bunga kenanga

Bunga kenanga adalah tanaman asli Indonesia yang berasal dari Sumatera Utara dan terkenal akan baunya yang sangat khas. Tidak hanya itu, tanaman ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, apa sajakah? Simak, penjelasan lengkapnya di sini.

Habitat & Iklim Bunga Kenanga

Kenanga adalah tanaman dengan nama latin Cananga odorata yang dapat tumbuh dengan sangat baik terutama di daerah tropis dataran rendah dengan kondisi cuaca yang cukup lembab. Di samping itu, kenanga juga dapat tumbuh subur di tanah lempeng berpasir dan tanah vulkanik dengan pH 4,5-8.

Bentuk, Warna & Aroma Bunga Kenanga

Bunga kenanga memiliki tinggi hingga 30 m dengan diameter batang sekitar 45 cm. Kulit batang dari bunga ini juga terkenal sangat halus dengan warna abu-abu pucat hingga keperakan. Sementara itu, untuk daunnya berwarna hijau dan memiliki pinggiran bergelombang.

Karakteristik dari bunga kenanga lainnya adalah memiliki bentuk seperti bintang yang menggantung. Bunga tersebut muncul pada tangkainya dengan jumlah tunggal dan berkelompok, biasanya hanya 3-4 kuntum saja.

Saat mekar, bunga kenanga akan mengeluarkan aroma yang sangat wangi. Bahkan, saat berguguran pun aroma harumnya ini masih tercium loh. Itu sebabnya, bunga kenanga menjadi salah satu bahan baku parfum atau minyak wangi di dunia industri.

Arti/ Makna Bunga Kenanga

Bunga kenanga memiliki makna sebagai simbolisasi dari budi pekerti yang baik. Di yogyakarta, bunga ini juga menandakan ketentraman.

Sementara, dalam tradisi Jawa, bunga ini memiliki makna yang sangat sakral. Sebab, sebagai simbol pengabulan doa para peziarah pada leluhurnya. Bunga ini juga sering dilibatkan dalam upacara siraman dan pernikahan.

Manfaat Bunga Kenanga bagi Kesehatan

Tak heran kenapa bunga kenanga sangat banyak dibudidayakan oleh masyarakat, lantaran ia memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya:

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Adanya minyak esensial yang terkandung di dalam bunga kenanga memiliki dampak yang cukup berarti bagi pengidap tekanan darah tinggi. Minyak esensial tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaga detak jantung agar tetap normal.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah senyawa dalam bunga kenanga, yakni linalool yang merupakan minyak esensial ternyata memiliki efek sedatif sehingga menimbulkan rasa kantuk bagi siapapun yang menghirup baunya.

Itu sebabnya, kamu sering menemukan aroma bunga ini tetapi dalam bentuk aromaterapi untuk meningkatkan kualitas tidur.

3. Meredakan stres dan kecemasan

Salah satu studi menjelaskan bahwa aroma dari minyak esensial bunga ini bisa membantu seseorang dalam menurunkan tingkat stres dan kecemasan yang dialaminya.

Senyawa tersebut diketahui mempengaruhi kadar hormon kortisol dalam tubuh. Dimana, hormon ini membantu kamu dalam merespons stres.

Cara Menanam Bunga Kenanga

Proses penanaman bunga kenanga sangat mudah. Sebab, kamu bisa menanamnya di pot atau sekitar pekarangan rumah. Inilah tutorial menanam bunga kenanga yang tepat.

1. Menyiapkan lahan

Awal mulanya, hal yang perlu kamu siapkan untuk proses penanaman bunga kenanga adalah lahannya. Kamu bisa mengawalinya dengan proses penggemburan tanah terlebih dahulu.

Setelah itu, campurkan tanah dengan pupuk kompos menggunakan perbandingan 2:1. Kamu dapat menggunakan tanah merah atau tanah yang memiliki pH seimbang dan kelembaban yang cukup.

2. Proses penyemaian bibit

Untuk proses penyemaian bibit, dapat berasal dari stek atau batangnya. Nah, apabila dari biji, maka kamu cukup membeli benihnya di toko bunga.

Untuk mendapatkan benih, kamu juga bisa mengambilnya dari buah kenanga yang sudah tua, tetapi pastikan kalau tanaman induknya benar-benar sehat.

Berikut tutorial penyemaian benih yang tepat:

  • Siapkan polybag.
  • Campurkanlah media tanam (tanah, pupuk, sekam, dan arang dengan perbandingan 2:1:1:1).
  • Berikan pupuk organik seperti pupuk kandang dan pupuk kompos supaya tanah tidak keras. Alhasil, bunga kenanga dapat tumbuh dengan subur.
  • Setelah itu, isikan polybag dengan media tanam sebanyak ¾ bagian saja.
  • Kamu juga perlu membuat lubang di dalam tanah sebagai tempat untuk biji. Letakkan hingga 2 biji dalam setiap polybagnya.
  • Kemudian, tutuplah sisa tanah hingga tertutup sempurna.
  • Lakukan penyiraman pada bagian atas menggunakan teknik spray.
  • Terakhir, simpanlah di tempat yang benar-benar sejuk sampai tunasnya muncul.

3. Pindahkan bibit bunga ke dalam pot

  • Ketika bibit sudah berusia 5-6 bulan dengan tinggi 30-50 cm, maka kamu sudah boleh memindahkannya ke dalam pot.
  • Sebelum itu, pastikan kamu sudah mengecek kondisi lahan atau pot yang akan digunakan sebagai media tanam selanjutnya. Lanjutkan dengan proses penggemburan tanah dan campurkan dengan pupuk kompos.
  • Kemudian masukkan tanah ke pot sebanyak ⅗ bagian.
  • Buat lubang dengan sekop sedalam 10-15 cm.
  • Masukkan 1 bibit ke lubang tanam dan tutupi dengan sisa tanah.
  • Padatkan tanah agar nanti tanaman dapat tumbuh dengan baik.
  • Lakukan penyiraman hingga tanah basah dan simpan kembali di tempat yang sejuk selama 1-2 minggu.
  • Setelah 1-2 minggu, pindahkan ke tempat dengan pancaran sinar matahari yang cukup.

4. Perawatan bunga

Nah, untuk pohon kenanga dengan usia kurang dari 7 bulan, cukup melakukan penyiraman dengan pupuk setiap beberapa hari sekali. Sementara itu, apabila kamu tidak mempunyai pupuk, maka dapat memanfaatkan air cucian beras yang telah didiamkan 2-4 hari.

Untuk frekuensi penyiraman sendiri, sebaiknya disesuaikan dengan cuaca di daerahmu. Namun, ketika musim kemarau, sebaiknya siram lebih sering, bahkan hingga 2 kali sehari.

Jika perlu, kamu juga harus melakukan pemangkasan secara rutin, terutama untuk bagian daun, dahan, dan bunga yang sudah tua, mati, dan rusak, atau bahkan terjangkit hama. Sehingga, tidak mempengaruhi tanaman sekitarnya.

Proses pemangkasan tanaman ini dapat menggunakan gunting dan hindari dengan mematahkan ranting. Sebab, ini akan memengaruhi pertumbuhan bunganya.

Itulah berbagai informasi dari bunga kenanga yang bisa kamu simak dari artikel ini. Terkenal sebagai bunga dengan aroma yang sangat wangi, siapa sih yang tidak penasaran dengan bunga ini?

Kamu juga bisa loh dapatkan berbagai rangkaian bunga menarik untuk kesayangan dengan memesannya di Athaya Florist. Yuk, cek katalog produknya sekarang juga di sini!

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • irene-bunga-papan-ucapan-dari-athaya-untuk-daerah-lombok-dan-ntb
    Irene

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.500.000.

  • aurora-papan-bunga-duka-cita-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-tiga-jambul-diatas-dan-satu-jambul-di-bawah
    Aurora

    Original price was: Rp 1.200.000.Current price is: Rp 1.000.000.

  • peggy-parcel-snack-natal-dari-athaya-yang-terdiri-dari-ferero-rocher-t24-boneka-nastar-j&w-sparkling-jc-putri-salju-cheese-stik-soes-putri-genit-lolipop-red-velvet-cookies-pouch-almond-cookies-
    Peggy

    Original price was: Rp 3.300.000.Current price is: Rp 3.000.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja