anthurium-andraeanum-flower-on-pexels-by-maria-tyutina

Bunga Anthurium adalah satu satu tanaman hias yang cukup populer. Salah satu spesies tanaman ini sempat mencuri perhatian pada peringatan HUT RI ke-76 di Istana Negara.

Asal

Anthurium merupakan tanaman asli Amerika Selatan dan ditemukan pertama kali di Kosta Rika. Tanaman ini lalu tersebar ke Meksiko, Argentina, Kolombia, Kepulauan Karibia, dan daerah sekitarnya. Nama “anthurium” diambil dari bahasa Yunani anthos (bunga) dan oura (ekor).

Awalnya, bunga ini tidak terlalu menarik perhatian para penduduk di Amerika Selatan. Kemudian, Samuel Samon (pebisnis) membawa Anthurium ke Hawai dan memperkenalkannya kepada orang-orang. Di akhir tahun 1930-an, orang mulai memperbanyak Anthurium sehingga menghasilkan berbagai varietas baru. Salah satu spesies Anthurium yang populer adalah Anthurium merah (Anthurium andraeanum).

Habitat dan Iklim

Anthurium termasuk tanaman perenial yang bisa tumbuh di pohon (epifit) dan tanah (terestrial). Beberapa spesies bahkan tumbuh di bebatuan sehingga bisa disimpulkan bahwa Anthurium tidak terlalu membutuhkan tanah.

Di Amerika Selatan, Anthurium dijumpai tumbuh pada ketinggian antara 1.300 sampai 2.100 m. tanaman ini menyukai suhu yang hangat (15-30 derajat celcius) dan kelembapan tinggi (60-80%). Namun, ada spesies tertentu (langka) yang sensitif terhadap perubahan suhu dan kelembapan.

Meskipun Anthurium bisa menoleransi kondisi di dalam ruangan, perawatan yang keliru bisa membahayakan tanaman ini. Untuk mengatasinya, taruh tanaman di area dengan sinar matahari yang cukup (jangan terlalu terik/panas). Selain itu, kendalikan suhu dan kelembapan dengan penyiraman rutin. Terakhir, jauhkan Anthurium dari sumber-sumber yang dapat mengakibatkan fluktuasi suhu misalnya AC, oven, pemanas ruangan, dsb.

Baca juga : Bunga Sedap Malam, Tanaman Beraroma Kuat

anthurium-andraeanum-on-pexels-by-rose

Bentuk, Warna, dan Aroma

  • Bentuk

Yang disebut bunga pada Anthurium sebenarnya adalah spathe dan spadix. Spadix berukuran besar dan berbentuk oval melingkari spathe di tengah yang bisa mencapai panjang 8 cm. Tangkai tanaman berwarna hijau dengan panjang masksimum 20 cm. Panjang daun bisa mencapai 25 cm dan lebar 8 cm. Tanaman ini juga menghasilkan buah mirip berry yang berwarna merah atau oranye.

  • Warna

Anthurium merah, putih, dan merah termasuk jenis yang mudah ditemui. Warna lain misalnya hijau dan ungu sebenarnya merupakan hasil pengembangan setelah tahun 1940-an.

  • Aroma

Secara umum, bunga Anthurium yang ada di sekitar kita tidak memproduksi aroma khusus. Namun, dari ribuan spesies, ada Anthurium liar yang mengeluarkan aroma. Dilansir dari laman discoverandshare.org, Monica Carisen seorang ahli aroid dari Missouri Botanical Garden bersama dua peneliti lain mengadakan penelitian untuk mengetahui aroma bunga Anthurium. Dari hasil sementara, beberapa spesies Anthurium memiliki aroma samar yang mirip lemon, pinus, dan cengkeh.

Arti/Makna

Secara umum, Anthurium identik dengan keramahan sehingga sering diberikan sebagai hadiah pindah rumah. Bunga ini memberikan kesan positif karena mampu menyemarakkan ruangan dengan warnanya. Bentuk bunganya yang mirip hati dikaitkan dengan cinta dan dipakai dalam acara pernikahan. Makna lainnya adalah keberuntungan, persabahatan, dan perayaan.

Berdasarkan warna

  • Putih : kemurnian dan kepolosan. Anthurium cocok diberikan dalam acara pembaptisan serta untuk melambangkan kasih sayang ibu.
  • Merah : kekaguman, hasrat, cinta. Berikan bunga ini saat Valentine atau hari spesial kepada pasangan.
  • Merah muda : feminitas dan kasih sayang. Anda bisa menghadiahkan Anthurium merah muda untuk menunjukkan kasih sayang pada ibu, saudara, atau teman. Rasa sayang di sini tidak bersifat romantis.
  • Ungu : penghormatan dan hasrat. Warnanya yang mencolok digunakan sebagai pusat perhatian dalam rumah berdesain modern.
  • Hijau : kekuatan, harapan, dan kesegaran. Karena maknanya cukup general, Anthurium hijau bisa dihadiahkan kepada siapa pun.

Cara Menanam

Menanam Anthurium sendiri mungkin lebih baik karena harganya cukup mahal di pasaran. Perawatannya pun tidak sulit sebab Indonesia memiliki iklim yang sesuai dengan habitat asli Anthurium.

  • Pembibitan

Pilihan pertama adalah menanam benih secara langsung. Meski prosesnya lama, bibit yang dihasilkan akan lebih banyak. Kedua, Anda bisa menanam bonggol yang masih ada akarnya. Metode ini sering dipilih karena prosesnya lebih cepat. Campur tanah dan pasir (1:1) sebagai media pembibitan.

  • Media Tanam

Anda bisa mencampur tanah dengan cacahan pakis, sekam, sabut kelapa, dan kulit kayu kering. Komposisi tanah semacam ini akan memastikan drainase lancar sehingga tanaman tidak terlalu basah.

Sterilisasi mungkin diperlukan apabila akar mudah busuk yang mengakibatkan timbulnya penyakit dan serangan hama. Cara sterilisasi sederhana adalah dengan menjemur media tanam yang sudah disangrai sebelumnya. Anda juga bisa menaburkan furadan (bahan kimia) ke media tanam sesuai petunjuk pemakaian.

  • Penanaman

    1. Siapkan pot dengan lubang drainase di bagian bawah.
    2. Isi 1/3 pot dengan campuran tanah yang baik.
    3. Masukkan bibit dan tutupi dengan tanah.
    4. Letakkan pot di tempat dengan sinar matahari tidak langsung dan terlindung dari angin.
    5. Jika ingin dibiarkan di luar rumah, gunakan paranet sebagai pelindung.

Perawatan

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan sekali sehari secukupnya dan jangan sampai tanaman tergenang air. Kurangi air saat musim hujan, dan beri air lebih saat musim kemarau.

  • Pemupukan

Anda bisa memberikan pupuk setiap tiga bulan sekali. Usahakan memakai pupuk organik dan jangan memberi pupuk terlalu sering. Jika menggunakan pupuk kimia, selalu ikuti petunjuk pada label.

  • Pemangkasan

Gunakan gunting kebun yang steril dan tajam untuk memotong bunga dan daun yang sudah layu, berubah warna, atau mati. Potong bunga sampai ke pangkal. Setidaknya sisakan empat daun pada Anthurium alih-alih membuatnya botak.

  • Pengendalian hama dan penyakit

Beberapa hama yang menyerang Anthurium adalah keong kecil, ulat, kutu sisik, dan kutu putih. Keong bisa dibasmi dengan obat antikeong atau membunuhnya langsung. Sementara itu, penyakit yang dialami Anthurium disebabkan oleh cendawan dan bakteri. Hal ini umumnya terjadi karena kondisi tanaman yang terlalu basah.

Selain mengontrol penyiraman, mengelap daun dengan kain/tisu basah akan membantu menghilangkan hama yang menempel. Pada kasus berat, gunakan fungisida dan insektida atau konsultasikan dengan ahlinya.

Kandungan Racun

Anthurium mengandung saponin dan kristal calcium oxalate pada semua bagian tanaman. Racun ini bisa menyebabkan sejumlah penyakit seperti iritasi, lecet/kulit melepuh, muntah-muntah, dsb. Untuk keamanan, jauhkan tanaman ini dari anak-anak dan hewan peliharaan. Sebagai pencegahan, pakai sarung tangan pelindung saat merawat tanaman. Jangan lupa untuk mencuci tangan.

Manfaat

  • Hiasan

Berkat bentuk dan perawatannya yang cukup mudah, Anthurium bahkan masuk ke dalam daftar salah satu tanaman hias terbaik di majalah Forbes. Tidak hanya bernilai seni, menempatkan Anthurium di dalam rumah juga mampu mendatangkan energi positif menurut fengsui.

  • Lingkungan

Hasil penelitian dari NASA menyebutkan bahwa bunga Anthurium merupakan air purifier alami. Anthurium meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dengan menyaring kontaminan berbahaya dan sumber polusi lain seperti karbon dioksia, amonia, asap rokok, dan pelarut organik.

  • Kesehatan

Masih berhubungan dengan lingkungan, udara yang dinetralisir oleh Anthurium membantu mengurangi alergi. Anthurium juga mampu memelihara kesehatan mental dengan mengurangi stres serta meningkatkan produktivitas dan memori.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • ivy-bunga-papan-ucapan-dari-athaya-untuk-daerah-lombok-dan-nusa-tenggara-barat
    Ivy

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.300.000.

  • triana-standing-flower-dari-athaya-dengan-tinggi-2-meter-yang-dirangkai-dari-Bunga-mawar-Anggrek-bulan-4-tangkai-Krisan-Baby-breath-Anggrek-Cymbidium-Snap-Dragon-Aster-dan-Lily
    Triana

    Original price was: Rp 5.000.000.Current price is: Rp 4.500.000.

  • takami-standing-flower-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-mawar-pompom-anggrek-cymbidium-daun-palem-sadeng-amimajus-dan-baby-breath
    Takami

    Original price was: Rp 2.800.000.Current price is: Rp 2.500.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja