asal-simbol-dan-perawatan-bunga-anyelir-photo-from-pexels-com-by-irina-iriser

Faktanya, tidak banyak orang yang membudidayakan bunga anyelir karena perawatannya tidak mudah. Akibatnya, di pasaran harga anyelir menjadi mahal. Akan tetapi, sebagai bunga potong nilai anyelir tidak bisa dianggap enteng.

Asal

Anyelir (Dianthus caryophyllus) bisa dikatakan sebagai salah satu bunga tertua yang dibudidayakan di dunia. Tanaman ini sudah dikenal sejak zaman peradaban Yunani dan Romawi. Versi liar bunga anyelir sering ditemukan di negara-negara Mediterania seperti Italia, Yunani, dan Spanyol.

Sejarah di balik nama-nama pada Anyelir

  • Nama latin dianthus diambil dari nama Dewa Yunani. Dianthus terdiri dari kata “dios” (Dewa Zeus) dan “anthos” (bunga). Dengan kata lain bunga ini dianggap sebagai bunga dewa yang berasal dari surga.
  • Menurut sejarah, kata “carnation” dipakai karena bunga ini digunakan saat upacara pengangkatan Raja Coronation yang berasal dari Yunani. Kata ini juga ditengarai berasal dari bahasa latin “corona-ae” yang artinya rangkaian bunga, manik-manik, dan mahkota.
  • Sedangkan kata “caryophyllus” ditambahkan untuk menghormati Carl Linnaeus. Pada tahun 1753, Linnaeus membahas tentang anyelir dalam salah satu volume Species Plantarum miliknya.

Deskripsi umum

Bunga anyelir bisa bertahan hidup sekitar 18 sampai 20 bulan. Tanaman ini tumbuh tegak dan bisa sampai 80 cm-2 m tingginya. Oleh karena itu, anyelir perlu penyokong untuk menahan bentuknya.

Daunnya ramping, berwarna hijau keabu-abuan atau biru-hijau dengan panjang sekitar 15 cm. Bunga yang diproduksi bisa satu atau lebih dari setiap batang. Bunganya bulat dengan diameter 3-5 cm dan sedikit aroma pada beberapa jenis.

Warna

Warna asli anyelir adalah ungu-merah muda yang cerah. Sejumlah kultivar yang berwarna kuning, merah, putih, oranye, dsb. diciptakan melalui pembiakan selektif. Sedangkan warna biru dan ungu gelap diperoleh dengan cara rekayasa genetika.

Pewarnaan bunga anyelir

Anda bisa mengubah warna bunga anyelir putih dengan menggunakan pewarna makanan. Masukkan anyelir putih ke dalam vas yang berisi air yang telah dicampur dengan pewarna makanan. Setelah 24 jam, bunga anyelir akan berubah warna.

Habitat dan Iklim

Habitat asli bunga anyelir adalah daerah subtropis yang sejuk. Suhu ideal untuk pertumbuhan anyelir adalah 15-25 °C. Pembudidayaan anyelir sebaiknya di lakukan di area dengan ketinggian 1200 m dpl dengan pH tanah 6,5 sampai 7. Tanaman ini juga lebih menyukai area terbuka daripada yang teduh untuk mendapatkan sinar matahari.

Jenis anyelir berdasarkan bentuk:

  • Anyelir kerdil: ini adalah jenis anyelir terkecil
  • Anyelir spray: biasanya terdiri dari 3-4 bunga kecil di setiap batang
  • Anyelir besar: memiliki satu bunga besar di setiap batang

Arti/Makna

Bunga anyelir secara resmi dinobatkan sebagai bunga Hari Ibu pada tahun 1907. Secara umum, anyelir melambangkan cinta, pesona, dan keistimewaan.

Anyelir merah (cinta, kasih sayang)

    • Anyelir merah terang melambangkan kekaguman, dan anyelir merah gelap melambangkan cinta mendalam dan semangat.
    • Anyelir merah juga dipakai untuk melambangkan sosialisme dan gerakan buruh.

Anyelir putih (cinta suci, keberuntungan)

    • Orang biasa menghadiahkan anyelir putih untuk mendoakan keberuntungan pada orang tersayang. Karena alasan ini, para orang tua baru banyak yang mendapat anyelir putih.
    • Di Belanda, setelah PD II, anyelir putih dipakai untuk mengenang Pangeran Bernhard, para veteran, dan perlawanan.

Anyelir ungu (penghormatan, ketenangan, kesuksesan, kekayaan, dll.)

    • Di Prancis anyelir ungu identik dengan pemakaman. Memberikan anyelir ungu kepada orang yang kehilangan sudah tidak asing di negara ini.

Anyelir merah muda (rasa syukur, penghargaan, kenangan)

    • Orang Korea memakai anyelir merah muda di Hari Orang Tua dan Hari Guru.
    • Jika anyelir merah dipakai di ujian akhir, mahasiswa di Universitas Oxford memakai anyelir merah muda di antara ujian pertama dan terakhir.

Fakta Unik

Kultivar bunga anyelir dengan motif garis-garis melambangkan penyelesalan akan cinta yang tak bisa dibagikan.

Cara Menanam

Tanaman ini bisa ditanam dengan biji atau stek. Anda bisa mendapatkan benih dari petani bunga atau membeli bibit dalam kemasan. Berikut ini adalah langkah-langkah menanam bunga anyelir.

Mempersiapkan Atap Plastik

Meski menyukai sinar matahari, anyelir rentan terhadap jumlah air yang terlalu banyak. Guyuran air hujan langsung yang berlebihan bisa mengakibatkan pembusukan yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

  1. Siapkan tiang setinggi 2-2,5 meter.
  2. Pasang plastik transparan dengan lebar ±4 meter sebagai atap.

Menyediakan Media Tanam

  • Di lahan
    1. Disarankan untuk membuat bedengan 2 minggu sebelum penanaman.
    2. Gemburkan tanah dengan cangkul sekaligus bersihkan tanah dari bebatuan dan sisa tanaman.
    3. Campurkan pupuk kandang ke tanah gembur. Jika pH tanahnya 6,5, tambahkan kapur.
    4. Buat alur kecil di setiap bedengan dengan ukuran 20 cm x 20 cm.
  • Di pot
    1. Pilih pot besar berdiameter di atas 35 cm. Bahan pot bebas misalnya plastik, genteng, dll.
    2. Jika perlu, bersihkan pot dengan merendamnya dalam larutan fungisida 5g/l selama 15 hingga 20 menit, lalu keringkan.
    3. Campur tanah, pasir, dan kompos dengan rasio 1:1:1.
    4. Ayak dan masukkan bagian yang halus saja ke dalam pot hingga hampir penuh (2/3).

Penanaman

  • Stek
    1. Bibit anyelir biasanya tersedia dalam bentuk stek yang telah disemaikan di polybag.
    2. Pilh stek yang berukuran 10-15 cm.
    3. Lepaskan plastik yang membungkus akar.
    4. Cukup tanam akar sampai kedalaman 2 cm saja untuk mencegah pembusukan.
  • Biji
    1. Sebar biji dengan cakupan lebar area 30 cm.
    2. Saat menggunakan pot, tanam 4-5 biji anyelir di setiap pot supaya mudah dipindahkan ke pot lain jika ingin.
    3. Siram secukupnya dan biji akan berkecambah dalam waktu 2-3 minggu.
    4. Untuk sementara jangan biarkan tanaman terkena sinar matahari langsung.

Perawatan

Merawat bunga anyelir cukup sulit karena Anda harus mengontrol paparan sinar matahari dan konsumsi air.

  • Sinar matahari dan suhu

Setiap hari, bunga anyelir harus mendapat sinar matahari selama 4-6 jam. Anyelir akan tumbuh lebih baik dengan suhu 10-15 °C di siang hari dan 4-10 °C di malam hari.

  • Penyiraman

Anyelir tidak boleh kekurangan air, tetapi terlalu banyak air akan mengarah ke pembusukan dan kematian tanaman. Idealnya, siram anyelir 2x sehari pagi dan sore.

  • Pemupukan

Pupuk baru boleh diberikan 2 minggu setelah penanaman. Larutkan pupuk dengan air dan siram di bagian perakaran. Beri pupuk setiap minggu dengan mengikuti instruksi dari jenis pupuk yang dipakai.

  • Penanganan hama dan penyakit

Tanaman ini bisa diserang hama tungau dan ulat. Selain itu, anyelir juga bisa terserang penyakit karat dan busuk pangkal. Sebagai pencegahan, jangan menyiram tanaman dalam jumlah yang berlebihan. Jika penggunaan insektisida dan fungisida diperlukan, pastikan Anda mengikuti instruksi pemakaian dan sesuaikan dengan masalah tanaman yang dihadapi.

Pemanenan

Dalam masa 1,5 -2 tahun, anyelir bisa dipanen sebanyak 3 kali.

  • Potong kuncup bunga agar bunga lain bisa tumbuh lebih besar.
  • Setelah 5 bulan, bunga berukuran besar akan mekar.
  • Di sore hari, potong batang dengan jarak 30 cm dari bawah.
  • Satukan bunga menjadi satu (±12 bunga).

Rendam pangkal bunga dalam larutan chrysal selama 2 jam atau sedikit lebih lama. Melalui proses ini, bunga anyelir bisa bertahan hingga 1 minggu.

Manfaat

Tidak hanya sedap dipandang, bunga anyelir juga menyimpan berbagai manfaat.

  • Dekorasi

Kultivar anyelir yang tidak berbau biasa dipakai oleh pria sebagai boutonnières. Boutonnières adalah semacam rangkaian bunga berukuran kecil yang biasa diselipkan di bagian dada atau kerah baju.

  • Kecantikan

Beberapa produk kecantikan pelembab kulit memakai anyelir sebagai salah satu bahannya. Di samping itu, bunga anyelir bisa dibuat sebagai parfum dengan mencampurkannya dengan bahan-bahan tertentu.

Sebenarnya anyelir termasuk bunga yang tidak berbau. Namun, ada yang mengatakan bahwa aromanya sedikit mirip cengkeh. Jika salah mengolah, bau yang dihasilkan bisa kurang memuaskan.

  • Makanan

Dalam sejarah, aroma anyelir dipakai untuk bir, wine, saus, cuka, dan salad. Sejumlah orang juga menyeduh anyelir dalam teh. Bagian bunganya sering digunakan sebagai garnish di samping hidangan yang gurih, serta di atas cupcake dan desert.

  • Kesehatan

    • Minyak yang diekstrak dari anyelir bisa membantu mengatasi penyakit seperti peradangan, sakit perut, deman, eksim, dan sakit gigi.
    • Jika harga bunga potong anyelir terlalu mahal, Anda bisa mencoba menanamnya sendiri. Akan tetapi, ingat bahwa tanaman ini lebih suka suhu dingin.
    • Semoga informasi ini bisa semakin menambah pengetahuan Anda.

Leave A Comment

Produk Pilihan

  • katalog-produk-samira-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-yang-berdesain-dua-papan-persegi-dan-rangkaian-bunga-berbentuk-unik-dengan-kombinasi-bunga-pilihan

    Samira

    Rp2.500.000

  • shelby-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-yang-berdesain-hati-dengan-rangkaian-bunga-yang-mengelilingi-semua-sisi-papan-bunga-dengan-style-ucapan-yang-unik

    Shelby

    Rp2.200.000

  • lydia-bunga-box-dari-athaya-bertema-cinta-dengan-rangkaian-bunga-mawar-berwarna-merah-muda-dan-cokelat-ferrero

    Lydia

    Rp1.600.000

Produk Favorit

Produk Terbaru

Hand Bouquet

Standing Flower

Bunga Meja