Bunga Dahlia Pesona Indah Tanaman Asal Meksiko

Siapa sih yang tidak tahu dengan pesona cantiknya bunga dahlia? Bunga ini termasuk bunga yang sangat indah dan mudah ditanam. Ingin mengenal bunga dahlia lebih jauh? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini.

Asal Bunga Dahia

Bunga dahlia termasuk salah satu jenis tanaman perdu berumbi yang berasal dari pegunungan Meksiko. Tetapi, kini sudah menyebar ke berbagai negara. Saat ini, tercatat terdapat lebih dari 1200 species bunga ini.

Tidak hanya itu, bunga ini juga menjadi bunga nasional Negara Maksiko sejak tahun 1615 silam. Sedangkan, penyebaran umbi bunga ini ke Eropa pertama kali pada tahun 1789 oleh seorang pemukim Spanyol yang saat itu sedang berada di Meksiko.

Hingga akhirnya, perkembangannya sudah mencapai 1200 varietas pada tahun 1814. Sementara itu, di tanah air sendiri, bunga ini pertama kali diperkenalkan pada masaa penjajahan dari negeri Belanda pada abad ke-19.

Habitat & Iklim Bunga Dahlia

Nah, tanaman perdu ini biasanya mulai berbunga pada waktu musim panas hingga musim gugur. Sifat bunga dahlia yang sangat adaptif, membuatnya mudah menyesuaikan diri di lingkungan mana pun. Sehingga, kamu pun bisa menanamnya di mana pun.

Jenis-Jenis Bunga Dahlia

Dari sekian banyak spesies bunga dahlia, berikut adalah beberapa di antara yang paling popular:

1. Dahlia anemone

Pertama, ada bunga dahlia anemone dengan kelopak besarnya yang mengelilingi kelapak bagian dalam dengan ukuran llebih kecil. Jika kamu perhatikan secara detail, bentuk dari kelopak jenis ini mirip seperti cincin. Biasanya, tumbuhan perdu satu ini dapat tumbuh hingga 1,2 m.

2. Dahlia waterlily

Ada pula dahlia waterlily yang bentuknya memang mirip seperti bunga teratai air. Jenis bunga yang dimiliki dahlia waterlily adalah tipe ganda dengan ukuran kelopak yang lumayan besar. Warna dari dahlia ini antara lain merah kecoklatan, jingga, dan merah muda.

3. Dahlia Mignon

Apakah kamu pernah melihat bunga aster sebelumnya? Nah, kuran glebh dari segi bentuk, bunga dahlia mignon mirip dengan bunga aster.
Memancarkan warna yang carah dengan sedikt gradasi, menjadikan dahlia sebagai salah satu primadona tanaman perdu.

4. Dahlia Pompon

Bentuk bunga dari dahlia pompon jua tak kalah menarik loh, karena berbentuk bulat dan mengembang layaknya pompon. Sedangkan, kelopak bunganya berbentuk spiral, datar, dan sekilas tampak seperti digulung.

Ketika sudah mekar, dahlia pompon akan tumbuh sebagai bunga ganda berukuran kecil. Secara umum, dahlia pompon bisa temukan dengan ungu muda hingga ungu tua.

5. Dahlia Bola

Jika kamu mengenal dahlia pompon, tentu tidak akan begitu sulit untuk membayangkan seperti apa sih bentuk dari dahlia bola. Dari segi bentuk bunga, dahlia bila ini sangat mirip dengan dahlia pompon loh.

Namun, perbedaannya terletak pada kelopak dahlia bola yang justru tidak bergulung serta berukuran lebih besar dibandingkan jenis dahlia pompom.

6. Dahlia Peony

Terakhir, dahlia peony yang ternyata hadir dengan ukuran lebih lebih besar. Bentuknya inilah yang membuat dahlia peony lebih menarik dan cantik, terutama saat mekar.

Namun, kamu tidak perlu heran ketika melihat pertumbuhan kelopak yang tidak beraturan. Sebab, justru bentuk tersebutlah yang membuat dahlia peony sangat dikagumi.

Ingat, Ini Cara Merawat Bunga Dahlia

Sebenarnya, tidak perlu enggan kok bila kamu ingin merawat bunga dahlia. Sebab, bunga ini termasuk jenis tanaman perdu yang perawatannya sangat mudah. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat tanaman ini.

1. Pastikan tingkat kelembaban media tanam sesuai

Pastinya kamu sudah paham bahwa kelembaban adalah hal terpenting yang harus dijaga ketika kamu berbudidaya tanaman di rumah. Namun, jangan sampai membiarkan bunga ini terlalu kering atau pun lembab.

Bila terlalu lembab, justru dapat memicu pembusukan pada bagian bunganya. Akibatnya, bunga terpaksa harus dipangkas bukan? Maka dari itu, ketika kamu menyiram tanaman, pastikan media tanam tidak menerima terlalu banyak air.

2. Penyiraman tidak boleh terlalu sering

Menyiram tanaman secara rutin memang sangatlah dianjurkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bunga. Namun, frekuensi per harinya pun harus dipertimbangkan ya!

Jika sedang musim kemarau, mungkin ada kalanya kamu perlu untuk melakukan penyiraman melebihi frekuensi harian. Ini untuk menjaga tanaman agar tidak kering.

3. Berikan pupuk secukupnya

Proses pemupukan adalah hal terpenting dan tidak boleh dilewatkan. Sebagai pendukung masa awal pertumbuhan, biasanya kamu akan diminta untuk membeli pupuk.

Saat memberikan pupuk pada tanaman, pastikan kamu selalu mengecek kondisi dari bunga itu sendiri. Bagaimanapun juga, apabila tanaman sudah tumbuh dengan baik, sebaiknya kurangin frekuensi pemupukan.

4. Letakkan tanaman di tempat yang sesuai

Seperti apa sih tempat tanam yang sesuai untuk bunga ini? Di bawah sinar matahari langsung. Kamu harus pastikan bahwa tanaman perdu ini menerima sinar matahari hingga 6-8 jam sehari.

Bila sekarang posisinya masih di kamar, sebaiknya segera pindahkan ke luar rumah. Tepatnya, di tempat yang mencdapatkan sinar matahari yang cukup.

5. Jangan biarkan tanaman bertumpuk dalam satu pot

Dalam masa pertumbuhannya, pastinya kamu akan mendapati bunga dahlia ini menghasilkan anakan yang banyak, hingga memenuhi satu pot. Tapi, ternyata hal ini tidak boleh dianggap remeh loh. Sebab, dapat mengganggu pertumbuhan tanaman lainnya yang masih berada dalam pot yang sama.

6. Memangkas tanaman secara rutin

Proses pemangkasan tanaman adalah tips merawat bunga dahlia yang tidak kalah penting. Mungkin masih banyak di antara kamu yang bertanya-tanya, kok harus dipangkas sih? Alasannya, untuk menghindari terhambatnya pertumbuhan tanaman dahlia di sekitarnya.

Ada kalanya, penyakit dan hama menyerang tanaman, termasuk bunga dahlia. Hal ini pastinya akan memicu kekhawatiran luar biasa bagi pecinta bunga. Jika sudah terlanjur, segera pangkas bunga yang terjangkit penyakit tanaman. Setelah itu, berikan semprotan antihama untuk melindunginya dari serangan hama.

Pemangkasan bagian tanaman tidak hanya dilakukan ketika ada hama dan penyakit, tetapi juga saat ada bagian bunga yang ternyata sudah layu, mati, rusak, hingga busuk.

Itulah informasi singkat seputar bunga dahlia dengan kecantikannya yang luar biasa.

Jika kamu sedang mencari jasa/ layanan dekorasi bunga tepercaya, kamu bisa terhubung dengan tim kreatif kami di Athaya Florist. Tidak hanya dekorasi bunga, kami juga memiliki produk lainnya seperti hampers, parcel, buket bunga, papan bunga, dan produk bunga lainnya.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • asuka-bunga-papan-duka-cita-dari-athaya-gandeng-dua-papan-jambul-atas-satu-buah-dan-hiasan-bunga-dibagian-kaki-kakinya-bernama-asuka
    Asuka

    Original price was: Rp 2.750.000.Current price is: Rp 2.300.000.

  • scarlett-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-dengan-bentuk-persegi-dan-satu-jambul-rangkaian-bunga-atas-dan-bawahnya
    Scarlett

    Original price was: Rp 800.000.Current price is: Rp 600.000.

  • tovia-standing-flower-dari-athaya-dengan-rangkaian-segar-yang-dirangkai-oleh-perangkai-bunga-profesional
    Tovia

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.400.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja