Bunga Poinsettia

Terkenal sebagai bunga beracun, poinsettia sangat jarang dikuliti karena judul -nya yang sangat membahayakan manusia hingga hewan peliharaan. Namun, tahukah kamu kalau itu hanyalah sebuah mitos? Yuk, kenali lebih dekat tentang bunga poinsettia pada ulasan di bawah ini. 

Asal Bunga Poinsettia

Bunga poinsettia memiliki nama lain yang juga cukup terkenal, yaitu kastuba. Sedangkan bunga ini merupakan kelompok dari famili Euphorbiaceae dengan genus Euphorbia yang di dalamnya terdapat sekitar 700-1000 spesies.  

Poinsettia termasuk tanaman asli Meksiko yang dulunya disebut sebagai “Cuetlaxochit”. Di sisi lain, bunga ini juga dijadikan sebagai salah satu simbol kesucian bagi masyarakat India karena memiliki warna yang sangat cemerlang. 

Sebagian besar orang India menggunakan daun bunga ini sebagai pewarna hingga obat demam dari getah tanaman poinsettia. 

Selain di Meksiko dan India, Anda mungkin juga akan berlokasi di kawasan Benua Amerika Tengah. Dimana, sering dijadikan sebagai salah satu dekorasi natal. Dengan warna-warni yang dimiliki poinsettia, tak heran kenapa digunakan sebagai hiasan natal 

Habitat & Iklim 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bunga poinsettia dapat tumbuh sepanjang tahun di tengah-tengah iklim yang hangat. Itu sebabnya, poinsettia termasuk bunga yang sangat cocok bila kamu ingin membudidayakannya di rumah kaca dan juga kawasan tropis.

Dikarenakan, tanaman ini memerlukan sinar matahari pagi dalam jumlah yang lebih banyak. Akan tetapi, bila sinar mataharinya terlalu terik, tanaman ini malah mudah layu dan rusak. 

Perlu diketahui juga untuk kamu yang tertarik membudidayakan tanaman poinsettia ini, jangan pernah menempatkannya di bawah suhu 10 derajat Celcius. 

Bentuk, Warna & Aroma

Tinggi batang tanaman poinsettia cukup bervariasi, tetapi secara umum berada pada jarak 60 cm – 4 m. Lalu, pada bagian atasnya terdapat daun-daun berbentuk oval yang berwarna hijau tua. Panjangnya kira-kira 7-16 cm. 

Lalu, dari sini kita bisa menemukan bunga tanaman ini? Bunganya sendiri terletak di bagian ujung dengan susunan yang sangat rapi dan tidak bermahkota. Kemudian, pada bagian bawahnya terdapat daun tambahan yang warnanya sangat variatif. 

Jika ditanya, apa saja sih warna dari bunga poinsettia ini? Mungkin akan sangat sulit untuk menjawabnya. Sebab, bunga ini bisa hadir dengan berbagai variasi warna, kombinasi warna, hingga pola yang menarik. Namun, yang perlu kamu ketahui adalah hampir semua tanaman ini memiliki warna yang cerah. 

Ada banyak jenis tanaman poinsettia ini, di antaranya:

  • Poinsettia Cahaya Oranye
  • Poinsettia Pukulan Es
  • Jingle Bell Poinsettia
  • Daun Musim Gugur Poinsettia
  • Permadani Poinsettia
  • Poinsettia Marmer
  • Poinsettia Putih Berkilau
  • Krim Poinsettia

Arti/Makna Bunga Poinsettia

Perlu kamu tahu, penamaan poinsettia sendiri bukanlah berdasarkan makna yang dimilikinya, melainkan orang yang membawa bunga ini ke Amerika Serikat.

Mulanya, terbentuklah sebuah kerjasama antara Meksiko dan Amerika Serikat pada tahun 1825. Kemudian, dikirimkanlah seorang duta besar untuk Meksiko bernama Joel Roberts Poinsett. 

Beliaulah yang telah memperkenalkan bunga ini ke Amerika Serikat. Singkat cerita, bunga ini disebut sebagai poinsettia. 

Cara Menanam

Poinsettia cenderung lebih menyukai tumbuh paparan tanpa sinar matahari langsung tapi masih di lingkungan yang terang. Sebab, paparan ini dapat membakar daun hingga menyebabkan stres tanaman. Akibatnya, daun mulai berguguran.

Namun, kondisi cahaya yang redup atau gelap justru juga tidak disukai poinsettia. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhannya menjadi terhambat hingga warna pada daunnya memudar. 

Sementara itu, untuk tanah yang lebih cocok dengan tanaman ini adalah tanah yang sedikit lembab. Janganlah terlalu sering atau banyak menyiram tanaman, karena dapat membahayakannya.

Tak kalah penting, pastikan kamu menanamnya di atas tanah yang berkualitas dan memiliki sistem drainase yang sangat baik. Kamu bisa membuat lubang pada penutup pot agar udara dapat mengalir keluar. Jangan pernah meninggalkan poinsettia dalam kondisi masih sangat basah hingga terendam udara. 

Anda juga perlu memberikan pupuk secara berkala dan memanfaatkan tanaman bila sudah waktunya. Untuk penempatannya, pastikan dijauhkan dari jendela terbuka atau ventilasi. 

Mitos Seputar Bunga Poinsettia

Ada berbagai mitos yang beredar di tengah-tengah masyarakat. Namun, sayangnya, meski sudah diklarifikasi oleh ilmuwan, tetap ada yang membenarkan mitos tersebut. Apa sajakah?

1. Beracun bagi hewan dan anak-anak

Selama berabad-abad lamanya, banyak masyarakat yang mengira bahwa bunga poinsettia ini beracun, terutama bagi hewan dan anak-anak. Meski belum pernah terbukti sebagai penyebab keracunan yang terjadi, rumor ini tetap meluas ke berbagai daerah. 

Ini berawal dari tahun 1910, dimana dilaporkan seorang anak meninggal setelah memakan daun poinsettia. 

Akhirnya setelah bertahun-tahun dan rumor ini masih populer, sejumlah ilmuwan bergerak untuk mempelajari mitos tersebut secara mendalam. Hasilnya, memang poinsettia tidak beracun selagi tidak dalam jumlah yang sangat banyak. 

2. Termasuk tanaman tahunan

Menurut penduduk Meksiko, poinsettia hanya tumbuh di bulan Desember dan Januari saja. Sementara itu, selain bulan tersebut, mereka tidak dapat menikmati indahnya warna bunga poinsettia. 

Namun nyatanya, poinsettia dapat tumbuh sepanjang tahun di iklim hangat seperti di Virginia dan Maryland. 

3. Bunga poinsettia sangat besar dengan warna merah cerah

Siapa nih yang beranggapan kalau bunga poinsettia berwarna merah cerah. Ternyata, salah loh . Warna merah cerah yang kamu lihat selama ini bukanlah bunga. Itu hanyalah sebuah daun yang disebut sebagai bracts .

Pada awalnya, daun tersebut berwarna hijau lalu mulai berubah warna di beberapa bulan setelahnya menjadi merah cerah. Bahkan terkadang bisa berwarna putih hingga merah muda. 

Bracts ini mengelilingi bunga kecil berwarna hijau kekuningan yang disebut sebagai cyathia. Sementara itu, daun sebenarnya berada di bawah bracts dan biasanya berwarna hijau tua. Namun, mungkin kamu juga bisa menjumpainya dalam berbagai warna menarik. 

Itulah informasi singkat seputar bunga poinsettia. Apakah kamu juga tertarik untuk merawatnya di rumah? Jika kamu ingin membeli bunga poinsettia, sebagai tipsnya, pastikan mencari tanaman dengan warna yang masih cerah, segar, dan bunga bagian tengahnya masih belum terbuka. 

Sesampainya di rumah, jangan biarkan tanaman poinsettia terkena panas atau dingin. Simpanlah di tempat yang cerah dan terang dengan suhu ruangan sekitar 18-21 derajat celcius. 

Segera konsultasikan kebutuhan bunga yang kamu inginkan bersama tim kreatif Athaya.

Kami menyediakan berbagai layanan dekorasi dan rangkaian bunga menarik. Mulai dari pernikahan, engagement, ulang tahun, acara kantor, bunga salib, bunga standing, hingga papan bunga yang menarik.

Selain itu, kami juga memiliki berbagai paket hampers yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • alina-papan-bunga-duka-cita-dari-athaya-dengan-karangan-bunga-segar-dan-ucapan-turut-berduka-cita-yang-dapat-disesuaikan
    Alina

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.500.000.

  • marlee-bunga-meja-dari-athaya-dengan-rangkaian-mawar-pink-fanta-mawar-pink-muda-baby-breath--krisan-,snap-dragon-dan-casablanca
    Marlee

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.300.000.

  • evelyn-buket-bunga-dari-athaya-yang-dirangkai-dengan-bunga-segar-dan-pilihan
    Evelyn

    Original price was: Rp 2.400.000.Current price is: Rp 2.000.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet