common-bluebell-on-pexels-by-suzy-hazelwood

Dibandingkan mawar atau anggrek, Bunga Bluebell mungkin kurang begitu dikenal di Indonesia. Namun, di habitat aslinya, bunga lonceng biru ini bukan bunga sembarangan.

Asal

Bluebell merupakan bagian dari genus Hyacinthus. Sebenarnya Bluebell berasal dari wilayah Mediterania. Dari sini, tanaman ini menyebar ke Eropa, Amerika, dan New Zealand.

Kurang lebih 500 tahun yang lalu, English Bluebells (Hyacinthoides non-scripta) diperkenalkan dari Mediterania ke British Isles. Hasilnya sangat mengejutkan karena dengan cepat bunga ini memenuhi hutan-hutan di Inggris. Orang Inggris pun juga jatuh cinta pada tanaman ini. Karena peristiwa ini banyak yang mengira bahwa Bluebell adalah tanaman endemik Inggris.

  • Bluebell dalam mitologi

Bunga Bluebell cukup sering muncul dalam mitologi, dongeng, atau cerita rakyat, tetapi dengan kesan yang kelam.

    • Bluebell dipercaya telah disihir oleh makhluk jahat untuk menjebak manusia terutama anak-anak.
    • Seseorang yang memakai rangkaian bunga Bluebell di leher akan terdorong untuk berkata jujur.
    • Jika mendengar bunga Bluebell berbunyi, maka peri jahat akan berkunjung atau kematian akan segera datang.
    • Ketika ingin memetik Bluebell, makhluk gaib akan membuat orang terebut tersesat dan mengembara selamanya.
    • Para penyihir memakai Bluebell sebagai bahan pembuat ramuan.
    • Membawa Bluebell ke dalam rumah akan membawa kesialan.

Habitat dan Iklim

Meski sering ditemukan dalam hutan, Bluebell bisa tumbuh di pagar tanaman, padang rumput, dan tebing. Sebagai woodland plant, Bluebell lebih suka tumbuh di area yang separo teduh (partial shade) dengan tanah yang lembap, tetapi berdrainase baik. Daun-daun yang berjatuhan dari pohon-pohon di sekitarnya berfungsi sebagai pupuk.

Bunga ini mekar di musim semi dan menutupi lantai hutan dengan karpet alami berwarna biru. Waktu yang tepat untuk melihat bunga ini adalah di pertengahan bulan April sampai akhir bulan Mei. Jika menemukan bunga Bluebell dalam hutan, kemungkinan besar hutan tersebut adalah hutan purba. Hal ini sesuai dengan periode ketika Bluebell pertama kali muncul di Inggris.

  • Konservasi Bluebell

Walaupun hampir dari setengah populasi Bluebell berada di Inggris, tanaman ini masih terancam karena sejumlah alasan. Secara lokal, masalah yang dihadapi adalah rusaknya habitat, hibridisasi non-native Bluebell, tercampurnya Bluebell dengan tanaman yang mirip, dan perdagangan umbi ilegal yang diambil dari alam liar. Sekali daun Bluebell rusak, maka akan sulit bagi tanaman untuk pulih kembali dengan cepat. Apalagi rusaknya daun juga turut mengganggu proses fotosintesis.

Di Inggris, Bluebell termasuk tanaman yang dilindungi di bawah Wildlife and Countryside Act (1981). Orang dilarang memetik, mencabut, merusak/menghancurkan, dan menjual Bluebell secara ilegal. Jika melanggar, pelaku harus membayar denda yang cukup besar. Negara lain seperti Prancis juga berusaha untuk melindungi Bluebell walaupun tidak dalam skala nasional.

Baca juga: Bunga Sepatu dan Maknanya dalam Berbagai Budaya

common-bluebell-on-pexels-jocelyn-erskinekellie

Bentuk, Warna, dan Aroma

Ciri-ciri detail bunga Bluebell adalah sebagai berikut.

Nama Bagian Ukuran Deskripsi
Tangkai panjang 50 cm
  • terkulai ke satu sisi
Daun lebar 0,7-2,5 cm, panjang 45 cm
  • halus, berbulu tipis, ujung runcing
Bunga panjang 14-20 mm
  • sempit, seperti tabung/lonceng
  • setiap kuntum terdiri dari 6 kelopak
  • serbuk sari berwarna putih krem
  • Warna

Walaupun namanya Bluebell, sebenarnya warna bunganya adalah campuran dari biru dan ungu (deep violet-blue). Ada juga Bluebell yang berwarna putih dan merah muda. Bluebell putih biasanya merupakan akibat dari mutasi genetik.

  • Aroma

Bunga ini memiliki aroma manis yang akan terasa kuat jika mengunjungi hutan saat bunga mekar.

Catatan

Bagi orang awam, tidak mudah untuk membedakan antara English Bluebell dari Spanish Bluebell. Untuk itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri Spanish Bluebell juga.

    • Serbuk sari berwarna biru/hijau pucat
    • Tangkai tumbuh tegak ke atas
    • Warna bunga lebih pucat

Arti/Makna

Bentuk bunga Bluebell merepresentasikan rasa syukur, keteguhan, cinta abadi, kerendahan hati, dan spiritualitas. Bunga ini dipakai dalam berbagai acara mulai dari acara lamaran, pernikahan, ulang tahun, dan hari-hari spesial lain baik dalam bentuk karangan bunga atau dekorasi.

  • Warna bunga dan maknanya

    1. Bluebell biru. Biru adalah warna yang paling sering ditemukan pada Bluebell. Bluebell biru melambangkan hal-hal positif dalam kehidupan seperti kasih sayang, kebaikan, dan rasa syukur. Seperti halnya warna biru pada langit dan laut, orang-orang menanam Bluebell biru sebagai tanda awal yang baru.
    2. Bluebell ungu. Pada bunga Bluebell, warna ungu melambangkan kerendahan hati. Hal ini didasarkan fakta bahwa bunga yang indah ini tetap merunduk dekat dengan tanah. Makna lainnya adalah permintaan maaf, pengampunan, dan melangkah maju ke depan. Bluebell ungu diyakini mampu menenangkan pikiran dan mengubah perasaan menjadi cinta.
    3. Bluebell putih. Sebagai salah satu warna yang langka, Bluebell putih mengandung makna kesucian, kemurnian, dan perenungan. Beberapa orang mengganggap Bluebell putih sebagai bunga spiritual sedangkan yang lain menganggapnya sebagai lambang energi feminin bulan.
    4. Bluebell merah muda. Warna merah muda di sini diasosiasikan dengan cinta murni, kelembutan, dan kehangatan sehingga cocok sebagai hadiah untuk orang terkasih. Bluebell merah muda juga merepresentasikan harapan bahwa kecemasan, kesedihan, serta trauma akan segera berlalu.

Cara Menanam

Tanaman ini tumbuh dengan cepat sehingga tidak memerlukan perawatan yang rumit.

  • Memilih lokasi

USDA Hardiness Zones (zona kekerasan tanah) untuk menanam Bluebell adalah 4-9. Dengan kata lain, Indonesia bukanlah tempat yang paling ideal untuk Bluebell. Namun, tanaman ini masih bisa tumbuh di daerah tropis jika dirawat sebagai tanaman anual (tahunan) dibandingkan perenial.

Lokasi terbaik untuk menanam Bluebell adalah area yang paling mirip dengan hutan. Jadi, pilih area di bawah tumbuhan peluruh/gugur (misalnya pohon birch) atau tanaman perdu/semak. Area tesebut menyedikan partial shade sehingga cukup teduh. Anda juga perlu membuat batas supaya Bluebell tidak menyebar terlalu cepat dan “menginvasi” tanaman lain.

  • Memilih varietas

Bunga Bluebell akan mencapai kedewasaan setelah 4-5 tahun dan masa mekar bunga adalah 2-9 bulan. Langkah pertama adalah memilih varietas Bluebell yang benar yaitu English Bluebell. Perhatikan ciri-ciri yang sudah dibahas sebelumnya dan jangan sampai salah membeli varietas Spanish Bluebell atau Hybrid Bluebell karena keduanya lebih invansif.

Langkah kedua adalah memastikan sumber dari bunga yang dijual. Pastikan penjual menawarkan bibit hasil penanaman sendiri dan bukan mengambil dari alam liar. Ketiga, Anda bisa membeli umbi ‘”in the green” yang sedang dalam masa pertumbuhan. Dengan menanam umbi jenis ini, kemungkinan suksesnya diyakini lebih besar. Alternatif lain adalah membeli umbi kering yang membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh.

  • Metode menanam

Siapkan tanah yang lembap dan kaya bahan organik seperti sampah daun atau pupuk kandang. Bluebell juga bisa ditanam di dalam pot yang memilki lubang drainase di bawahnya.

    • Umbi ”in the green” (ditanam di musim semi)

Segera tanam umbi di area yang ideal begitu tiba di rumah. Gali lubang dengan kedalaman 10 cm dan jarak antarumbi 10 cm. Tujuannya adalah memastikan Bluebell tumbuh pada level tanah yang sama sebelum dipindah ke media tanam baru. Untuk mengecek batas tanam, lihat pertemuan antara warna putih ke hijau pada daun. Setelah selesai menanam, siram dengan baik.

    • Umbi kering (ditanam di musim gugur)

Tanam umbi kering dengan kedalaman dua kali panjang umbi, minimal 10 cm atau lebih. Pastikan ujung yang runcing menghadap ke atas. Untuk menciptakan kesan yang lebih alami, lempar umbi di atas lahan kebun lalu tanam di tempat umbi terjatuh.

  • Pemeliharaan

Bunga Bluebell bukan pencinta air sehingga tanaman ini tidak perlu terlalu sering disiram. Namun, siram secukupnya jika sedang musim kemarau atau kering.

Jangan langsung memangkas daun setelah musim berbunga berakhir karena daun dibutuhkan untuk proses fotosintesis. Umbi bisa diangkat dan dipisahkan di akhir musim panas jika ingin memperbanyak tanaman.

Sebaliknya, jika tidak ingin populasi Bluebell “meledak” ada 2 cara yang bisa dilakukan. Anda bisa melepas bongkol bunga dan menyingkirkan umbi yang tidak diinginkan saat growing season.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • esther-buket-bunga-dari-athaya-yang-dirangkai-dengan-bunga-segar-dan-pilihan
    Esther

    Original price was: Rp 1.200.000.Current price is: Rp 900.000.

  • melody-bunga-meja-kuning-putih-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-mawar-lily-baby-breath-dan-snap-dragon
    Melody

    Original price was: Rp 1.200.000.Current price is: Rp 1.000.000.

  • bryce-buket-bunga-dari-athaya-yang-dirangkai-dengan-20-tangkai-bunga-mawar-segar-dan-pilihan
    Bryce

    Original price was: Rp 900.000.Current price is: Rp 750.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja