Pexels Craig Adderley in Apa itu Buket Bunga Sejarahnya dari Masa Ke Masa

Apa itu buket bunga? Buket bunga adalah rangkaian bunga yang disatukan menjadi satu kesatuan. Anda mungkin pernah memberikan atau menerima buket bunga. Ketika Anda memberikan atau menerima buket bunga, itu adalah cara yang indah untuk mengungkapkan perasaan dengan cara yang visual dan penuh makna. Setiap bunga dalam buket memiliki makna dan simboliknya sendiri, dan ketika digabungkan bersama, ia menciptakan pesan yang kuat dan mendalam.

Mengetahui Sejarah Buket Bunga

Buket bunga dapat diberikan dalam berbagai momen dan perayaan, seperti ulang tahun, hari jadi, pernikahan, atau bahkan sebagai ungkapan simpati dan penghiburan. Bunga-bunga yang dihadirkan dalam buket juga bisa disesuaikan dengan preferensi dan kepribadian penerima, menambahkan sentuhan personal dalam ungkapan kasih sayang.

Lalu sejak kapan orang-orang menjadikan buket bunga sebagai ungkapan istimewa? Berikut ini adalah sejarah buket bunga dari masa ke masa:

Berdasarkan catatan sejarah, telah ditemukan buku tertua tentang seni rangkaian bunga dari Jepang tahun 1445. Seni tersebut disebut sebagai ikebana.

Kendati demikian, seni dalam merangkai bunga ini berasal dari Cina. Lalu, seni ini dibawa oleh para biksu serta biksuni. Dulu, merangkai bunga merupakan sebuah kesenian yang sakral dan eksklusif.

Keindahan dan kesederhanaan dari seni merangkai bunga akhirnya menarik perhatian banyak orang, termasuk yang berada di belahan bumi barat. Hal ini dapat dilihat dari arrangement karangan bunga pada abad ke-19 di Eropa yang mirip dengan ikebana.

Di Eropa, rangkaian bunga telah menjadi seni formal yang bahkan ada sekolahnya sendiri serta menjadi salah satu pekerjaan profesional. Sedangkan di Belanda pada abad ke-18, dekorasi rumah di keluarga bangsawan selalu disertai dengan karangan bunga.

Baca juga: Arti Bunga Tulip di Setiap Warnanya

Pexels Valeria Boltneva in Apa itu Buket Bunga Sejarahnya dari Masa Ke Masa

Buket Bunga di Acara Pernikahan

Bagaimana buket bunga bisa menjadi hal yang sakral dalam sebuah pernikahan?

Sejarah Buket Bunga Pengantin

Sejarah membawa buket bunga oleh pengantin sudah ada sejak tahun 800-500 SM. Bunga dianggap melambangkan doa baik dan makna positif untuk kedua mempelai, sehingga menjadi salah satu hal wajib yang ada dalam pernikahan. Ini ditemukan dalam sebuah catatan sejarah di Mesir, Yunani, dan Roma.

Melambangkan Keindahan

Buket bunga dalam pernikahan melambangkan keindahan, kehidupan, dan kesuburan. Bunga-bunga yang dipilih dengan cermat dan diatur dengan hati-hati mencerminkan makna dan pesan tertentu.

Misalnya, mawar melambangkan cinta, lily melambangkan kemurnian, dan bunga lavender melambangkan kebahagiaan dan kesetiaan. Setiap bunga yang ada dalam buket bunga memperkuat makna dan simbolisme dalam pernikahan.

Lambang Kecantikan Mempelai Wanita

Buket  bunga yang dibawa oleh pengantin wanita juga dianggap sebagai lambang kecantikan, kemurnian, dan keanggunan. Buket bunga menjadi aksesoris yang melengkapi penampilan pengantin wanita, menambahkan sentuhan elegan dan memperlihatkan statusnya sebagai “ratu” dalam hari istimewanya.

Budaya Turun Temurun

Buket bunga dalam pernikahan telah menjadi bagian dari tradisi dan warisan budaya yang turun-temurun. Di berbagai budaya, buket bunga memiliki peran sakral yang melambangkan harapan baik, keberuntungan, dan kebahagiaan bagi pasangan pengantin baru. Masing-masing budaya memiliki tata cara dan jenis bunga yang khas dalam buket pernikahan mereka.

Buket bunga memang memiliki sejuta makna yang positif dan manis dalam acara pernikahan. Setelah mengetahui apa itu buket bunga dan kelebihannya untuk berbagai momen, Anda mungkin tertarik untuk menggunakannya dalam momen pernikahan. Athaya bisa menjadi florist terbaik yang akan menyiapkan rangkaian buket bunga pernikahan yang sempurna untuk Anda.

Leave A Comment

Produk Pilihan
  • hongli-parcel-hampers-imlek-dari-athaya-yang-teridiri-dari-makanan-dan-minuman-ringan-dengan-hiasan-imlek-yang-dapat-anda-pesan-secara-online
    Hongli

    Rp 1.250.000

  • samira-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-yang-berdesain-dua-papan-persegi-dan-rangkaian-bunga-berbentuk-unik-dengan-kombinasi-bunga-pilihan
    Samira

    Rp 2.500.000

  • sienna-papan-bunga-pernikahan-dari-athaya-yang-berdesain-merah-cinta-dan-rangkaian-bunga-bunga-segar-pilihan
    Sienna

    Rp 1.200.000

Produk Favorit
Hand Bouquet
Standing Flower
Bunga Meja