Bunga Gompi dengan Susunan Petal yang Unik

Berbentuk susunan petal, Bunga Gompi ternyata memiliki warna yang sangat menarik, mulai dari pink, putih, hingga orange. Dengan warna bunga gompi yang sangat khas dan cantik ini, kamu harus tahu apa sih makna dari bunga ini? Barangkali, kamu akan mendapatkan buket bunga gompi dari seseorang. 

Tentang Bunga Gompi

Bunga Gympie adalah salah satu dari varian bunga Chrysanthemum yang menjadi favorit banyak pecinta bunga. Sebab, punya bentuk yang sangat indah dengan susunan petal yang sangat unik dan menarik. 

Tidak hanya menarik, tetapi susunan petal dari bunga gompi ini termasuk sangat kuat loh.

Pada umumnya, tim florist  lebih mempertimbangkan untuk mengkombinasikan bunga gompi dengan beberapa bunga lainnya. Misalnya, Calla Lily, Mawar, dan Lily yang bisa kamu sesuaikan dengan warna bunga yang diinginkan. 

Perlu kamu tahu, bahwasanya bunga gompi termasuk tanaman yang sangat cocok digunakan untuk semua bentuk rangkaian. Jad, kamu tidak perlu bingung lagi karena sudah ada bunga gompi yang selalu hadir di setiap rangkaian bunga yang kamu butuhkan. 

Bentuk, Warna, dan Aroma Bunga Gompi

Untuk warna dari bunga gompi beraneka ragam seperti orange, pink, dan putih yang sangat umum dijumpai. Sementara itu, bentuknya menyerupai susunan petal yang sangat indah.

Penasaran seperti apa sih aroma dari bunga gompi ini? Nah, sebenarnya tidak menimbulkan bau yang menyengat ketika tumbuh, melainkan aroma lembut dan manis yang sangat enak. 

Bahkan, ada loh beberapa bunga krisan yang justru digunakan sebagai salah satu bahan makanan. Dimana, seorang Koki China menambahkan bunga ke dalam sup dan tumisan. 

Makna dari  Bunga Gompi

Setiap detail dari bagian bunga Gompi memiliki arti berbeda. Termasuk warna bunga gompie itu sendiri. Pertama, bila kamu menemukan gompi dengan warna orange, maka ia melambangkan kehangatan, antusiasme, dan semangat. 

Warna orange ini sangatlah identik dengan pemberian energi positif dan gairah bagi pecintanya. Tidak hanya itu, bunga ini juga mampu menciptakan perasaan cerita dan optimisme seseorang loh

Ada pula bunga gompie dengan warna pink yang tentu menjadi bunga paling menawan, terutama pecinta bunga hias lokal. Kesan yang terpancar dari jenis bunga satu ini adalah anggun dan romantis. 

Bunga gompie pink ini dapat menjadi salah satu sarana untuk mengungkapkan perasaan cinta kamu terhadap seseorang. Misalnya, diberikan untuk merayakan hari kasih sayang. 

Kamu mungkin juga akan menemui adanya gompie dengan warna putih yang sangat identik dengan kesucian dan kelembutan hati. Perpaduan warna putih yang sangat lembut ini membuat buket tampak semakin menarik.

Cara Menanam Bunga Gompi

Secara umum, kelompok bunga krisan cenderung memang menyukai sinar matahari, tetapi akan lebih mudah tumbuh bila tanahnya lembab dan terdrainase dengan baik. 

Bila kamu masih bingung kapan harus memulai menanam bunga kelompok krisan ini, kamu bisa mengetahuinya sesuai dengan lokasi tempat tinggal saat ini.

Nah, berikut adalah tutorial menanam bunga gompi di luar ruangan:

  1. Pertama, gali lubang sedikit lebar dan dalam dari pot tempat tanaman gompi saat ini.
  2. Masukkan segenggam bahan organik. Misalnya, pupuk kandang atau kompos.
  3. Padatkan kembali tanah. 
  4. Siramlah secara rutin. 

Tak ketinggalan, ketika menanam bunga krisan, pastikan kamu memberi jarak antar tanaman agar sirkulasi udaranya lebih baik. Ini juga sekaligus mencegah melawan penyakit tanaman, seperti embun tepung. 

Sementara itu, untuk kamu yang tertarik menanam krisan di dalam wadah, berikut tutorial singkatnya. Namun, sebelum itu, sebenarnya penanaman di dalam pot hanya untuk sementara saja.
Sebab, kamu harus memindahkannya ke luar setelah cuaca mulai hangat. Jadi, pastikan untuk memilih pot yang sesuai dengan ukuran tanaman.

  1. Setelah itu, isilah wadah berlubang drainase dengan kompos bebas gambut.
  2. Masukkan bunga gompi, padatkan, dan siram dengan air secukupnya.
  3. Kamu juga bisa tambahkan dukungan berupa tiang atau tongkat bambu di sisi tanaman. Ini berguna agar tanaman tidak rusak saat cuaca berangin. 

Tips Merawat Bunga Gompi

Apakah tanaman gompi kamu sedang proses pertumbuhan dan perkembangan? Nah, tidak kalah penting, ada beberapa hal yang sangat tidak boleh untuk kamu lewatkan, di antaranya:

  1. Pastikan menanamnya di tempat yang cerah.
  2. Siramlah secara rutin, terutama selama musim kemarau. 
  3. Potonglah daun atau bunga yang sekiranya sudah layu untuk menghindari penyebaran penyakit ke tanaman lainnya. 

Berbagai Macam Penyakit Tanaman yang Sering Dijumpai pada Bunga Krisan

Tidak hanya manusia yang bisa terjangkit penyakit, tanaman pun juga bisa loh bila tidak dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Di bawah ini adalah berbagai penyakit tanaman yang bisa saja dialami oleh bunga gompi, di antaranya:

1. Kutu Daun

Kutu daun adalah serangga penghisap getah dengan warna hijau, hitam, atau abu-abu. Nah, kamu bisa dengan mudah menemukan serangga ini di sepanjang daun dan batang. 

Bila kamu mendapatinya pada tanaman, maka segeralah untuk membuang dan memusnahkan daun atau pucuknya dengan pipa selang dan air. 

2. Jamur Tepung

Jamur tepung biasanya muncul akibat jarak tanaman yang terlalu berdekatan dan membuat sirkulasi udara akhirnya memburuk. Namun, diketahui, suhu yang tinggi, musim kemarau, hingga musim lembab yang berkepanjangan juga terlibat sebagai salah satu penyebab penyakit ini. 

Lantas, seperti apakah tanda-tanda tanaman terkena jamur tepung? Kamu akan melihat adanya serbuk dengan warna abu-abu berdebu di atas daun. Segeralah untuk membuang daun yang terkena jamur tepung atau semprot menggunakan fungisida. 

3. Karat Putih

Karat putih termasuk salah satu penyakit jamur yang sering menyerang bunga krisan dan dampaknya bisa semakin parah bila tidak segera ditangani dengan cara yang tepat. 

Bila menemui adanya bercak kuning pucat pada permukaan daun lalu disertai bintil-bintil putih kemerahan pada bagian bawahnya, kamu patut mencurigainya sebagai salah satu penyakit tanaman, yaitu karat putih. 

Untuk mengobatinya, pertama buanglah semua daun yang terjangkit. Kalau perlu, kamu bisa membakar daun tersebut agar tidak menyebar ke udara. Di samping itu, bila ditempatkan di rumah kaca, pastikan untuk menjaga kelembabannya dengan baik. Caranya, pastikan bahwa ventilasi tidak tertutup rapat. 

Kadang, masih banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa penyakit tanaman ini dapat memengaruhi tanaman lainnya. Itu sebabnya, sangat penting untuk melakukan perawatan secara berkala. 

Itulah informasi seputar bunga gompi, atau dikenal sebagai bunga krisan. 

Bila kamu ingin memesan rangkaian bunga menarik untuk agenda penting atau apa pun itu, kamu bisa menghubungi Athaya Florist sebagai layanan bunga tepercaya dan terbaik. 

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • quita-bunga-papan-congratulations-dari-athaya-untuk-grand-opening-atau-pembukaan-toko-pt-zhi-sheng-indonesia-dengan-bingkai-bunga-di-semua-sisi
    Quita

    Original price was: Rp 4.000.000.Current price is: Rp 3.500.000.

  • umaiza-buket-uang-dari-athaya-yang-dirangkai-dengan-pecahan-uang-seratus-ribu-rupiah-dan-bunga-peacock
    Umaiza

    Original price was: Rp 950.000.Current price is: Rp 800.000.

  • laura-si-bunga-box-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-rose-kuning-dan-bunga-matahari
    Laura

    Original price was: Rp 1.600.000.Current price is: Rp 1.400.000.

Produk Favorit