Bunga Anemone, Pilihan Terbaik untuk Dekorasi Pernikahan

Bunga anemone merupakan salah satu bunga yang sering dijadikan sebagai dekorasi pernikahan. Namun, ini bukanlah termasuk bunga lokal, melainkan impor. Yuk, kenalan lebih dekat dengan bunga cantik satu ini!

Asal Bunga Anemone

Pada mulanya, bunga anemone hanyalah popular di daratan Eropa saja. Hal tersebut juga kerap dikaitkan dengan sebuah mitos tentang dewa-dewi Rohani.

Mitos ini semakin kuat karena bunga anemone sendiri berasal dari Bahasa Yunani yang artinya bunga angin. Hal ini juga yang mendasari penamaan bunga ini sebagai windflower.

Berdasarkan mitos yang dipercayai warga setempat, windflower sendiri sebenarnya muncul dari air mata dewi asmara yaitu Aphrodite. Saat itu, ia sedang meratapi kematian kekasih yang sangat dicintainya, Adonis. Tak lama dari itu, air mata dewi tersebut tumbuhlah bunga ini.

Iklim, Cuaca, & Tempat Tumbuh Bunga Anemone

Adapun pilihan tempat tanam yang tepat untuk bunga ini adalah di tempat yang mendapatkan sinar matahari langsung. Namun, pada beberapa waktu, kamu harus memindahkannya ke bagian ruangan parsial, dimana tidak terlalu terpapar cahaya matahari untuk melindungi sinar matahari yang terlalu intens dan terik.

Ciri-Ciri Bunga Anemone

Saat ini, terdapat hingga 120 spesies dari bunga anemone. Tanaman ini berasal dari famili Ranunculaceae. Kamu akan menemukan bunga ini sangat banyak tumbuh dari bawah umpi lalu membentuk koloni kecil. Sebab, pada dasarnya hidup bunga ini memang secara berkoloni. Namun, masih ada beberapa yang hidup tunggal.

Cukup panjang, tangkai anemone sendiri dapat tumbuh hingga enam kaki loh. Akan tetapi, tingginya ini tentu variatif tergantung varietas bunga itu sendiri.

Kamu juga akan mendapati bunga anemone dalam warna yang sangat unik dan bermacam-macam. Tetapi, yang paling sering dijumpai adalah yang mempunyai kelopak putih karena sering digunakan dalam acara pernikahan.

Sedangkan, untuk warna daunnya identik dengan hijau tua. Karakteristik khasnya daun tersebut berkumpul di area pangkal tanaman. Hal tentu meningkatkan nilai visual dari tanaman ini.

Jenis-Jenis Bunga Anemone

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak spesies dari bunga ini. Tentu, kamu tidak mungkin hanya akan menemukan satu jenis saja. Berikut beberapa jenis bunga anemone yang paling banyak ditemukan:

1. Chinese Anemone

Yap, jenis bunga anemone pertama ini mungkin sedikit terdengar asing bila disebut sebagai sepupu dari Japanese anemone, namun dengan beberapa perbedaan yang mencolok. Tapi, ternyata pada kenyataannya memang begitu loh, unik banget kan?

Nah, perbedaannya yang paling mencolok yakni Chinese anemone memiliki rupa yang jauh lebih kompak dibandingkan dengan Japanese anemone.

Sementara itu, pertumbuhannya biasanya hanya mencapai dua hingga tiga kaki. Tentu, ukuran Chinese anemone ini jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan Japanese anemone yang dapat tumbuh hingga lima kaki.

Eits, tetapi meski ukurannya lebih kecil, Chinese anemone tetap memiliki daya tarik tersendiri loh, terutama dengan bunga-bunganya yang indah dan mencolok.

Lalu, untuk warna-warna yang dihasilkan oleh bunga Chinese anemone mulai dari merah muda, ungu, hingga putih, serupa dengan kerabatnya yang berasal dari Jepang.

Bunga ini juga termasuk jenis bunga yang memiliki kemampuan untuk tumbuh di berbagai kondisi tanah dan iklim. Hal ini menjadikannya sebagai pilihan tanaman yang sangat fleksibel untuk para pecinta tanaman hias.

2. Japanese Anemone

Japanese anemone, atau dikenal juga dengan nama ilmiah Anemone x hybrida, merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat digemari karena keindahan bunganya.

Tanaman ini umumnya hadir dengan beragam warna seperti merah muda, ungu, dan putih, yang membuatnya sangat menarik untuk dilihat. Tinggi tanaman Japanese anemone ini kebanyakan bisa mencapai tiga hingga lima kaki, sehingga memberikan tampilan yang cukup mencolok di taman atau area tempat mereka ditanam.

Banyak orang memilih untuk menanam Japanese anemone di sekitar perbatasan jalan setapak. Hal ini tidak hanya bertujuan untuk memperindah tampilan jalan setapak, tetapi juga berfungsi untuk memperjelas batas-batas jalan yang ada.

Penting untuk kamu catat, dengan keberadaan bunga-bunga berwarna cerah ini di sepanjang jalan setapak, tentu dapat menciptakan suasana yang lebih menyenangkan dan estetis bagi pejalan kaki yang melintas. Selain itu, perawatan tanaman ini relatif mudah, menjadikannya pilihan yang ideal untuk penghijauan dan penataan lanskap di berbagai jenis lingkungan.

3. Gracian Anemone

Jenis bunga anemone ketiga yakni Gracian anemone. Nah, kalau bunga ini berasal dari berasal dari dataran Eropa, tepatnya dari wilayah Yunani. Tanaman yang kerap disebut sebagai anemone blanda ini juga turut dikenal dengan keindahan bunganya yang sering kali menghiasi taman-taman di musim semi.

Meskipun ukuran tubuhnya relatif kecil, hanya mencapai sekitar 6 hingga 8 inci saja, keindahan warna-warna cerahnya, seperti biru, merah muda, dan putih, memberikan pesona tersendiri yang dapat mempercantik setiap sudut taman.

Tak perlu heran, bila anemone blanda ini sering kali menjadi pemandangan yang dinantikan saat musim semi tiba. Sebab, tanaman ini memang mampu memberikan sentuhan warna yang memukau di antara tanaman-tanaman lainnya.

4. Anemon kayu

Nah, ada lagi nih jenis anemon lai yakni anemon kayu dengan bahasa latin Anemonoides nemorosa. Asal jenis anemone satu ini adalah dari Eropa. Untuk pertumbuhannya sendiri tidak lebih dari satu kaki. Sementara, untuk bagian bunganya berwarna putih dengan bentuk seperti bintang.

5. Anemon tetesan salju

Sebutan lain untuk jenis bunga ini adalah bunga angin tetesan salju. Nah, varietas ini tumbuh dengan perawakan yang pendek dan cenderung tumbuh subur di awal musim semi.

Kamu perlu tahu, dibalik keindahan yang dimiliki oleh bunga anemone, ternyata hampir semua bagian dari tanaman ini beracun jika dikonsumsi. Seseorang yang mengonsumsinya bisa mengalami sakit yang cukup parah, sekali pun dalam jumlah yang sangat sedikit.

Itu sebabnya, ketika kamu ingin memetik atau pun menanam bunga ini, pastikan untuk selalu menggunakan sarung tangan.

Itulah penjelasan singkat seputar bunga anemone yang sangat cantik dan menawan. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan bunga satu ini dalam momen pernikahanmu nanti?

Kamu juga bisa loh temukan rangkaian hingga buket bunga untuk pernikahan beserta layanan dekorasinya hanya di toko bunga dan florist terbaik, Athaya Florist.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • kayla-krans-bunga-duka-cita-dari-athaya-yang-dipersembahkan-sebagai-wujud-penghormatan-terakhir
    Kayla

    Original price was: Rp 1.700.000.Current price is: Rp 1.500.000.

  • paradini-parcel-snack-natal-dari-athaya-yang-terdiri-dari-ferero-rocher-t24-6-pcs-gelas-6-pcs-tatakan-j&w-sparkling-pocky-zyluc-nabati-butter-cookies-assorted-grass-jelly-florence-sandwich-crac
    Paradini

    Original price was: Rp 3.200.000.Current price is: Rp 3.000.000.

  • lauren-bunga-box-dari-athaya-bertema-cinta-dengan-rangkaian-bunga-mawar-berwarna-merah-muda-dan-5-cokelat-ferrero
    Laila

    Original price was: Rp 1.000.000.Current price is: Rp 900.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja