karakteristik-bunga-matahari-dan-cara-merawatnya-foto-oleh-susanne-jutzeler-suju-foto-pexels-com

Bunga matahari memiliki tampilan yang mencolok dengan warna kuning dan ukurannya yang besar. Kuaci mungkin adalah salah satu makanan olahan dari matahari yang paling diminati banyak orang. Di balik popularitasnya, karakteristik bunga matahari adalah bunga unik yang mudah ditanam.

Asal

Bunga matahari (Helianthus annuus L) adalah tanaman semusim yang berasal dari Meksiko, Amerika Selatan. Tanaman ini memiliki sebutan berbeda di beberapa negara. Di negara-negara barat, bunga ini disebut sunflower, xuang ri kui di Cina, dan himawari di Jepang. Bunga ini bahkan menjadi simbol penting di Ukraina dan salah satu negara bagian AS yaitu Kansas.

Habitat & Iklim

Sesuai dengan namanya, karakteristik bunga ini memliki bentuk menyerupai matahari. Pertumbuhan tanaman ini juga sangat tergantung pada sinar matahari. Sebagai tanaman semusim, bunga hanya akan mekar sekali dalam setahun.

Habitat ideal

  1. Area dengan ketinggian 1000-1500 m di atas permukaan laut (misalnya pegunungan). Kawasan semacam ini memliki kelembaban tinggi, tetapi harus ada banyak sinar matahari supaya tanaman bisa tumbuh subur.
  2. Iklim sub-tropis, cuaca yang hangat
  3. Suhu 10°C
  4. Curah hujan 50-80 mm/bulan

Sifat

Menurut KBBI. heliotropisme adalah “sifat bagian tumbuhan yang tumbuh ke arah datangnya sinar matahari”. Hasilnya, proses fotosintesis bunga matahari menjadi 10% lebih baik dibandingkan tanaman lain.

Namun, hal ini justru menghambat produksi minyak. Banyak energi harus dikeluarkan, tetapi hasilnya sedikit. Oleh karena itu, beberapa kultivar baru sengaja dibudidayakan dengan menghapus sifat heliotropisme ini.

  • Kelebihan

Tanaman ini memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik. Bunga matahari mampu bertahan dalam kondisi iklim dan cuaca yang beragam. Sebagai contoh, bunga matahari mempunyai sistem akar yang kuat sehingga bisa bertahan di lingkungan yang kering (tanah kering).

  • Kekurangan

Kita sudah bisa menebak bahwa sinar matahari sangatlah penting bagi tanaman ini. Dengan kata lain, bunga ini akan menjadi lemah saat ada banyak nauangan yang menghambat sinar matahari.

Untuk mengatasi hal ini, maka bunga matahari harus ditanam di area terbuka dan luas. Tanpa adanya pasokan sinar matahari yang cukup, pertumbuhan tanaman akan terganggu.

Perkembangbiakan

Penyerbukan bunga matahari bisa dilakukan dengan 2 cara.

  • Alami: kupu-kupu atau lebah madu menghisap nektar–> serbuk sari menempel di kaki serangga–> saat terbang dan hinggap di tanaman lain serbuk sari akan menyebar–> penyerbukan terjadi.
  • Manusia: penyebaran serbuk sari bisa dilakukan menggunakan brush atau dengan menggosokkan dua kuntum bunga untuk menukar serbuk sari.

Bentuk, Warna, & Aroma

Tanaman ini termasuk dalam kelas Magnoliopsida karena hanya punya sepasang kotiledon di dalam biji (tumbuhan dikotil). Tergantung jenisnya, tinggi maksimum yang bisa dicapai bunga ini adalah 5 meter, tapi umumnya berukuran 75 – 200 cm.

Morfologi umum

  • Akar: kuat meski tidak terlalu besar, halus, lebat, akar tumbuh mendatar, sistem akar mampu menembus sangat dalam ke tanah hingga kedalaman 3-4 meter
  • Batang: tinggi 1-3 meter, berbentuk bulat, tegak, memiliki tekstur bulu halus/sedikit kasar, kuat, cenderung mengikuti arah sinar matahari, tidak/jarang bercabang
  • Daun: tunggal, berbentuk jantung, ukuran rata-rata 10-25 cm, tumbuh pada pokok batang yang cukup keras
  • Bunga: Jika diukur, diameter bunga matahari berkisar antara 10, 15, hingga 30 cm.
    • Bunga tepi/bunga lidah: kelopak luar besar berjumlah puluhan, berwarna kuning cerah.
    • Bunga tabung: kelopak kecil di bagian tengah bunga tepi, jumlah bisa sampai ribuan, bentuk seperti tabung, warna cokelat, menghasilkan biji.
  • Biji: tekstur kulit keras, putih memanjang, warna hitam/abu-abu di bagian luar, bagian dalam bisa dimakan
  • Buah: Berbentuk kurung atau mirip tempurung, dinding buah agak keras tapi tidak terlalu tebal, sering disalahpahami sebagai biji

Warna

Warna kuning pada bunga matahari muncul karena tanaman mengekstrak karotenoid dari tanah. Meskipun kuning adalah warna yang umum ditemukan, beberapa spesies bunga matahari ada yang berwarna merah gelap dan oranye.

Aroma

Karakteristik bunga matahari sebenarnya tergolong bunga yang tidak beraroma. Akan tetapi, ada yang menyatakan bahwa bau bunga matahari itu seperti resin yang sulit dikenali. Selain itu, minyak bunga matahari diekstrak dari biji dan bukan dari daun atau kelopak bunga.

Arti/Makna

karakteristik-bunga-matahari-dan-cara-merawatnya-foto-oleh-pixabay-dari-pexels-com

Makna universal

  • Keabadian dan umur panjang

Di negara Cina, bunga matahari melambangkan keabadian dan umur panjang. Bunga ini sering diberikan saat kelulusan atau saat memulai bisnis untuk memberikan keberuntungan dan kebahagiaan abadi.

  • Kebahagiaaan/keceriaan

Warna dan bentuk bunga ini melambangkan keceriaan dan kegembiraan. Saat melihat bunga ini, kita diingatkan untuk menjalani hidup dengan bahagia.

  • Kesetiaan & pengabdian

Pergerakan fototropisme terjadi saat bunga matahari patuh mengikuti arah terbit dan terbenamnya matahari. Hal ini kemudian diibaratkan sebagai kesetiaan & pengabdian. Pemaknaan ini juga telah ada sejak peradaban suku Inca dan bangsa Yunani kuno.

  • Optimisme & semangat

Banyak orang percaya bahwa bunga ini mampu menyebarkan energi positif pada orang yang melihatnya. Bunga yang selalu mengarah ke cerahnya sinar mentari ini menunjukkan bahwa kita harus melihat sisi positif dari berbagai hal.

  • Persahabatan

Makna cinta yang terkandung pada bunga matahari lebih mengarah ke kasih sayang kepada sahabat atau saudara.

  • Persatuan

Jika digabung, jumlah bunga tepi dan bunga tabung yang menyusun bunga matahari bisa mencampai ribuan dalam satu tangkai saja. Jadi, jika kita bersama-sama kita akan semakin kuat.

Fakta. Di belahan dunia lain, bunga ini juga memiliki arti unik lain yaitu: simbol pangan (Rusia dan Amerika), perlawanan terhadap senjata nuklir (Jepang dan Ukraina), dan kekayaan semu (Spanyol).

Cara Menanam

karakteristik-bunga-matahari-dan-cara-merawatnya-foto-oleh-designecologist-dari-pexels-com

Media Tanam

Jenis tanah apapun sebenarnya tidak masalah, asalkan ada banyak sinar matahari dan air yang cukup. Area tanam juga harus terlindung dari angin. Namun, tanah yang gembur dan subur dengan pH tanah antara 6-7,5 akan sangat membantu saat penyemaian.

Bibit dan Penyemaian

  1. Pilih jenis bunga yang diinginkan. Biasanya hal ini terkait dengan tinggi tanaman.
  2. Pakai biji bermutu tinggi. “Bibit yang dibutuhkan untuk menanam bunga ini berasal dari bunga pertama induknya yang sudah tua (Widyastuti, 2018)”.
  3. Untuk amannya, Anda bisa mencari biji ini di toko tananman hias. Jangan sampai salah membeli kuaci yang untuk dimakan. Kuaci yang mengapung di air setelah direndam 5-10 menit adalah kuaci kualitas buruk, jadi jangan dipakai.

Proses Menanam

  1. Gemburkan tanah lalu tambahkan kompos. Pastikan tanah sudah bebas gulma.
  2. Kedalaman lubang kira-kira 2,5- 8 cm.
  3. Jarak antar tanaman secara umum 45 cm, tapi bisa berubah tergantung spesies bunganya.
  4. Masukkan biji/benih ke lubang dan tutup dengan tanah.
  5. Sebarkan pupuk organik.
  6. Siram dengan air secukupnya, jangan sampai benih membusuk.

Catatan. Musim kemarau adalah waktu yang paling tepat untuk menamam bunga matahari.

Pemeliharaan

Penyiraman cukup dilakukan satu kali sehari secara teratur dan berikan pupuk secukupnya. Tambahkan mulsa untuk menjaga kelembaban sekaligus mencegah tumbuhnya gulma. Tanaman ini jarang diserang hama dan jamur. Jika Anda menjumpai masalah ini, basmi mereka dengan fungsida dan pestisida yang tersedia di pasaran.

Pemanenan

Panen baru bisa dilakukan saat bunga sudah tua. Ciri-cirinya adalah:

  • biji bunga tampak hitam dengan garis putih dan sebaliknya,
  • tangkai bunga menjadi kuning kecoklatan, dan
  • kelopak bunga kering.

Manfaat bunga matahari

Bidang pangan

  • Camilan kuaci
  • Minyak biji bunga matahari
  • Tepung

Bidang industri

  • Kulit bijinya dapat diolah sebagai bahan bakar alternatif

Bidang perkebunan dan pertanian

  • Tanaman hias & dekorasi
  • Pupuk hijau
  • Pakan ternak. Kandungan protein yang tinggi (31%-37%) pada bungkil bunganya sangat cocok untuk penggemukan hewan ternak.

Bidang kesehatan

  • Mencegah penyakit kanker
  • Mencegah penyakit kardiovaskuler
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menyehatkan sistem saraf
  • Sebagai anti Inflamasi

Bunga Matahari di Athaya Florist

Karena warnanya yang cerah bunga ini sangat cocok dalam komposisi perangkaian bunga kami. Baik itu bunga papan, buket bunga ataupun standing flower. Apabila anda membutuhkan rangkaian bunga yang menggunakan bunga matahari di dalamnya segera lakukan pemesanan melalui customer service kami. Athaya dapat melakukan pengiriman bunga di area florist tangerang, toko bunga jakarta, florist bekasi, toko bunga bandung dan area lainnya.

Leave A Comment

Produk Pilihan

  • beatrice-buket-bunga-dari-athaya-dengan-rangkaian-sepuluh-bunga-mawar-dan-wrapping-selaras-dengan-tema-bunga-mawar-yang-dipesan

    Beatrice

    Rp450.000

  • lydia-bunga-box-dari-athaya-bertema-cinta-dengan-rangkaian-bunga-mawar-berwarna-merah-muda-dan-cokelat-ferrero

    Lydia

    Rp1.600.000

  • shireen-papan-bunga-pernikahan-bertema-dua-hati-yang-menyatu-dari-athaya-dengan-karangan-bunga-berbentuk-hati-dari-kombinasi-bunga-segar-pilihan

    Shireen

    Rp2.500.000

Produk Favorit

Produk Terbaru

Hand Bouquet

Standing Flower

Bunga Meja