Bentuk, Warna, dan Makna Bunga Protea

Bunga protea adalah nama yang diambil dari seorang dewa laut kuno yang sangat populer di Afrika Selatan, yakni Proteus. D. Hal inilah yang menjadikan bunga ini sebagai simbol dari negara tersebut. Mau tahu apa sebenarnya makna dari bunga ini?

Bentuk dan Warna Bunga Protea

Bunga protea adalah bagian dari famili Proteaceae, dimana famili ini masih satu kelompok dengan pohon cemara. Sebenarnya, tidaklah terlalu sulit untuk menemukan bunga protea karena ia dapat dijumpai di banyak tempat. Namun, paling banyak di wilayah Hawai, India, dan Australia.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga 2 meter dalam habitat aslinya. Sementara, bila habitat buaya hanya mencapai 70 cm.

Bunga ini memiliki pucuk yang panjang dan cukup kokoh dengan warna kemerahan. Sayangnya, warnanya ini tertutupi akibat daun protea yang terlalu lebat. Bentuk daun dari protea sendiri cukup panjang dan oval dengan tekstur sedikit kasar.

Setelah bunga ini mekar, kamu akan melihat ukuran kepala yang sangatlah besar. Diameternya saja bisa mencapai 20-30 cm. Nah, kelopak bunganya nanti akan menjadi bingkai dengan bentuk kerucut.

Arti & Makna Bunga Protea

Ada banyak jenis bunga yang turut memberikan makna bagi kehidupan seseorang, salah satunya adalah bunga protea.

Paling banyak, bunga protea dimaknai sebagai lambang dari harapan, optimisme, dan kekuatan. Bahkan, banyak banget loh para pesohor dunia yang menggunakan filosofi ini dan bahkan mengangkat protea sebagai model inspirasinya.

Cara Menanam Bunga Protea

Bunga protea biasanya hanya berbunga pada akhir musim semi. Nah, fase ini berlangsung beberapa minggu. Dimana, ini ditandai dengan warna bunga yang mulai muncul. Menariknya, tidak hanya satu warna, tetapi beragam warna loh, mulai dari yang muda sampai tua.

Akan tetapi, kebanyakan yang dijumpai yaitu warna merah tua dan merah muda. Beberapa peneliti saat ini juga mengungkap adanya warna lain yang ditemukan pada beberapa varietas tertentu, seperti krem dan perak. Tentu dua warna yang sangat menarik dan mencuri perhatian bukan?

Daripada penasaran, yuk langsung saja simak langkah-langkah menanam bunga protea di bawah ini:

1. Penyiapan media tanah

Bunga protea harus tumbuh di media tanam yang tepat. Untuk itu, ada persyaratan tanah yang perlu kamu ketahui.

Jika tanah dalam kondisi basah, mungkin akar akan sangat rentan mengalami pembusukan. Jadi, pastikan tanah memiliki drainase yang sangat baik.

Tanah yang tidak terlalu kaya unsur hara, bersifat asam, dan memiliki pH 5,1-6,6 adalah kriteria yang paling ideal untuk tanaman ini.

Kamu juga bisa memilih tempat tanam di tempat yang berbatu atau berpasir. Diketahui, bunga ini dapat tumbuh subur pada tempat tanam tersebut.

Untuk penanaman bunga protea di dalam ruangan, kamu perlu menyediakan pot yang memiliki lubang drainase yang baik. Salah satu rekomendasinya adalah pot terakota yang memiliki pori-pori.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan penambahan lumut gambut sphagnum ke media tanam. Ini dapat membantu drainase sertai meningkatkan keasaman tanah.

2. Mulai menanam bunga protea

Memilih menanam protea dengan menyebarkan bijinya diketahui termasuk cara yang sulit bagi tanaman ini. Jadi, stek adalah cara tanam yang lebih direkomendasikan ya!

Kira-kira kapan sih waktu yang tepat untuk menanam bunga ini? Kamu bisa menanamnya di musim gugur, musim dingin, dan awal musim semi. Mulailah untuk menggali libang tanam, kira-kira dua kali lipat dari ukuran bola akar.

Khusus tanah dengan drainase yang kurang baik, kamu bisa pertimbangkan untuk menambahkan mulsa kulit kayu, pasir, atau lumut gambut sphagnum ya!

Setelah itu masukkan protea ke lubang tanam dan jagalah supaya tanah tetap di ketinggian yang sama. Kemudian isi lubang dengan tanah secara bertahap. Jangan lupa untuk memadatkan tanah kembali, tetapi jangan terlalu kuat.

Bila kamu masih ingin menanamnya di sebelah bunga pertama, maka bisa berikan jarak 4-6 kaki. Setelah itu, siram tanaman dengan air.

Cara Merawat Bunga Protea

Cara perawatan bunga protea akan dibahas mulai dari penyiraman, pemupukan, hingga pemangkasan agar bunga protea tubuh menjadi bunga yang sangat subur, bagus, dan cantik.

1. Penyiraman

Untuk proses penyiraman bunga ini, dapat dilakukan sekali dalam beberapa minggu saat curah hujan rendah. Namun, untuk protea yang baru saja ditanam, sebaiknya frekuensi penyiraman akan lebih sering, sekitar sekali dalam seminggu.

Apabila kamu sedang menanamnya di sebuah wadah, berilah jeda agar tanah benar-benar kering sebelum proses penyiraman selanjutnya. Sebab, bila penyiraman terlalu sering, ini dapat menyebabkan akar cepat membusuk.

2. Tempat yang tepat

Perlu dicatat, protea hanya dapat tumbuh di bawah sinar matahari langsung. Bila kamu memutuskan untuk menanamnya di dalam rumah, maka pastikan protea berada di jendela yang mendapatkan sinar matahari. Jika perlu, kamu bisa memberikan cahaya tambahan untuk bunga ini.

3. Pemangkasan

Saat bunga tumbuh terlalu mekar, mungkin dapat menurunkan tampilan bunga secara visual. Nah, kamu bisa pangkas beberapa bagian bunga agar tanaman tampak lebih rapi dan indah.

Jadi, itulah cara perawatan dan penanaman bunga protea di rumah. Kamu bisa meluangkan akhir pekan untuk melakukan kegiatan seru ini. Tentu, bagi pecinta bunga, kapan pun ia bersedia meluangkannya, bukankah begitu?

Pecinta bunga juga wajib tahu, ada loh toko bunga & florist yang menyediakan bunga terlengkap beserta hasil kreativitas yang menarik. Di antaranya, hampers, parcel, papan bunga, dekorasi bunga, stand flower, bunga krans, bunga meja, bunga wisuda, bunga lamaran, bunga pernikahan, dan masih banyak lagi.

Lebih lengkapnya, kamu bisa cek daftar produk apa saja yang kami miliki melalui katalog Athaya Florist ya!

Apalagi, sekarang, pemesanan bunga dapat dilakukan secara online. Berikut panduan pemesanannya:

  1. Masuk ke situs athaya.co.id dan akan langsung diarahkan ke katalog produk.
  2. Kamu bisa pilih produk manakah yang diinginkan.
  3. Klik pilihan produk.
  4. Lalu, tekan tombol “pesan disini”.
  5. Nantinya, kamu akan langsung diarahkan ke whatsapp customer service.
  6. Melakukan pemesanan dengan menyebutkan kode bunga yang dipilih.
  7. Lalu, konfirmasi data pembayaran dan alamat pengiriman.

Itulah cara pemesanan bunga di Athaya Florist. Ingat bunga, ingat Athaya Florist!

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • legacy-bunga-box-dari-athaya-dengan-rangkaian-bunga-lily-mawar-aster-baby-breath-caspea
    Legacy

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.300.000.

  • barbara-buket-bunga-dari-athaya-dengan-rangkaian-delapan-bunga-mawar-dan-wrapping-berwarna-hitam-selaras-dengan-tema-yang-dipesan
    Barbara

    Original price was: Rp 600.000.Current price is: Rp 450.000.

  • akiko-bunga-papan-duka-cita-dari-athaya-dengan-hiasan-bunga-atas-dan-bawah
    Akiko

    Original price was: Rp 1.850.000.Current price is: Rp 1.500.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja