Bunga Bleeding Heart Bunga dengan Kelopak Mirip Tetesan Darah

Sedikit merinding mungkin ya mendengar nama bunga ini. Tapi, ini hanya perumpamaan dari warna kelopak bunga beserta asal nama bunga ini. Terlepas dari itu, bunga ini sangatlah unik dan cantik. Dari banyaknya bunga yang memiliki kelopak, justru kelopak dari bunga bleeding heart termasuk salah satu yang paling unik loh.

Mengenal Bunga Bleeding Heart

Bunga bleeding heart atau disebut sebagai Dicentra spectabilis/ Lamprocapnos spectabilis adalah tanaman semak yang memiliki bentuk bunga yang sangat unik.

Tanaman ini tumbuh dengan tinggi 60-90 cm. Ketika kuncup, maka kamu akan melihat bunga ini sangat mirip seperti bentuk hati dengan warna kelopak yang menyerupai tetesan darah. Inilah asal muasal dari penamaan bunga bleeding heart.

Menariknya lagi, ketika bunga selesai mekar, maka akan terbelah yang mana menyerupai bentuk hati yang patah.

Bunga yang berasal dari Asia bagian timur (Jepang, Tiongkok, Siberia) ini biasanya mulai berbunga di musim semi, berarti dari Bulan April sampai Bulan Mei.

Posisi bunga yang bergantung pada tangkainya membuat bunga ini mencuri perhatian karena terlihat sangat unik. Nah, pada setiap batang, terdapat 3-15 kuntum bunga dengan panjang bunga 2-5 cm. Untuk warna bunga sangat bervariasi, mulai dari merah muda, putih, dan merah.

Sejarah Bunga Bleeding Heart

Setiap bunga punya sejarahnya sendiri. Nah, kali ini kita akan bahas seputar sejarah di balik bunga bleeding heart ini. Dari banyaknya legenda yang menjadi asal mula dari bunga ini, paling terkenal yakni legenda dari Jepang.

Jadi, dulunya ada seorang lelaki yang sangat tampan lalu jatuh cinta dengan seorang wanita cantik. Hadiah adalah senjata yang digunakan lelaki ini demi bisa menarik perhatian si gadis.

Pada mulanya, ia memberikan sepasang kelinci lucu. Lalu sandal dari kain sutra halus dan sepasang anting berhias pertama mahal.

Dengan hadiah yang sangat mewah, siapa sih yang tidak tergoda. Apalagi, yang memberikannya adalah seorang lelaki tampan. Tapi, justru si gadis cantik ini menolak menikah dengannya.

Pada akhirnya, lelaki tadi merasa cintanya hanya bertepuk sebelah tangan. Ia merasakan patah hati yang sangat mendalam hingga akhirnya meninggal dunia.

Setelah ia dimakamkan, tiba-tiba muncullah tunas tumbuhan ini. Lalu, ketika musim semi, tanaman tersebut berbunga dengan bentuk menyerupai hati terbelah dan warna tetesan darah. Inilah kenapa bunga ini disebut sebagai bunga bleeding heart.

Dimanakah Tempat Tumbuh Bunga Bleeding Heart?

Mengingat bentuknya yang sangat menarik, mungkin kamu juga tak sabar ingin menanamnya. Perlu kamu tahu, bunga ini dapat hidup lebih dari 2 tahun lamanya loh.

Di samping itu, pertumbuhan bunga pun tidak kalah cepat. Ia dapat menghasilkan bunga lebih cepat pada musim semi dan awal musim panas.

Tidak hanya itu, pun penanamannya tidak ada syarat iklim yang harus dipenuhi. Sebab, bunga ini masih dapat tumbuh di suhu dingin. Itu sebabnya, banyak orang yang bilang bahwa bunga bleeding heart pandai dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Cara Menanam Bunga Bleeding Heart

Nah untuk penanaman bibit di ruangan, kamu bisa siapkan pot dulu lalu masukkan benih ke dalam pot yang telah berisikan media tanam atau tanah. Pastikan juga bahwa pot memiliki lubang drainase yang baik agar tanah dan akar tidak terlalu basah saat dilakukan penyiraman.

Setelah itu, masukkan pot ke dalam kantong plastik lalu simpan di freezer sekitar 6-8 minggu. Setelah waktu tersebut, kamu aru boleh mengeluarkan pot.

Selanjutnya, pindahkan tanaman ke tempat yang lebih hangat dan terang. Dengan adanya perubahan suhu ini, diharapkan benih akan lebih cepat berkecambah dan bertunas.

Tips Merawat Bunga Bleeding Heart

Ada beberapa poin penting yang harus kamu catat ketika memilih untuk membudidayakan tanaman semak ini, apa sajakah?

1. Letakkan di tempat yang teduh

Kamu harus tahu kalau tempat tumbuh terbaik untuk tanaman ini adalah ditempat yang teduh dan tidak mendapatkan terlalu banyak sinar matahari. Nah, juga direkomendasikan lo untuk menanamnya di dekat pohon.

2. Tanah yang lembab dan kaya humus

Mungkin kamu masih bingung mana sih media tanam yang paling cocok untuk bunga bleeding heart ini. Jawabannya adalah di tanah yang lembab, kaya akan humus, dan banyak bahan organik.

Namun, secara umum, beberapa tanaman biasanya cenderung tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang bagus bila memiliki tanah yang sedikit asam.

Sementara itu, soal pH tanah tidak memerlukan syarat khusus. Jadi, mau netral atau asam masih belum diketahui pasti dimanakah tempat tumbuh yang lebih baik bagi bunga ini.

3. Pastikan tanah mengering dengan baik

Bila tanah tempat tumbuh bunga bleeding heart ini terlalu lembab hingga basah, bahkan menggenang di tanahnya, maka ini dapat berpotensi membuat akar lebih cepat membusuk. Akibatnya, tanaman mati dan tidak dapat berkembang.

4. Lakukan penyiraman

Agar tanaman tidak terlalu kering, ada kalanya juga butuh proses penyiraman dengan air. Apalagi, jika sedang memasuki musim panas, tentu cuaca akan lebih panas sehingga tanah rentan kering. Nah, kamu perlu memberikan air setiap minggunya.

5. Letakkan di suhu yang ideal

Meski sebelumnya dijelaskan bahwa bunga ini masih dapat bertahan di suhu dingin. Tetapi, kamu perlu catat bahwa suhu yang paling ideal untuk tanaman ini adalah 12-23 derajat celcius.

Bila kamu menemukan bunga mulai menguning ketika musim panas, tak perlu panik ya! Sebab, ini adalah hal yang wajar sebagai tanda bahwa bunga sedang menyimpan energinya untuk menghadapi musim dingin mendatang.

Siapapun harus berhati-hati dengan tanaman semak ini. Sebab, termasuk salah satu jenis tanaman yang dapat menghasilkan racun bagi hewan dan manusia. Ini karena didalamnya terdapat alkaloid isoquinoline, dimana ketika senyawa ini tertelan maka dapat menimbulkan efek buruk.

Jadi begitulah tips merawat bunga bleeding heart. Sangat sederhana bukan?

Nah, pecinta bunga juga wajib tahu nih. Ada loh toko bunga & florist yang menyediakan beranekaragam bunga segar dan cantik, yakni Athaya Florist.

Toko bunga ini juga memiliki tim florist yang sangat terbaik dan bisa mengubah setangkai bunga menjadi rangkaian atau buket bunga yang menarik.

Selain itu, bila kamu sedang butuh layanan dekorasi bunga, tim florist kami siap membantu. Kamu bisa pilih dekorasi dan jenis bunga yang dibutuhkan. Kami siap mewujudkan impian kamu dengan dekorasi yang menarik dan kreatif.

Ayo, pesan bunga di Athaya Florist!

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • aurora-papan-bunga-duka-cita-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-tiga-jambul-diatas-dan-satu-jambul-di-bawah
    Aurora

    Original price was: Rp 1.200.000.Current price is: Rp 1.000.000.

  • shanaya-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-dengan-karangan-bunga-berbentuk-unik-dari-kombinasi-bunga-segar-pilihan
    Shanaya

    Original price was: Rp 1.800.000.Current price is: Rp 1.600.000.

  • utami-bunga-papan-congratulations-dari-athaya-dengan-tulisan-happy-birthday-62-tahun
    Utami

    Original price was: Rp 2.000.000.Current price is: Rp 1.800.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja