bunga-snapdragon-dari-pexels-oleh-tara-winstead

Snapdragon atau bunga mulut naga (Antirrhinum majus) termsauk dalam famili Plantaginaceae dan genus Antirrhinum. Ketika bunga ditekan, maka bentuknya akan menyerupai mulut naga yang membuka dan menutup.

Bunga ini memang indah ketika mekar dengan berbagai warna. Namun, saat tanaman ini mati bunganya akan berubah bentuk menyerupai tengkorak manusia.

Asal

Bunga snapdragon tumbuh di daerah berbatu di Eropa, Afrika Utara, Kanada, dan Amerika serikat, tetapi awalnya berasal dari Mediterania. Di daerah Mediterania, tanaman ini sering ditemukan tumbuh di celah/retakan dan dinding-dinding.

Sejarah

Orang zaman dahulu menganggap bahwa snapdragon memiliki kekuatan gaib/supernatural sehingga sering dipakai sebagai pelindung dari ancaman sihir. Bunga ini juga dipercaya bisa membuat wanita tampak lebih muda dan cantik.

Karakteristik

  • Ukuran

Secara umum tanaman snapdragon mampu tumbuh setinggi 75 cm. Ada juga yang katanya bisa mencapai tinggi hingga 2 m walaupun sangat jarang.

  • Daun

Berbentuk spiral dan mengelilingi ranting serta batang. Panjang daunnya berkisar antara 1-7 cm dengan lebar 2-2,5 cm.

  • Bunga

Mulai muncul di bawah batang bulat dan tumbuh dengan pelan ke atas. Warnanya pun beragam, misalnya oranye, merah, atau putih.

  • Aroma

Aroma snapdragon segar dan ringan. Ada juga yang mendeskripsikan baunya seperti aroma bubblegum yang fruity.

Manfaat

Tidak hanya indah, bunga snapdragon juga memliki sejumlah manfaat.

  • Sebagai hiasan

Masyarakat pada umumnya memakai tanaman ini sebagai hiasan atau bunga potong karena warna, bentuk, dan aromanya yang segar. Di dalam negeri, permintaan akan bunga ini meningkat pada hari-hari besar.

Sejumlah restoran juga memakai bunga snapdragon sebagai garnish. Walaupun tergolong bisa dimakan, rasa bunganya cenderung hambar dan sedikit pahit pada sejumlah jenis. Jadi, tidak banyak orang yang memakan snapdragon pada hidangan yang disajikan.

  • Sebagai obat

Bunga ini mengandung zat anthocyanin. Menurut para ahli medis, zat ini berguna dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor.

Selain itu, tanaman ini juga mengandung flavonoid dan senyawa fenol yang mampu menyerap radikal bebas. Kandungan dalam tanaman ini juga bisa dipakai untuk mengatasi inflamasi, wasir, ulserasi, mulas, dan peradangan usus besar.

Sayangnya masih belum ada penelitian yang lebih mendalam untuk mengapliksikan manfaat snapdragon dalam bidang kesehatan secara nyata.

  • Sebagai edible oil

Praktik ini umum dilakukan di Rusia dengan mengolah biji snapdragon.

  • Sebagai pewarna

Pewarna hijau bisa didapatkan dengan mengekstrak bunganya.

Habitat dan iklim

Snapdragon adalah tanaman tahunan, tetapi bisa juga dibudidayakan sebagai tanaman musiman. Sesuai dengan habitat aslinya, snapdragon cocok ditanam di dearah bersuhu dingin atau beriklim sedang. Jadi, bunga ini akan tumbuh subur di dataran tinggi dibandingkan di dataran rendah.

Tanaman ini memerlukan waktu sekitar 100 hari mulai dari masa perkecambahan hingga bunga pertama muncul. Untuk itu, waktu menanam perlu disesaikan dengan cuaca di tempat Anda tinggal. Pengelompokkan snapdragon biasanya didasarkan pada ukuran yaitu: tinggi (76-121 cm), sedang (38-76 cm), dan kerdil (15-20 cm).

Penyerbukan

Di alam liar, penyerbukan bisa terjadi dengan mudah tanpa bantuan manusia. Pihak yang paling berperan dalam proses ini adalah serangga bumblebee. Bumblebee bekerja dengan membuka bunga yang memungkinkan serangga lain untuk mengambil nektar.

Sejumlah serangga misalnya lebah madu tidak bisa membuka celah untuk menghisap nektar. Dengan kata lain, tanpa bumblebee penyerbukan alami akan sulit terjadi.

Fakta Unik

Bunga snapdragon rentan terhadap gas etilena yang akan membuatnya gampang layu. Oleh karena itu, Anda perlu menjauhkannya dari sayuran dan buah yang matang.

Arti/Makna

Bunga snapdragon identik dengan simbol keanggunan, kekuatan, serta kelicikan. Simbolisme ini muncul karena tanaman ini sering tumbuh di bebatuan. Dalam mitologi, bunga ini digunakan sebagai jimat untuk melawan kebohongan/kepalsuan.

Makna snapdragon berdasarkan warna adalah sebagai berikut.

  • Kuning: senyuman, kebahagiaan, dan keberuntungan
  • Merah: gairah, cinta, dan energi positif
  • Putih: kemurnian, kepolosan
  • Ungu: spiritualitas dan misteri magis

Cara Menanam

Pada dasarnya snapdragon memerlukan tanah gembur dan sinar matahari yang cukup.

Tanah

Tanaman ini memerlukan tanah ber-pH netral antara 5,2-7 dengan drainase yang baik.

  • Untuk keperluan sendiri, siapkan wadah/pot dengan ketinggian 10 cm dengan lubang drainase. Masukkan campuran tanah yang gembur dan ringan. Komposisi umum tanah untuk snapdragon adalah pasir, gambut, humus busuk, dan tanah yang subur. Anda juga bisa membeli campuan tanah siap pakai di pasaran.
  • Jika Anda berniat membudidayakan snapdragon, disarankan untuk memberi pupuk petroganik pada tanah dan menyiramnya sampai lembab. Setelah itu, taburkan insektisida untuk membunuh patogen dan hama yang mungkin ada di dalam tanah.

Benih

  1. Beli benih atau ambil dari bunga yang sudah matang dan lakukan persemaian sebelum penanaman. Beberapa orang memilih untuk menutup tanaman dengan plastik demi mempercepat perkecambahan benih.
  2. Bibit snapdragon cukup rapuh sehingga Anda perlu menyiramnya terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke tanah kebun atau pot.
  3. Kemudian, pakai pinset dan ambil bibit dengan hati-hati. Lubang tanam snapdragon dalamnya kurang lebih 1 cm atau seukuran satu ruas jari tangan. Tidak baik menamam bibit terlalu dalam karena tanaman tidak akan bisa mendapat sinar matahari yang cukup.

Setelah ditanam, siram dengan hati-hati menggunakan sprayer supaya tidak layu selama kira-kira satu minggu.

Pemeliharaan

Sinar matahari

Snapdragon membutuhkan sinar matahari selama ±6 jam/hari dengan suhu 18-21 °C agar bisa tumbuh optimal. Namun, hindari manaruh tanaman ini di bawah sinar matahari yang terlalu terik. Untuk mengatasi hal ini, tempatkan snapdragon di area yang teduh.

Penyiraman

Hanya siram saat tanahnya kering. Sebaiknya berikan air di sekitar snapdragon daripada menyiramnya langsung dari atas untuk melindungi tanaman.

Siram secara teratur 2-3 kali seminggu, tetapi jangan berlebihan untuk menhindari kebusukan yang diakibatkan penyakit dan hama. Anda mungkin perlu menyesuaikan frekuensi penyiraman dengan kondisi cuaca atau iklim di tempat tinggal Anda. Misalnya, saat musim hujan menyiram tanaman 2 kali seminggu biasanya sudah cukup.

Penyiangan

Untuk membuat tanaman lebih rimbun dan memproduksi lebih banyak bunga, cukup potong batang atasnya. Potong juga bunga yang sudah mengering untuk mendorong mekarnya bunga di musim berikutnya. Bersihkan pula tanaman dari gulma di sekitar yang bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Pemupukan

Berikan pupuk berkadar seimbang dalam jumlah sedikit sebulan sekali. Sebarkan pupuk di area perakaran snapdragon, lalu siram tanahnya. Jangan menabur pupuk di daun.

Pengendalian penyakit dan hama

Untuk melindungi tanaman dari penyakit dan hama misalnya siput dan serangga, jaga jangan sampai area tanahnya tergenang air. Jika tanaman terserang penyakit atau hama, pastikan penanganannya sesuai dengan masalah yang timbul.

Sebagai contoh, Anda bisa memakai pestisida untuk melawan hama mites dan thrips, petrofur dan prevathon untuk ulat, dan dithen untuk mengatasi busuk batang.

Setelah mengenal bunga snapdragon apakah Anda berniat untuk menamam sendiri di rumah? Jika tidak mau repot, Anda cukup membeli versi bunga potongnya untuk menghias rumah Anda.

Leave A Comment

Produk Pilihan

  • briana-buket-bunga-dari-athaya-berwarna-serba-putih-dari-bunga-dan-wrappingnya-di-tambahkan-dekorasi-uang-seratus-ribu-rupiah

    Briana

    Rp1.000.000

  • ohana-standing-flower-dari-athaya-untuk-acara-ulang-tahun-menggunakan-nuansa-bunga-dan-dekorasi-berwarna-putih

    Ohana

    Rp1.700.000

  • edina-buket-bunga-dari-athaya-berwarna-serba-putih-dari-bunga-dan-wrappingnya-menambah-kesan-bersih-dan-elegan

    Edina

    Rp850.000

Produk Favorit

Produk Terbaru

Hand Bouquet

Standing Flower

Bunga Meja