hydrangea-flower-on-pexels-алекке-блажин

Jika Anda ingin menikmati berbagai warna dalam satu pohon, maka bunga hydrangea/hortensia adalah pilihan yang tepat. Tanaman ini juga tidak perlu waktu lama untuk tumbuh besar. Anda juga bisa menikmati keindahan bunga potongnya lebih lama melalui pengeringan.

Asal

Hydrangea (nama latin) adalah tanaman semak yang berasal dari Asia Timur Asia Selatan, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Namun, sebagian besar spesiesnya ditemukan di negara-negara seperti Cina dan Jepang. Di Indonesia, bunga hydrangea dikenal dengan nama kembang bokor dan bunga panca warna.

Hydrangea atau Hortensia?

Hydrangea berasal dari dua gabungan kata Yunani yaitu hydros (air) dan angos (wadah). Nama ini diberikan karena bentuk bunganya menyerupai kendi air tradisional. Selain itu, tanaman ini juga menyukai kelembaban.

Hortensia sendiri sebenarnya adalah kata Prancis dan Spanyol untuk hydrangea. Dalam bahasa Prancis, kata “hortense” berarti tukang kebun. Secara khusus, kata hortensia merujuk ke spesies tanaman tertentu yaitu Hydrangea macrophyllaHortensia‘. Jadi, kedua kata trsebut dipakai secara bergantian untuk menyebut bunga panca warna ini.

Karakteristik

  • Daun bunga hydrangea memiliki bentuk bulat seperti telur, berwarna hijau muda berkilat, dan tepian yang beringgit.
  • Hydrangea tidak memiliki petal melainkan sepal. Sepal adalah daun yang melindungi kuncup bunga.
  • Biji dihasilkan setelah terjadi penyerbukan yang ditandai dengan jatuhnya kelopak.
  • Bunga hydrangea tidak memiliki aroma Sebagian besar spesies hydrangea bisa dikatakan tidak berbau sama sekali.
  • Kebanyakan hydrangea berwarna putih meski sejumlah spesies bisa memiliki lebih dari satu warna dalam satu pohon misalnya merah, ungu, dan biru. Tingkat pH tanah bisa memengaruhi warna bunga apa yang muncul saat mekar.

Habitat & Iklim

Hydrangea tumbuh subur di daerah yang sejuk di bawah naungan tanaman lain. Akan tetapi, tanaman ini masih bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis. Beberapa spesies hydrangea ada yang cukup tahan terhadap panas, cuaca hangat, dan iklim yang kering.

Pertumbuhan

Di alam liar, tanaman ini bisa ditemukan tumbuh di berbagai macam tempat. Contohnya adalah di area berbatu, di pinggir aliran sungai, dan sebagainya.

Tanaman ini mampu tumbuh cepat dengan ketinggian rata-rata 1-3 meter, dan 4 meter dalam sejumlah kasus. Jika merambat di tanaman lain, hydrangea/hortensia bahkan bisa tumbuh mencapai 30 meter.

Arti/Makna

Rasa syukur dan ketulusan adalah makna yang sering dikaitkan dengan bunga ini. Sedangkan berdasarkan warna, bunga ini memiliki beberapa arti khusus.

  • Biru                 : permintaan maaf, rasa syukur/terima kasih, dan pengertian
  • Merah muda  : romansa, ketulusan
  • Putih              : kemurnian, rahmat
  • Ungu              : pengertian, penghormatan, dan kebanggaan

Mengubah Warna Bunga Hydrangea

Tanah dengan kandungan pH yang beragam akan menghasilkan bunga yang berwarna-warni. Berikut ini adalah tingkat pH tanah dan warna yang dihasilkan.

  • Di bawah 5,5          -> biru
  • Antara 5,5 dan 6,5  -> ungu
  • Di atas 7                 -> merah muda

Warna biru bisa didapatkan dengan menambahkan tanah gambut. Sedangkan menambahkan kapur akan menciptakan warna merah muda pada hydrangea. Satu hal yang harus diwaspadai adalah menjaga agar pH tanah tidak lebih dari 7,5 karena akan mengganggu pertumbuhan.

Catatan Penting

  1. Anda tidak bisa mengubah bunga hydrangea/hortensia putih menjadi warna lain.
  2. Mengubah warna dari biru ke merah muda jauh lebih mudah daripada sebaliknya. Sebelum mengubah warna bunga, hydrangea memerlukan waktu sekitar dua tahun untuk terbiasa dengan warna aslinya dulu.
  3. Setelah menyesuaikan pH tanah yang diinginkan, Anda mungkin perlu menunggu beberapa minggu/bulan sebelum perubahan warnanya sempurna.
  4. Beberapa kultivar hydrangea sudah memiliki warna yang tetap sehingga tidak bisa diubah meski dengan menyiasati tingkat pH tanah.

Cara Menanam

Menanam bunga hydrangea cukup mudah bahkan bagi pemula sekalipun. Tahap-tahap menanam adalah sebagai berikut.

  1. Pilih jenis hydrangea yang ingin ditanam dengan mempertimbangkan ukuran dan warna.
  2. Beli bibit yang sehat dan belum berbunga.
  3. Untuk tanah yang kering, tambahkan kompos. Sedangkan untuk tanah yang terlalu liat, tambahkan gambut untuk melancarkan drainase. Penambahan mulsa (kumpulan jerami dan dedaunan) juga dapat memperbaiki tekstur tanah menjadi lebih lembab. Mulsa organik bahkan bisa bertindak sebagai penyedia nutrisi bagi tanaman.
  4. Buat lubang dalam tanah dengan kedalaman sesuai panjang akar, tetapi 2 sampai 3 kali lebih lebar.
  5. Masukkan tanaman ke dalam lubang dan tutup dengan tanah hingga separo dan siram.
  6. Lalu tambahkan tanah yang tersisa dan siram kembali.
  7. Jika menanam di tanah kebun, jarak antara tanaman sebaiknya 91 cm-3 m. Beberapa jenis hydrangea bias tumbuh sangat besar sehingga perlu ruang yang cukup lebar.

Catatan

Saat menanam usahakan lubang tanamnya cukup dalam. Jika kurang dalam, tanaman bisa ambruk saat hujan deras dan angin kencang. Di sisi lain, jika lubang terlalu dalam, akar tanaman tidak akan tumbuh dengan baik.

Perawatan

Kunci untuk merawat hydrangea adalah sinar matahari yang cukup dan pengairan yang baik.

Sinar Matahari

  • Usahakan untuk meletakkan tanaman ini di area yang teduh. Jika tidak, pastikan hydrangea/hortensia mendapatkan sinar matahari pagi.
  • Lalu, pindahkan tanaman saat panas mulai menyengat di siang hari. Solusi lainnya adalah membuat semacam naungan yang akan melindungi bunga ini dari sinar matahari yang berlebihan.
  • Tanpa sinar matahari yang cukup, warna bunga bisa berubah menjadi hijau. Hal ini mungkin di terjadi di akhir musim panas pada negara-negara dengan 4 musim.

Penyiraman

  • Dalam 1-2 tahun, pastikan tanaman mendapat air yang cukup. Hydrangea menyukai tanah yang lembab. Saat cuaca panas, siram tanaman setiap satu atau dua hari sekali. Tanah yang terlalu kering akan menyebabkan tanaman cepat layu.
  • Disarankan untuk menyiram tanaman di atas akar atau area di sekitar dasar tanaman. Untuk mencegah bunga terbakar, hindari menyiram/menyemprot air langsung ke bunganya.
  • Kelebihan air akan membuat akar menjadi busuk dan mengurangi jumlah bunga.

Pemangkasan

Pemangkasan perlu dilakukan jika tanaman sudah cukup tua dan besar. Pada periode ini, ukuran tanaman bisa sangat besar sehingga bisa membuatnya tumbang karena kelebihan berat.

Batang yang lama perlu dipangkas agar bunga baru bisa tumbuh pada batang baru. Anda hanya perlu memangkas tanaman satu kali setahun terutama saat Anda bisa melihat kuncup bunga.

Pemupukan

Jika tanaman tumbuh subur, maka tidak perlu menaburkan pupuk. Jumlah pupuk yang berlebihan justru akan merangsang pertumbuhan daun daripada bunganya.

Manfaat

Hydrangea/hortensia mengandung glukosida sianogenik dengan tingkat keracunan sedang. Sejumlah laporan juga menyatakan bahwa tanaman ini mengadung sianida dalam level rendah.

Jika dikonsumi, baik manusia atau hewan bisa mengalami sakit dan kejang. Untungnya karena ini bukan tanaman pangan, maka jarang ditemukan kasus keracunan.

Sebagai obat

Daun dan akar hydrangea rupanya bisa dimanfaatkan sebagai obat. Orang Budha menggunakan daunnya untuk menyeduh teh manis. Sementara itu, penduduk asli Amerika memakai akarnya sebagai diuretik dan kulit pohonnya untuk mengurangi sakit otot dan luka bakar.

Masalah kesehatan lain seperti autoimmune disorders, malaria, dan batu ginjal memiliki kemungkinan untuk disembuhkan dengan tanaman ini. Namun, ada baiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Sebagai tanaman hias

Setelah dikeringkan, bunga hydrangea/hortensia sering dipakai dalam acara pernikahan atau sekedar pemanis ruangan. Di samping itu, bunga ini menghasilkan allergy-safe pollen sehingga orang yang alergi serbuk sari tetap bisa menikmati keindahan tanaman ini.

Memotong dan Mengeringkan Bunga Hydrangea/Hortensia

Saat bunga sudah menginjak dewasa, warnanya akan lebih beragam. Ini adalah saat yang tepat untuk memanen bunga. Dalam kondisi ideal, bunga ini bisa bertahan hingga 1-2 tahun di dalam ruangan setelah pengeringan.

  1. Pertama-tama, pilih bunga dengan tesktur seperti kertas yang tidak berair.
  2. Potong bunga menggunakan gunting tanaman yang tajam dan bersih.
  3. Supaya lebih awet, Anda bisa mengeringkan bunga dengan cara di bawah ini.
  4. Gantung bunga secara terbalik, misalnya di atas pintu kamar yang gelap dan kering. Setelah kering sempurna, ambil dan susun di vas atau kendi sesuai keinginan.
  5. Masukkan tangkai bunga ke dalam vas berisi air. Ketika air mulai menguap, bunga akan ikut mengering secara perlahan.
  6. Masukkan bunga ke dalam wadah setelah menutupinya dengan silica gel. Dibutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu untuk membuat bunga mengering dengan baik.

Semoga informasi di atss bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli atau menanam bunga hydrangea/hortensia.

Leave A Comment

Produk Pilihan

  • fiona-bunga-papan-congratulations-untuk-acara-pernikahan-dari-athaya-dengan-tulisan-bahasa-inggris-dipenuhi-warna-merah-dan-merah-muda

    Fiona

    Rp2.500.000

  • lydia-bunga-box-dari-athaya-bertema-cinta-dengan-rangkaian-bunga-mawar-berwarna-merah-muda-dan-cokelat-ferrero

    Lydia

    Rp1.600.000

  • anindia-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-untuk-area-jateng-jawa-tengah-solo-jogjakarta-surakarta-klaten-magelang-kudus-jepara

    Anindia

    Rp1.800.000

Produk Favorit

Produk Terbaru

Hand Bouquet

Standing Flower

Bunga Meja