bunga-sedap-malam-indah-dan-harum

Bunga Sedap Malam merupakan bunga resmi Kabupaten Pasuruan, provinsi Jawa Timur. Bunga ini dikenal dengan aromanya yang khas sehingga sering dikaitkan dengan hal–hal mistis.

Asal

Bunga Sedap Malam memiliki nama latin Polianthes tuberosa, tetapi sekarang sudah diganti menjadi Agave amica. Agave (terkenal) diambil dari kata “Agaue”, seorang tokoh dalam mitologi Yunani. Sementara amica artinya “bersahabat” karena aromanya yang menarik.

Nama lain bunga ini adalah tuberosa (bahasa latin) yang berarti bengkak. Istilah tuberosa juga merujuk ke sistem akar tanaman. Di Indonesia dinamakan Sedap Malam karena bunganya mekar di malam hari dan menyebarkan aroma wangi.

Bunga Sedap Malam adalah tanaman asli Meksiko, tetapi sekarang sulit ditemukan di alam liar. Ada yang berpendapat bahwa ini disebabkan oleh “penjinakan” yang dilakukan bangsa Aztek. Saat ini, bunga Sedap Malam tumbuh dan sering ditemukan di banyak negara beriklim tropis dan subtropis.

Habitat dan Iklim

Sedap Malam termasuk tanaman sukulen yang mampu menampung banyak air. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik di area dengan kriteria sebagai berikut.

  • curah hujan per tahun antara 1.900–2.500 mm
  • ketinggian 600 m–1.500 m dpl
  • suhu udara 13°C–27°C
  • tingkat kelembapan yang cukup tinggi
  • sinar matahari penuh

Agave amica bisa ditanam di luar ruangan sepanjang tahun di berbagai daerah selama tidak ada ancaman beku. Tanaman ini menginginkan hawa yang hangat dan membutuhkan banyak kelembapan di awal pertumbuhannya.

Bentuk, Warna, dan Aroma

Berikutnya, kami akan membahas ciri dan karakteristik bunga Sedap Malam.

Bentuk

Bunga ini memiliki batang semu (umbi induk) untuk menyimpan makanan dengan batang utama di tengah. Daunnya berwarna hijau, berbentuk pipih memanjang, dan bisa mencapai panjang 60 cm. Selain itu, ada bintik kecil kemerahan di pangkal daun. Sekitar 5–12 kuntum bunga yang seperti bintang kecil menempel pada satu tangkai. Setiap rumpun bisa menghasilkan 3–5 tangkai bunga potong.

Warna

Warna bunga Sedap Malam adalah putih dan peach, tetapi ada beberapa varietas yang berwarna merah muda.

Aroma

Bunga Sedap Malam mempunyai aroma yang kuat dan unik. Beberapa orang mengatakan bahwa aroma Sedap Malam agak mirp dengan bunga melati dan gardenia. Aroma harumnya bahkan masih tahan hingga berhari-hari meski sudah dipotong.

Baca juga : Mengenal Jati Diri Bunga Calla Lily “Palsu”

Arti/Makna

Bunga Sedap Malam melambangkan keanggunan dan cinta jika dinilai berdasarkan warnanya. Namun, jika mempertimbangkan sejarah, mitos, dan budaya, bunga ini sama-sama memiliki makna positif dan negatif.

1.   Bahaya dan kekerasan

Menurut mitologi Yunani, Agaue membunuh anak laki–lakinya sendiri yang sedang menginterupsi ritual keagamaan. Akibatnya, bunga ini diasosiasikan dengan bahaya dan kekerasan. Namun, ada yang mengartikannya dengan feminisme yang kuat.

2.   Cinta dan kesetiaan

Aroma bunga sedap malang yang mampu bertahan bahkan ketika kering dan gugur melambangkan seorang istri yang mencintai dan setia hingga kematian menjemput. Orang India, Hawai, dan Indonesia sering memakai rangkaian bunga ini untuk acara pernikahan.

3.   Hasrat yang berlebihan

Pada era Victoria, orang meyakini bahwa aroma bunga Sedap Malam menyebabkan erotisme. Oleh karena itu, para wanita wanita muda dilarang mengunjungi taman bunga Sedap Malam di malam hari. Mereka takut kalau para wanita ini akan terlena dengan aromanya dan melakukan tindakan yang tidak pantas.

4.   Hal-hal mistis

Bunga Sedap Malam dipercaya mampu mengundang makhluk halus sehingga dipakai untuk memanggil arwah. Akan tetapi, aroma bunga ini juga dipercaya bisa membuat malaikat betah tinggal berlama-lama dalam satu rumah.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Indonesia termasuk daerah yang mudah ditanami dengan bunga Sedap Malam. Untuk perbanyakan tanaman, bagian yang biasa dipakai adalah umbi induk.

Bibit

Cara termudah tentu saja adalah membeli bibit yang sudah siap tanam. Namun, Anda bisa melakukam pembibitan sendiri kalau mau.

  1. Bibit harus berasal dari tanaman induk berusia 1,5 atau di atas 2 tahun yang sehat dan produktif.
  2. Pisahkan umbi dari tanaman induk dengan hati–hati lalu bersihkan.
  3. Potong umbi dengan ukuran 1–2 cm.
  4. Simpan umbi di tempat kering dan biarkan sampai 1–2 bulan atau sampai muncul tunas.

Tanah

Umumnya, bunga ini ditanam di tanah yang subur, gembur, dan banyak humus. Jika ingin membudidayakan, jenis tanah yang paling ideal adalah Latosol dan Regosol. Alternatif lain adalah mencampur tanah, pupuk kompos/kandang, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Pastikan tanah memiliki pH 5–7.

Anda bisa menanam bunga ini langsung di lahan kebun atau di pot/polybag. Pilih pot/polybag yang memiliki lubang drainase di bawahnya, lalu masukkan tanah. Jika langsung menanam di lahan kebun, bersihkan dulu tanah dari bebatuan dan gulma. Kemudian gemburkan tanah dengan alat berkebun.

Penanaman

Pilih tempat yang cukup disinari matahari karena idealnya Sedap Malam membutuhkan sinar matahri selama 8 jam. Walaupun tanaman ini bisa ditanam di dataran tinggi yang dingin, pertumbuhannya tidak akan optimal.

  1. Buat lubang di tanah dengan kedalaman 5–9 cm menggunakan sendok atau garpu.
  2. Tanam umbi dengan tunas menghadap ke atas.
  3. Tutup lubang dengan tanah lalu siram.
  4. Jika ingin menanam lebih dari satu umbi di lahan kebun, buat jarak 20×20 cm antarumbi.
  5. Tanaman yang sudah cukup besar mungkin memerlukan penyokong supaya batang berdiri tegak.

Catatan. Umbi yang ditanam sebaiknya memiliki ukuran seragam.

Baca juga : Bunga Baby Breath: Mulai dari Asal hingga Perawatan

Pemeliharaan

Pemeliharaan bunga ini tidak terlalu sulit, tetapi perlu dilakukan secara rutin dan benar.

Penyiraman

Siram tanaman secara rutin 2 kali sehari yaitu pagi dan sore terutama sampai muncul tunas baru. Pastikan kondisi tanah agak becek karena Sedap Malam menyukai tanah yang lembap. Ketika sudah besar, tanaman bisa disiram 1 kali sehari saja.

Pemupukan

Pilih pupuk kandang, pupuk kompos, atau campur urea dan TSP (1:1). Berikan pupuk saat tanaman sudah berusia 6 bulan. Taburkan pupuk secara merata, tutupi dengan tanah, lalu siram.

Penyiangan

Bunga yang sudah menguning atau layu bisa dipotong untuk merangsang pertumbuhan. Gunakan gunting tanaman yang bersih ketika memotong dan menyiangi. Kalau serangan gulma cukup mengkhawatirkan, gunakan herbisida.

Pemberantasan hama

Tanaman Sedap Malam umumnya diserang oleh hama belalang dan ulat tanah serta penyakit yang disebabkan cendawan (Fusarium sp. dan Botrytis sp.). Cendawan ini akan mengakibatkan bunga layu dan busuk umbi. Untuk serangan berat, gunakan pestisida dan insektida. Sebagai pencegahan, buat sistem irigasi yang baik jika Sedap Malam ditanam langsung di lahan kebun.

Panen

Tanaman bisa dipanen setelah berusia 7–8 bulan yang umumnya ditandai dengan mekarnya 1–2 kuntum bunga. Petik bunga di pagi atau sore hari dengan pisau/gunting tajam dan bersih. Atau, Anda bisa langsung menarik tangkai bunga sampai lepas dari rumpunnya. Ikat beberapa tangkai menjadi satu, lalu masukkan ke dalam wadah berisi air bersih.

Manfaat Bunga Sedap Malam

Bunga Sedap Malam memiliki sejumlah manfaat selain sebagai tanaman potong.

1.   Parfum

Bunga ini juga dipakai sebagai parfum karena baunya menjadi lebih kuat setelah dipotong. Penggunaan Sedap Malam sebagai parfum sendiri sudah dipraktikkan sejak abad 17.

2.   Masakan

Bangsa Astek dipercaya memakai bunga ini untuk memberikan rasa pada cokelat meski keamanannya diragukan. Orang Indonesia juga mengolah bunga Sedap Malam sebagai masakan seperti tekwan dan sup.

3.   Kesehatan

Bunga Sedap Malam mengandung indeks glikemik rendah, vitamin B6, dan vitamin K. Bagian yang sering dipakai sebagai obat adalah umbinya. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan Sedap Malam adalah influenza, anemia, katarak, bisul, bengkak, dll.

Apabila anda berminat untuk memiliki bunga sedap malam yang fresh dalam bentuk rangkaian maka anda dapat menghubungi Customer Service kami segera. Tim kami akan dengan sigap membantu setiap kebutuhan rangkaian bunga, karangan bunga & dekorasi bunga anda.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • diana-danica-dekorasi-bunga-pernikahan-dari-athaya-yang-dikerjakan-oleh-tenaga-profesional-berkualitas-tepat-waktu-dengan-pelayanan-24-jam
    Diana

  • irene-bunga-papan-ucapan-dari-athaya-untuk-daerah-lombok-dan-ntb
    Irene

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.500.000.

  • tovia-standing-flower-dari-athaya-dengan-rangkaian-segar-yang-dirangkai-oleh-perangkai-bunga-profesional
    Tovia

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.400.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja