Kecantikan Bunga Cyclamen

Siapapun yang melihat bunga cyclamen pertama kali, pastinya akan langsung tergoda. Hadir dengan warna pink cerah yang sangat cantik dan menarik berhasil membuat mata penggemarnya langsung beralih pandang. Ditambah lagi, dengan bentuk bunganya yang begitu unik seperti sayap kupu-kupu. Mau tahu cara menanam bunga ini di rumah agar kamu selalu tersenyum setiap hari? Simak, ulasannya di sini!

Bentuk, Warna, & Aroma Bunga Cyclamen

Dalam bahasa ilmiah tumbuh, bunga ini disebut sebagai Cyclamen persicum. Penamaan cyclamen sendiri bermula dari kata yunani yakni “kylos”, artinya lingkaran atau roda.

Nama tersebut diambil dengan alasan bagian bawah bunga ini berbentuk bulat layaknya roda.

Bunga cyclamen memiliki bentuk kelopak seperti sayap kupu-kupu yang akan terbang. Rasanya, hanya kata cantik yang bisa mendeskripsikan betapa indahnya rupa dari bunga satu ini.

Arti & Makna Bunga Cyclamen

Dibalik warnanya yang indah, cerah, dan menawan, ternyata bunga ini menyimpan sejumlah makna. Ini penjelasan lengkapnya.

1. Musuh tersembunyi

Kamu perlu berhati-hati, ternyata ada loh bagian tertentu dari tanaman ini yang bersifat beracun bagi hewan dan manusia. Bahkan, diklaim dapat berpotensi menyebabkan kematian apabila tertelan. Itu sebabnya bunga ini dimaknai seperti ini.

Ada sebuah fakta menarik yang diketahui tentang bunga ini. Dimana, sebelum abad ke-20, bunga cyclamen digunakan sebagai racun ikan di sungai-sungai, sehingga lebih mudah ditangkap. Namun, untuk saat ini, metode tersebut sudah dilarang karena dapat mengganggu ekosistem sungai.

2. Cinta yang dalam

Bunga cyclamen tumbuh dengan umbi yang sangat dalam. Ini disimbolkan sebagai sebuah simbol cinta yang sangat mendalam dan akan tetap bertahan sekalipun dalam kondisi sangat sulit di hidupnya.

3. Pengabdian dan empati

Makna terakhir dari bunga ini yakni menyimbolkan pengabadian dan empati. Nah, ini dipercayai oleh budaya Mediterania. Dengan alasan tersebut, orang-orang banyak menanam bunga ini di biara-biara islam dan halaman gereja.

4. Perpisahan

Ada banyak makna dari bunga ini. Salah satunya yang paling menyedihkan adalah simbol perpisahan. Maka dari itu, beberapa orang yang percaya dengan makna ini, ia sangat menghindari untuk memberikan tanaman cyclamen pada orang yang ia sayang.

Cara Merawat Bunga Cyclamen

Untuk proses tanam bunga cyclamen sendiri memang sedikit ribet. Sebab ada beberapa bahan yang kamu perlukan dan biasanya tidak digunakan dalam penanaman bunga pada umumnya.

Nah, agar lebih mudah dipahami, kamu bisa mengikuti langkah-langkah merawat bunga cyclamen di bawah ini:

1. Melakukan persemaian

Sebelum proses tanam benih bunga, kamu wajib untuk melalui proses persemaian terlebih dahulu ya. Pertama, masukkan benih ke dalam larutan kimia yang berisikan potasium permanganat selama 12 jam. Setelah tahapan ini, kamu baru boleh melakukan penyemaian bunga.

2. Siapkan media tanam

Media tanam yang bisa kamu gunakan untuk budidaya bunga cyclamen ini yaitu campuran antara pasir dan tanah.

3. Menanam benih

Jika media tanam sudah siap digunakan, kamu bisa lanjut untuk penanaman benih. Namun, sebelum itu, pastikan kamu sudah membuat alur untuk penanaman benih dengan kedalaman sekitar 1 cm.

Setelah itu, lanjutkan penyiraman dengan air yang cukup banyak. Sekarang kamu bisa masukkan biji dengan jarak sekitar 3 cm masing-masingnya. Tutup kembali tanah dengan alumunium foil hingga 30-60 hari.

4. Memindahkan bibit

Setelah beberapa minggu, biji tadi pastinya akan mulai berkecambah. Nah, sekarang kamu sudah bisa memindahkannya ke media yang lebih besar agar ia dapat tumbuh dengan subur dan baik.

Perlu kamu tahu, bunga cyclamen cenderung menyukai iklim dan udara yang cukup lembab. Untuk itu, jangan pernah membiarkan tanaman ini kering. Jika ditempatkan dalam ruangan, kamu bisa turunkan suhu ruangan sehingga bisa tumbuh subur.

5. Pemberian pupuk

Pemberian pupuk harus sesuai dengan takarannya ya dan kamu pun hanya boleh memberikannya sekali saja dalam sebulan.

Namun, ada loh waktu-waktu tertentu yang ternyata tidak menganjurkan kamu untuk memberikan pupuk pada tanaman ini, yakni ketika ia sedang berbunga.

Ini ditakutkan batang dan daun berkembang terlalu cepat karena terlalu banyak nutrisi yang didapatkannya. Hal tersebut sebenarnya dapat mempengaruhi usia bunga serta memperpendek masa mekarnya.

Pemberian pupuk juga cukup dengan cara dituangkan ke dalam tanah. Hindarilah untuk membasahi permukaan bunga apalagi daunnya ketika memupuk tanaman.

Tips Perawatan Bunga Cyclamen Lainnya

Ini tips merawat bunga cyclamen yang tidak boleh kamu lewatkan:

1. Lakukan proses penyiraman tanaman yang tepat

Perawatan lain juga tidak kalah penting untuk dicatat. Saat menyiram tanaman, pastikan kamu tidak menyemprotkan air ke bagian bunga atau daun. Tujuannya adalah untuk menghindari pembusukan yang tentunya berdampak pada tampilan bunga.

Jika kamu masih menanamnya di dalam pot, sebaiknya air yang ditambahkan tidak boleh terlalu banyak. Membiarkannya sedikit lebih lembab saja rasanya sudah sangat cukup.

Namun, bila ia sudah dapat beradaptasi dengan normal seperti dedaunan sudah tumbuh subur dan sistem akar pun mulai berkembang, maka proses penyiraman tanaman dapat disiram seperti normal kembali.

Kamu juga perlu tahu, bahwa pada musim kemarau, dipastikan kebutuhan air tanaman ini akan meningkat secara drastis. Jadi, kamu harus memantaunya secara berkala dan jangan biarkan tanaman kering hingga berhari-hari.

2. Letakkan bunga di tempat yang sesuai

Setelah dibahas sebelumnya, bunga cyclamen memang membutuhkan sinar matahari yang cukup sepanjang masa pertumbuhannya. Namun, kamu pun perlu tahu bahwa jumlah sinar matahari yang disarankan untuk bunga ini terpapar berkisar 14 jam.

Sementara itu, ketika matahari terlalu terik, ada baiknya untuk meletakkan tanaman ini ditempat yang teduh. Namun, dengan catatan, ventilasi harus berfungsi dengan baik ya!

3. Jika perlu, lakukan pemangkasan

Kenapa sih harus melakukan pemangkasan pada bunga? Yap, tentu saja ini sangat penting untuk kamu lakukan jika tidak ingin umur bunga pendek.

Pemangkasan diperlukan untuk membantu bunga ini agar tumbuh dengan lebih baik. Nah, sepanjang masa pertumbuhannya, tentu kamu akan menemukan ada saja bagian tanaman yang sudah layu, rusak, tipis, bahkan terinfeksi penyakit dan hama.

Nah, inilah saatnya untuk kamu memotong atau memangkas bagian tanaman yang bermasalah.

Jika kamu mendapati adanya infeksi pada tanaman, maka segera potong lalu berikan desinfektan untuk meminimalisir timbulnya penyakit kembali.

Yuk ikut menanam bunga cyclamen mulai dari sekarang!

Kamu juga bisa temukan berbagai jenis bunga yang segar, cantik, dan menawan dari toko bunga & florist terbaik loh. Siapa lagi kalau bukan Athaya Florist.

Disini, menjual berbagai produk bunga yang menarik dan dikerjakan oleh tim florist profesional dan berpengalaman. Sehingga, kamu tidak perlu ragu akan kualitas yang diterima nantinya. Yuk, order sekarang!

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • asuka-bunga-papan-duka-cita-dari-athaya-gandeng-dua-papan-jambul-atas-satu-buah-dan-hiasan-bunga-dibagian-kaki-kakinya-bernama-asuka
    Asuka

    Original price was: Rp 2.750.000.Current price is: Rp 2.300.000.

  • scarlett-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-dengan-bentuk-persegi-dan-satu-jambul-rangkaian-bunga-atas-dan-bawahnya
    Scarlett

    Original price was: Rp 800.000.Current price is: Rp 600.000.

  • tovia-standing-flower-dari-athaya-dengan-rangkaian-segar-yang-dirangkai-oleh-perangkai-bunga-profesional
    Tovia

    Original price was: Rp 1.500.000.Current price is: Rp 1.400.000.

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja