

Tim customer service kami selalu sedia setiap harinya untuk melayani kebutuhan konsumen. Jika ada hal yang ingin kamu tanyakan, jangan ragu untuk menghubungi kami ya! Sebab tim kami selalu responsif dan ramah. Kami pastikan kamu mendapatkan pengalaman belanja yang sangat menyenangkan bersama tim Athaya Florist.

Soal budget, aman kok karena tentu bisa disesuaikan dengan keinginan klien. Yuk, cek apa saja katalog produk yang kami miliki disini. Setelah itu, hubungi admin kami dan tunjukkan buket manakah yang ingin kamu pesan.

Jangan lupa untuk mengisi format pesanan dengan tepat dan benar ya! Ini untuk menghindari adanya kesalahan setelah bunga selesai dibuat. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi Athaya Florist dan dapatkan produk bunga favorit kamu!

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • irene-bunga-papan-ucapan-dari-athaya-untuk-daerah-lombok-dan-ntb
    Irene

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.500.000.

  • aurora-papan-bunga-duka-cita-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-tiga-jambul-diatas-dan-satu-jambul-di-bawah
    Aurora

    Original price was: Rp 1.200.000.Current price is: Rp 1.000.000.

  • peggy-parcel-snack-natal-dari-athaya-yang-terdiri-dari-ferero-rocher-t24-boneka-nastar-j&w-sparkling-jc-putri-salju-cheese-stik-soes-putri-genit-lolipop-red-velvet-cookies-pouch-almond-cookies-
    Peggy

    Original price was: Rp 3.300.000.Current price is: Rp 3.000.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja